Cara Membuat Bolu MAGIC COM yang Super Lembut (PRAKTIS)

Cara Membuat Bolu MAGIC COM yang Super Lembut (PRAKTIS)


Assalamualaikum semuanya! Selamat datang kembali di blog asahidtehyung ya! Berbeda dengan resep kue yang sudah-sudah, kali ini teteh akan berbagi resep kue bolu yang dimasak dengan menggunakan magic com. Beda cara masaknya kan? Biasanya kan kalo ngga di kukus yak di oven. Jadi buat yang ngga punya oven atau kukusan, kalian bisa coba bolu magic com ini. Untuk teksturnya tetap lembut kok! Cocok banget deh buat kalian yang lagi ngekos!


Pertama - tama, sebelum menyiapkan bahan - bahan bolu magic com, Kita semir atau oleskan margarin terlebih dahulu  ke seluruh permukaan panci magic com ya teman-teman. Semir tipis dan merata.

Kemudian setelah seluruh permukaan panci magic com dioles tipis margarin, sekarang taburkan terigu tipis saja di atas permukaan panci magic com yang sudah dioles tipis margarin.

Tepuk-tepuk panci magic com supaya tepung terigu tidak menempel terlalu tebal atau banyak.
Setelah itu sisihkan.

Sekarang ayo kita siapkan bahan-bahan untuk bolunya!

Bahan-bahan Bolu MAGIC COM:

  • 3 butir telur suhu ruang
  • 150 gr tepung terigu
  • 80 gr margarin yang sudah dicairkan
  • 1/2 sdt baking powder
  • 70 gr santan
  • 1 sdm penuh tepung maizena
  • 1 sdt essenns vanilla
  • 1/2 sdt pewarna makanan (kuning).
  • 150 gr gula pasir.

Cara Membuat Bolu MAGIC COM:

Untuk membuat bolu magic com,  kita campurkan dan ayak terlebih dahulu semua bahan kering yang terdiri dari; tepung terigu, tepung maizena dan 1/2 sdt baking powder. Ayak sambil terus diaduk rata hingga bahan kering tersebut menjadi campuran yang halus.
Teteh meggunakan tepung terigu protein rendah untuk hasil yang lebih ringan dan lembut. Jika tidak ada, kalian bisa menggunakan tepung terigu protein sedang.
Tujuan pengayakan bahan kering tersebut adalah untuk meminimalisir adanya tepung yang masih bergerindil atau mungkin benda asing yang tertinggal.
Disamping itu, campurkan santan dengan 1/2 sdt pewarna makanan. Aduk hingga warnanya tercampur rata kemudian sisihkan.
Warnanya tidak  harus kuning ya! Tentu saja kalian bebas memilih warna sesuai selera.
Selanjutnya mari kita siapkan mixer! Seperti biasa, mixer dilap terlebih dahulu dengan tujuan  peralatan mixer yang akan kita pakai bersih dari tetesan air maupun lemak sehingga proses pengocokan adonan bisa maksimal kerjanya.

Masukkan 4 butir telur suhu ruang (bukan dari lemari es), gula pasir, dan 1 sdt essens vanilla ke wadah mixer.
 Takaran gulanya bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian ya!
Jika tidak ada essens vanilla, kalian bisa juga menggunakan 1/2 sdt vanili bubuk sebagai alternatifnya.
Mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih sekitar 10 menit atau sampai adonan mengembang, putih, dan berjejak. 
Waktu proses ini sesuaikan dengan mixer yang kalian pakai di rumah ya! Ingat! Beda mixer beda juga karakteristiknya! yang penting sampai mengembang putih dan berjejk.

Setelah itu nyalakan lagi mixer dengan kecepatan yang paling rendah. Masukkan campuran bahan kering yang terdiri dari terigu, maizena dan baking powder tadi kedalam adonan. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah. 

Masih dimixer dengan kecepatan rendah. Masukkan campuran santan dengan pewarna kuning dan margarin yang sudah dicairkan. Mixer hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada endapan yang tertinggal di adonan.
Pastikan margarin yang dicampurkan sudah suhu ruang ya teman-teman. Artinya setelah margarin dicairkan, tunggu sampai margarin tersebut benar-benar dingin agar adonan tidak turun saat dimasukkan bahan ini.
Setelah adonan tercampur rata, Angkat dan matikan mixer. Aduk lagi sebentar dengan menggunakan spatula. Aduk adonan  sampai bagian pinggir dan dasar adonan tercampur merata agar hasilnya tidak bantat.

Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke panci magic com yang sebelumnya  sudah dioles tipis dengan margarin dan tepung terigu. Tuangkan semua adonannya. 

Sekarang adonan siap dimasak di magic com!

Masukkan panci magicom yang sudah berisi adonan ke magic com. Tutup magic com, kemudian tekan cook. Tunggu beberapa saat hingga terdengar bunyi krek dan lampu indikator warm menyala.

Nah jika indikator sudah kembali ke warm, jangan langsung tekan cook dan jangan mengganjal tombol dengan apapun ya! tunggu 5 menit untuk menekan tombol cook lagi. Hal ini bertujuan untuk menghindari magic com jadi rusak.

Jika sudah 5 menit, Tekan lagi cook dan tunggu kembali hingga terdengar bunyi krek atau hingga lampu indikator warm menyala.

Lakukan langkah ini secara berulang sampai bolunya matang. Teteh melakukan langkah ini sampai 10 kali! Tergantung magic com yang teman-teman pakai ya! Tidak selalu sama seperti asahidtehyung, yang penting sampai bolunya matang atau sampai dites tusuk tidak ada adonan yang menempel.
Point pentingnya adalah setelah indikator menjadi warm selalu tunggu hingga 5 menit baru tekan cook. Oh iya! jangan kaget ya teman-teman  jika semakin lama semakin cepat proses berubah indikator dari cook ke warm. Awalnya perubahan indikator dari cook ke warm yaitu 10 menit lama kelamaan 2 menit bahkan kurang dari dua menit, Itu tandanya bolu sudah hampir matang.
Setelah asahidtehyung melakukan langkah ini 10 kali, sekarang kita buka tutup magic com dan lakukan tes kematangan dengan cara tes tutuk sebelum di angkat.

Jika sudah tidak ada adonan yang menempel artinya bolu sudah matang. Segera angkat bolu dari magic com. Kemudian keluarkan dan dinginkan di cooling rack agar panas yang ada di bagian bawah dan atas bolu bisa keluar.

Setelah bolu dingin, pindahkan dari cooling rack. Oles permukaan bolu dengan buttercream secara merata. Selanjutnya bubuhkan parutan keju diatas butter cream sebagai topping
Tambahkan topping sesuai selera kalian ya! Boleh parutan coklat, meises seres, sprinkle, kacang almond atau topping lainnya.
Potong bolu sesuai selera. Yeay! Bolu magic com siap dinikmati dan dihidangkan untuk orang tercinta!

Meskipun tidak dikukus dan dioven tapi tekstur bolunya lembut loh! Ini sangat simple dan paraktis banget,  cocok buat yang ngga punya oven dan kukusan.

Jika penjelasan di atas masih sulit dipahami dan kurang jelas, silahkan lihat Cara Buat Bolu MAGIC COM yang Super Lembut (PRAKTIS) berikut ini:

Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.

2 komentar:

  1. Tehyung..mau nanya
    Knpa pake santan teh? Klo misalnya ga pke gimana, boleh ga?

    BalasHapus
  2. Tehyung..mau nanya
    Knpa pake santan teh? Klo misalnya ga pke gimana, boleh ga?

    BalasHapus