Cara Membuat Es Doger Spesial dan Segar

Cara Membuat Es Doger Spesial dan Segar



Sebelumnya asahidtehyung mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi kalian yang menjalankan. Bulan puasa tentunya identik dengan takjilkan? Banyak sekali para penjual dadakan yang berjualan saat bulan suci Ramadhan. Tapi, kadang-kadang kita bosan dengan takjil atau es yang dijual saat ini. Kalian masih inget Es Doger? penjual Es Doger tidak sebanyak penjual kolak loh! Tidak heran jika kalian harus berjalan jauh untuk mencari es ini. Tapi, sekarang kalian tak usah repot-repot lagi berjalan jauh untuk membeli es ini, kalian tidak perlu khawatir kehabisan. Khusus untung postingan kali ini, asahidtehyung akan membagikan resep Es Doger yang spesial dan tahan lama. Silahkan disimak baik-baik ya.

Bahan-bahan  Es Doger:

  • 1200 ml santan (dari satu butir kelapa parut).
  • 300 gr gula pasir.
  • 100 gr tape ketan hitam.
  • 100 gr tape singkong.
  • Roti tawar secukupnya (dipotong dadu terlebih dahulu).
  • 200 gr kerokan kelapa muda .
  • Agar-agar warna merah yang telah dipotong dadu.
  • Agar-agar warna hijau yang telah dipotong dadu.
  • Pewarna makanan merah rose.
  • SKM secukupnya.

Cara Membuat Es Doger:


Pertama-tama, Masak campuran 1200 ml santan dan 300 gr gula pasir menggunakan wajan. Masak dengan api kecil yang cenderung sedang. Aduk terus sampai mendidih.
Proses ini memakan waktu yang cukup lama. Tujuan pengadukan yang terus dilakukan sampai mendidih dan penggunaan api kecil adalah agar santan tidak pecah.

Setelah santan mendidih, jangan lupa untuk mematikan api kompor. Lalu, masukkan pewarna makanan merah rose secukupnya.

Selanjutnya, tuangkan santan yang telah diberi pewarna ke dalam wadah yang telah disediakan. Simpan didalam freezer sampai teksturnya sedikit membeku.

Kemudian, keruk santan yang sudah sedikit membeku sampai teksturnya menjadi sedikit lembut. Lalu, tambahkan kerokan kelapa. Aduk sampai tercampur rata.

Yeay! saatnya untuk platting. Susun bahan-bahan yang telah disediakan (tape singkong, tape ketan item, roti tawar, dan agar-agar) ke dalam wadah/gelas. Susun sesuai selera. Tambahkan beberapa sekop kerokan santan yang telah diberi kelapa untuk bagian atasnya. Tuang SKM di permukaan santan untuk menambah cita rasa. 

Yuhuuu! Es Doger Spesial yang segar dan manis ini sudah menunggu untuk dicicipi. Untuk kaum Muslim yang sedang berpuasa, cicipinya setelah adzan magrib berkumandang ya! hehe :D .

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Es Doger Spesial dan Tahan Lama di bawah ini ya :


0 komentar:

Posting Komentar