Cara Membuat Gemblong Ketan Putih Gula Pasir

Gemblong Ketan Putih Gula Pasir

Gemblong merupakan kue tradisional yang berbahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan bahan lainnya seperti kelapa parut, santan, tapioka dan bahan lainnya. Gemblong ini juga punya nama yang berbeda di jawa, Kalau di jawa namanya getas tapi apapun namanya yang penting rasanya enak dan cocok untuk teman ngeteh atau ngopi.

Gemblong ada yang terbuat dari tepung ketan putih ada juga yang pakai tepung ketan hitam. Untuk bahan pelapisnya atau biasa yang disebut besta juga ada yang pakai gula merah dicampur gula putih sehingga berwarna kecoklatan dan ada juga yang hanya pakai gula putih saja.

Nah untuk resep yang akan asahidtehyung bagikan kali ini adalah gemblong ketan putih dengan bahan pelapisnya dari gula putih. Silahkan dicatat dan disimak resep gemblong gula putih berikut ini ya :

Bahan Gemblong Ketan Putih Gula Pasir :

- 300 gram tepung ketan

- 50 gram tepung tapioka

- 1 sdt garam halus

- 250 gram kelapa parut

- 250 ml santan hangat

Bahan Pelapis Gemblong :

- 1 lembar daun pandan

- 150 gram gula pasir

- 70 ml air

Cara Membuat Gemblong Ketan Putih Gula Pasir :

Siapkan wadah, kemudian masukkan semua bahan kecuali santan aduk rata. Jangan lupa Masukkan garam kemudian tepung ketan. Aduk rata menggunakan tangan kemudian tuangkan santan hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai adonannya bisa dibentuk atau hingga kalis artinya sampai tidak lengket di tangan. Jika sudah kalis tidak perlu dituangkan semuanya santannya.

Selanjutnya bentuk adonan hingga bulat lonjong dan pipih atau bisa juga sesuai selera. Lakukan Cara ini sampai semua adonan gemblongnya habis.

Goreng Gemblong yang sudah selesai dibentuk bulat pipih dan lonjong di minyak yang sudah panas. Usahakan gemblongnya sampai terendam minyak agar bisa matang merata luar dalam. Gunakan minyak yang banyak dan goreng dengan api kecil cenderung sedang. Gorengnya sampai matang dan kering bagian luarnya. Angkat dan tiriskan gemblong yang sudah matang kemudian sisihkan.

Setelah selesai menggoreng gemblong, sekarang lanjut ke tahap pembuatan bahan pelapisnya atau biasa disebut juga dengan besta. Masak gula pasir, daun pandan dan air sampai kental dan berambut.

Gunakan api yang kecil selama membuat bahan pelapis gemblongnya, karena jika menggunakan api yang besar bisa menyebabkan gulanya pahit. Aduk-aduk terus sampai gulanya mengental.

Kemudian jika sudah mengental dan berambut, segera masukkan gemblong yang sudah digoreng hingga kecoklatan. Aduk rata sampai gemblongnya terbalut gula. Aduk terus hingga gula kering dan menempel ke gemblong. Jika sudah selesai angkat. Gemblong ketan putih gula pasir siap untuk disajikan. Yummy!

Jika ingin lebih jelas lagi mengenai Cara Membuat Gemblong Ketan Putih Gula Pasir silahkan llihat video cara pembuatannya di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar