Cara Membuat Bandeng Presto Tulang Lunak Agar Tidak Hancur ~ Asahid TehYung Tutorial

Cara Membuat Bandeng Presto Tulang Lunak Agar Tidak Hancur

Hai teman - teman hari ini teteh mau share cara membuat bandeng presto tulang lunak dan tips agar tidak hancur bandeng presto nya . Teteh buatnya pake panci presto dari @idealifeonline bagus deh temen - temen hasilnya beneran lunak hingga ke tulang.
Memasak ikan bandeng ini jadi lebih mudah dah hasilnya pun memuaskan bahkan duri nya lunak dan bisa di makan.


Yuk siapkan bahan - baha resep ikan bandeng ini :
- 2 kg ikan bandeng
- 2 buah jeruk nipis
- Garam secukupnya
- 2 bonggol lengkuas, rajang tipis tipis
- 7 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris tipis - tipis
- 2 telunjuk kunyit yang sudah dibersihkan
- 10 lembar daun jeruk, robek robek kasar
- 1 lembar daun pandan potong kira-kira 20 cm
- 20 lembar daun salam
- 2 liter air
- 3 sdm air asam jawa



Bumbu Halus untuk masak ikan bandeng :
7 siung bawang merah
 10 siung bawang putih
2 sendok makan ketumbar disangrai
2 sendok makan garam
 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
2 ruas jahe
Dan 3 ruas kunyit

Video Cara Membuat Bandeng Presto Tulang Lunak  Agar Tidak Hancur yang lengkap ada di sini : 




Oke temen temen pertama kita siapkan 2 kg ikan bandeng yang masih seger 
Kemudian siapkan juga 2 buah jeruk nipis.. belah jeruk nipis nya  menjadi 2 bagian
Fungsi jeruk nipis ini aitu supaya ikannya tidak bau amis. 
Dan jangan lupa
Siapkan juga garam secukupnya atau kira-kira 4 sendok makan kemudian lumuri semua bagian ikan bandeng dengan garam. 
 setelah bandeng di lumuri dengan garam, selanjutnya beri perasan jeruk nipis agar bau amis pada ikan bisa hilang. Jadi pastikan semua bagian ikan sudah dilumuri garam dan perasan jeruk nipis. 

Lumuri juga bagian sebelah ikan bandeng dengan garam dan juga perasan jeruk nipis...

Kalo ngga ada jeruk nipis kalian bisa ganti dengan jeruk lemon ya moms. 

Dan Kalo semua bagian bandeng sudah selesai dilumuri garam dan perasan jeruk nipis, selanjutnya sisihkan. 

Sekarang siapkan 2 bonggol lengkuas kemudian rajang tipis tipis, pas ditimbang tadi sekitar 80 gr ya untuk lengkuas nya. 

Selanjutnya siapkan 7 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris tipis - tipis sampai serai nya  habis. 

Siapkan juga 2 telunjuk kunyit yang sudah dibersihkan. Kemudian iris tipis tipis. Pilih kunyit yang sudah tua ya supaya warna bandeng jadi cantik

Siapkan 10 lembar daun jeruk, kemudian robek robek kasar semua daun jeruknya 

Siapkan 1 lembar daun pandan potong kira-kira 20 cm

Dan jangan lupa siapkan 20 lembar daun salam

 selanjutnya kita Siapkan bumbu halus nya yuk

7 siung bawang merah
 10 siung bawang putih
2 sendok makan ketumbar disangrai 
2 sendok makan garam
 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
2 ruas jahe 
Dan 3 ruas kunyit
Selanjutnya haluskan

Campur kan bumbu yang sudah dihaluskan dengan 2 liter air tujuannya supaya nanti bumbunya mudah larut dan mudah meresap pada ikan. 

Tambahkan juga 3 sendok makan air asam jawa
Setelah itu aduk rata dan sisihkan

Siapkan juga 4 lembar daun pisang yang sudah dibentuk bulat seperti ini

Dan jangan lupa tentunya siapkan panci presto nya
 Teteh menggunakan panci presto idealife ukuran 11 liter tersedia juga ukuran 4 & 8 liter. 
 bagus ya
Di bagian tutup dilengkapi dengan karet berkualitas tinggi sehingga lebih awet dari model panci presto tradisional. 
 panci ini juga dibuat dengan material aluminium bermutu tinggi. Bagian bawah ada stainless plat bisa dipakai kompor listrik,  induksi, gas dan Keramik. 

Yuk kita mulai memasak

Tata selembar daun pisang di dasar panci tujuannya supaya nanti Saat matang bandeng tidak menempel pada panci kemudian taburi rempah-rempah Jangan banyak-banyak karena harus dibagi-bagi untuk lapisan berikutnya 

Tata ikan di atasnya Mulailah dari ukuran paling besar 

Rata rata ukuran ikan yang teteh pakai sama ya dan untuk yang paling bawah teteh tata 3 ikan bandeng. 
Taburi rempah-rempah lagi secukupnya

Seperti daun salam, serai, lengkuas kunyit, daun jeruk, daun pandan. 

Setelah ditaburi rempah-rempah,siramkan air larutan bumbu hingga bandeng terendam. 

kemudian Tata lagi selebar daun pisang. Fungsi daun pisang agar antar ikan tidak saling menempel. 
 Ulangi lagi kegiatan menata ikannya dan jangan lupa
Taburkan lagi rempah-rempahnya. Untuk ikan bandeng nya, Setelah diberi garam dan jeruk nipis  tidak perlu dicuci ya temen-temen langsung aja dimasukkan ke dalam  presto seperti ini

 Beri lagi air larutan bumbu hingga bandeng terendam Tata lagi selembar daun pisang kemudian ikan bandeng dan masukan semua sisa rempah-rempahnya. 
Tuangkan juga semua sisa larutan bumbunya. pastikan seluruh permukaan bandeng tertutup air. Kalo kurang bisa ditambahkan. 

 Terakhir Tutup permukaan paling atas dengan  daun pisang. 

Selanjutnya pasang Tutup panci presto. Tutupnya ini sudah dilengkapi dengan double lock, desain putar dan jepit,sehingga masak jadi lebih safety. Caranya, tinggal putar aja pengucinya searah jarum jam sampai mentok maka, panci presto akan mengunci kuat 

Oh ya temen-temen kalian bisa dapetin panci presto yang cantik ini di @idealifeonline. 

Sekarang kita nyalakan api kompornya di api besar tunggu hingga terdengar bunyi desisan tinggi. 

Dan kalau sudah terdengar bunyi desisan seperti ini, kecilkan apinya di api sedang, tunggu hingga 1 jam atau lamanya tergantung banyaknya bandeng. semakin banyak dan besar, waktunyapun semakin lama. Dengan panci presto idealife uap tidak gampang keluar karena terkunci di dalam jadi lebih cepat matang. 

Setelah 1 jam, matikan apinya. Jangan langsung dibuka Tunggu sampai tidak terdengar lagi desisan. 

Panci presto ini dilengkapi dengan pegangan yang kokoh dan kuat lho jadi sangat aman dan fleksibel. 

Setelah tidak terdengar lgi bunyi desisan, panci presto sudah bisa dibuka, caranya putar berlawanan arah jarum jam seperti ini maka, tutup panci presto akan mudah dibuka. Sisihkan daun pisang paling atas. Bandeng jangan langsung diangkat. Buang dulu air rebusan nya. Buangnya pelan pelan saja dan selanjutnya tunggu sampai bandeng benar-benar dingin agar mudah diangkat. 

Selanjutnya siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya

Tunggu hingga minyak panas dan goreng ikan bandeng presto sebentar saja. 

Ini sesuai selera ya dimakan langsung setelah di presto juga rasanya udah enak banget. 

Balikan bandeng setelah beberapa menit, 

Yang ketiga saking empuknya kepalanya jadi patah temen temen. 

Kalo sudah Digoreng, angkat ikan bandeng satu persatu. 

Udah jadi deh
Bandeng presto tulang lunaknya. 

Bandeng presto siap disajikan sebagai lauk nasi.

Specifications dari alat presto nya :
Diameter: 28Cm
Capacity: 11.0 Litre
Safe & Reliable - no danger of bursting
Improved model - Better Pressure Lock
High Grade Alumunium Material
Gas, Electric, Ceramic & Induction - Cooker Compatible (the only one in INDONESIA)
High Quality Rubber Seal
Wattage : Watt
Pcs per Carton :  4Pcs
Barcode No : 4552.2017.117.111
Outer Carton Dimension : 59*30*47Cm
Gift Box Dimension :  28.5*29*23Cm
Kg per Carton : 14.2Kg
Gram per Pcs : 3.5Kg
NO. HS LABEL : 7615.1090.10
NO. Pendaftaran Buku Manual & Kartu Garansi:
Kapasitas : 11 lt
Dilengkapi dengan pegangan yang kokoh dan kuat
Model terbaru, desain tutup putar dan jepit, sehingga lebih aman

Note: Setelah pemakaian, mohon di cuci, termasuk tutupnya, pastikan sampai kering sebelum pemakaian selanjutnya

SUBSRIBE YA AGAR TETEH UPLOAD VIDEO TUTORIAL LAINNYA
https://goo.gl/KsKdmX

VIDEO BARU
https://goo.gl/7mMhP6

VIDEO BANYAK DI TONTON
https://goo.gl/MfCmmo

#bandengPresto  #masakikanbandeng #tulanglunak

1 comment:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete