Cara Membuat Es Kuwut (Khas Bali) Cocok Untuk Berbuka

Cara Membuat Es Kuwut (Khas Bali) Cocok Untuk Berbuka

Kalian udah pernah nyobain es kuwut belum? Buat kalian yang belum tau atau belum pernah denger nama es yang satu ini, Es kuwut ini merupakan salah satu minuman yang bisa kalian jumpai saat berkunjung ke Bali. Rasanya yang segar cocok sekali untuk menjadi pelepas dahaga saat adzan magrib berkumandang nanti. Eitts! Tenang aja, untuk bisa merasakan segarnya es ini kalian ngga usah repot-repot pergi ke Bali kok. Kalian bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah karena asahidtehyung akan membagikan bagaimana cara membuat es yang satu ini. Silahkan disimak baik-baik resep berikut ini ya!

Bahan-bahan Es Kuwut (Khas Bali):

  • Air kelapa dari 1 butir kelapa muda.
  • Daging kelapa muda yang telah dikerok.
  • Buah melon yang telah dikerok memanjang/bulat.
  • 3 sdm biji selasih yang telah diseduh dengan air panas sampai mengembang.
  • 3 buah jeruk nipis (iris-iris tipis dan peras sebagian).
  • Simple syrup dari 250 gr gula pasir yang diseduh dengan 50 ml air panas.
  • Es batu secukupnya.

Cara Membuat Es Kuwut (Khas Bali):

Pertama-tama, siapkan gelas saji. Tata buah melon dan kelapa muda di gelas yang telah disediakan. Untuk banyaknya bisa menyesuaikan selera kalian masing-masing ya.

Selanjutnya, tuangkan air kelapa dan tambahkan perasan jeruk nipis agar rasa es lebih segar.

Lalu, tambahkan Simple syrup dan biji selasih yang telah disiapkan (Simple syrup bisa diganti dengan syrup melon). 

Masukkan jeruk nipis yang telah diiris tipis. 
Note: untuk mengurangi rasanya agar tidak pahit. Buang biji jeruk nipis terlebih dahulu dan pilih jeruk nipis dengan kulit yang tipis.
Terakhir, jangan lupa tambahkan es batu ya ^_^ .

yeay! Es kuwut khas Bali yang segar siap untuk disajikan. Cara buatnya mudahkan? Silahkan mencoba dirumah.

Jika ingin lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara membuat Es kuwut khas Bali, silahkan lihat proses pembuatannya di video Cara Membuat Es Kuwut (Khas Bali) Cocok Untuk Berbuka ini ya:

Resep Kolak Roti Panggang Super Enak dan Ekonomis

Resep Kolak Roti Panggang Super Enak dan Ekonomis

Saat mendengar kata takjil dibulan puasa, pasti yang langsung ada dipikiran kalian adalah kolak. Tak heran memang, karena kolak adalah takjil yang paling mudah dan paling sering kita jumpai saat menjelang berbuka puasa. Tapi, pasti kolak yang sering kalian jumpai berbeda dengan resep yang akan asahidtehyung bagikan kali ini.

Ini mah kolak nya special dari tehyung yaitu KOLAK ROTI PANGGANG yang rasanya hmm cocok buat berbuka. ayo kita mulai buat kolak roti panggang nya ya !

Bahan Kuah Santan Kolak Roti Panggang :

  • 1000 ml santan dari 1 butir kelapa parut.
  • 250 gr gula pasir.
  • 1 lembar daun pandan (dikat simpul).
  • 1/4 sdt garam.

Cara Membuat Kuah Santan Kolak Roti Panggang :

Pertama-tama, campurkan semua bahan kuah santan kolak roti panggang ke dalam panci/teflon. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk (tujuannya agar santan tidak pecah). Masak sampai mendidih.

Bahan Roti Panggang :

  • Beberapa lembar roti tawar.
  • Margarin.

Cara Memanggang Roti Tawar:

Sebelumnya, oleskan margarin pada kedua sisi roti tawar yang telah disiapkan. Lalu, potong roti tawar yang telah diberi margarin menjadi 4 bagian (tujuannya untuk mempermudah saat nanti memakannya).



Selanjutnya, Panggang roti tawar di wajan/teflon yang sebelumnya telah dipanaskan. Lalu, angkat dan tiriskan roti yang telah dipanggang.

Sekarang saatnya penyajian! 
Susun roti panggang di piring saji. Lalu, siram dengan kuah santan. Kolak roti santan yang ekonomis siap untuk disajikan.

Saran penyajian lain:
Langsung susun roti tawar di piring saji tanpa dipanggang.  Tambahkan meises dan parutan keju. Lalu, Siram dengan kuah santan.

Jika ingin lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara membuat Kolak Roti Panggang, silahkan lihat proses pembuatannya di video Resep Kolak Roti Panggang Super Enak dan Ekonomis ini ya:

Cara Memasak Ikan Bawal Tauco

Cara Memasak Ikan Bawal Tauco

Bahan-bahan Ikan Bawal Tauco:

  •  4 ekor ikan bawal yang telah dicuci bersih dan di kerat-kerat.
  • Jeruk nipis.
  • Garam halus secukupnya.

Cara Membuat Ikan Bawal Tauco:

Pertama-tama, kucurkan perasan jeruk nipis dan garam di kedua bagian permukaan/sisi ikan bawal yang telah dicuci bersih dan di kerat-kerat (tujuannya untuk penambah rasa dan bau amis pada ikan dapat menghilang).Diamkan, minimal selama 1 jam.

Setelah didiamkan selama 1 jam, cuci bersih ikan. Tiriskan.

Kemudian, goreng ikan yang telah ditiriskan sampai matang.

Bahan-bahan saus tauco:


  • 300 ml air.
  • 1 sdt garam halus.
  • 1/2 sdt merica.
  • 3 sdm tauco.
  • 1 sdm kecap manis.
  • 1 sdm saus tiram.
  • 3 siung bawang putih.
  • 3 buah cabe hijau.
  • 5 buah cabe merah keriting.
  • 1/2 buah bawang bombay.

Cara Membuat Saus Tauco:

Pertama-tama, iris 3 siung bawang putih, 3 buah cabe hijau, 5 buah cabe merah keriting, dan 1/2 buah bawang bombay.

Panaskan minyak goreng kemudian, tumis bawang putih hingga harum. Masak dengan api sedang jangan lupa aduk - aduk terus selama memasaknya ya supaya tidak gosong.

Setelah bawang putih yang ditumis sudah harum, masukkan lagi bawang bombai dan cabe. Aduk rata. Tumis hingga bawang bombai layu.

Jika bawang bombai sudah tampak layu, masukkan lagi air, garam dan merica. Aduk rata. Jangan lupa juga ya masukkan kecap manis dan saus tiram juga. Aduk rata. Sekarang tinggal masukkan deh ikan bawal yang sudah digoreng tadi.

Masak hingga kuah agak menyusut kemudian, masukkan tauco jika kuah sudah agak menyusut. Aduk hingga rata kemudian matikan api. Koreksi rasanya ya...
hmmm yummy ikan bawal masak tauco siap untuk disajikan.

Jika ingin lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara membuat ikan bawal masak tauco, silahkan lihat proses pembuatannya di video berikut ini ya :

Cara Membuat Keripik Bawang Renyah

Resep Keripik Bawang Renyah



Selamat datang kembali di Channel Asahid dan TehYung, untuk kali ini TehYung akan membuat menu yang mudah dan lezat, yaitu Keripik Bawang Renyah yang cocok di jadikan sebagai camilan saat santai. Ingin tahu apa saja alat bahan yang harus disiapkan dan bagaimna cara membuatnya ? Berikut Alat dan bahan serta cara pembuatannya yah.


Alat :
· Wadah
· Blender
· Rolling pin

Bahan :

· 400 gr Tepung terigu protein sedang
· 100 gr Tepung tapioka
· 2 sdm seldri di iris halus
· 1 sdm penuh Tepung Maizena
· 100 gr Margarin
· 1 butir telur
· 110 ml air
· 100 gr bawang merah
· 5 siung bawang putih
· ½ dst garam
· 1 bks kaldu bubuk / masako

Cara Pembuatan :
1. Petama-tama siapkan wadah, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, tepung maizena dan seledri menjadi satu, aduk hingga tercampur rata, setelah itu sisihkan
2. Untuk membuat bumbunya, siapkan blender lalu masukan bawang merah, bawang putih , garam, kaldu bubuk dan satu butir telur, selanjutnya blender hingga bumbu halus, kalau tidak ada blender bisa juga di ulek .

3. Siapkan wadag besar, masukan campuran tepung yang di sisihkan tadi, selanjutnya masukan juga bumbu yang sudah di blender halus , aduk rata menggunakan tangan .
4. Setelah itu, masukan margarin aduk lagi hingga rata
5. Masukan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis atau sampai tidak lengket di tangan
6. Setelah selesai, kemudian gilas adonan menggunakan rolling pin , lalu bagi menjadi beberapa bagian , ini untuk mempermudah saat nanti di pipihkan
7. Gilas adonan yang sudah di bagi tadi, gilas hingga benar benar tipis menggunakan rolling pin agar hasilnya renyah. Atau boleh juga menggunakan gilingan mie agar lebih cepat, jangan lupa harus sampai benar- benar tipis
8. Kemudian potong sesuai selera
9. Setelah selesai di potong, siap untuk di goreng
10. Goreng pada minyak yang sudah di panaskan terlebih dahulu
11. Masukan satu persatu agar tidak saling lengket saat di goreng , jangan lupa terus di aduk agar matangnya merata dan tidak gosong
12. Tunggu hingga warna nya berubah menjadi kekuningan
13. Kalau sudah matang , angkat keripik lalu tiriskan di atas tissue yang dapat menyerap minyak
14. Kemudian tunggu hingga keripik dingin, setelah itu keripik bisa langsung di nikmati, atau bisa di masukan ke dalam toples.


Itulah cara pembuatan Keripik bawang renyah, bagaimana mudah bukan? Bahan nya pun mudah di dapat . Silahkan coba di rumah yah, semoga berhasil. Sekian dari Asahid dan TehYung jangan lupa terus ikutin resep- resep dari Asahid dan TehYung yang lainnya yah. Semoga bermanfaat terima kasih.


Cara Membuat Es Doger Spesial dan Segar

Cara Membuat Es Doger Spesial dan Segar



Sebelumnya asahidtehyung mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi kalian yang menjalankan. Bulan puasa tentunya identik dengan takjilkan? Banyak sekali para penjual dadakan yang berjualan saat bulan suci Ramadhan. Tapi, kadang-kadang kita bosan dengan takjil atau es yang dijual saat ini. Kalian masih inget Es Doger? penjual Es Doger tidak sebanyak penjual kolak loh! Tidak heran jika kalian harus berjalan jauh untuk mencari es ini. Tapi, sekarang kalian tak usah repot-repot lagi berjalan jauh untuk membeli es ini, kalian tidak perlu khawatir kehabisan. Khusus untung postingan kali ini, asahidtehyung akan membagikan resep Es Doger yang spesial dan tahan lama. Silahkan disimak baik-baik ya.

Bahan-bahan  Es Doger:

  • 1200 ml santan (dari satu butir kelapa parut).
  • 300 gr gula pasir.
  • 100 gr tape ketan hitam.
  • 100 gr tape singkong.
  • Roti tawar secukupnya (dipotong dadu terlebih dahulu).
  • 200 gr kerokan kelapa muda .
  • Agar-agar warna merah yang telah dipotong dadu.
  • Agar-agar warna hijau yang telah dipotong dadu.
  • Pewarna makanan merah rose.
  • SKM secukupnya.

Cara Membuat Es Doger:


Pertama-tama, Masak campuran 1200 ml santan dan 300 gr gula pasir menggunakan wajan. Masak dengan api kecil yang cenderung sedang. Aduk terus sampai mendidih.
Proses ini memakan waktu yang cukup lama. Tujuan pengadukan yang terus dilakukan sampai mendidih dan penggunaan api kecil adalah agar santan tidak pecah.

Setelah santan mendidih, jangan lupa untuk mematikan api kompor. Lalu, masukkan pewarna makanan merah rose secukupnya.

Selanjutnya, tuangkan santan yang telah diberi pewarna ke dalam wadah yang telah disediakan. Simpan didalam freezer sampai teksturnya sedikit membeku.

Kemudian, keruk santan yang sudah sedikit membeku sampai teksturnya menjadi sedikit lembut. Lalu, tambahkan kerokan kelapa. Aduk sampai tercampur rata.

Yeay! saatnya untuk platting. Susun bahan-bahan yang telah disediakan (tape singkong, tape ketan item, roti tawar, dan agar-agar) ke dalam wadah/gelas. Susun sesuai selera. Tambahkan beberapa sekop kerokan santan yang telah diberi kelapa untuk bagian atasnya. Tuang SKM di permukaan santan untuk menambah cita rasa. 

Yuhuuu! Es Doger Spesial yang segar dan manis ini sudah menunggu untuk dicicipi. Untuk kaum Muslim yang sedang berpuasa, cicipinya setelah adzan magrib berkumandang ya! hehe :D .

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Es Doger Spesial dan Tahan Lama di bawah ini ya :


Cara Mudah Membuat Kue Buah Mini Thailand

Cara Mudah Membuat Kue Buah Mini Thailand


Pada postingan kali ini asahidtehyung akan berbagi resep dari kue buah mini Thailand. Kue buah mini ini selain bentuknya yang unik rasanya juga enak banget. Apalagi buat pecinta kacang hijau, kalian pasti cocok banget deh sama rasanya. Ngga heran kue buah mini ini begitu banyak peminatnya terutama di Indonesia. Tapi sayangnya walaupun menarik, kue ini masih jarang kita jumpai di toko/pasar.

Eitts.. Jangan sedih ya. Karena ternyata cara membuatnya sangat mudah. Penasarankan dengan resep kue yang bisa dibentuk sesuai dengan selera kita ini. Berikut ini resep untuk membuat kue buah mini Thailand, silahkan disimak baik-baik ya.

Bahan Kue Buah Mini Thailand:

  • 250 gr kacang hijau kupas (sebelumnya telah direndam selama 2 jam).
  • 250 gr gula pasir.
  • 200 ml santan instan.
  • 1/4 sdt garam halus


Cara Membuat Kue Buah Mini Thailand:

Pertama-tama, kukus 250 gr kacang hijau kupas selama 30 menit atau hingga matang.

Setelah itu, blender 200 ml santan instan bersama kacang hijau kupas yang telah dikukus. blender sampai halus dan tercampur rata.

Setelah diblender., tuangkan adonan ke wajan/teflon. Lalu, tambahkan 250 gr gula pasir dan 1/4 sdt garam halus. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan kalis dan tercampur rata. Setelah kalis, jangan lupa untuk matikan kompor dan tiriskan.

Selanjutnya, bentuk adonan menjadi buah secara manual menggunakan tangan. bentuk adonan sesuai keinginan kalian. Lalu, tusukkan tusuk gigi/tusuk sate pada  ujung adonan yang telah dibentuk.

Siapkan pasta/pewarna makanan sesuai kebutuhan. Warnai kue buah mini Thailand dengan pasta yang telah disediakan. Gunakan kuas untuk mengaplikasikan warnanya.

Bahan Pencelup Kue:

  • 400 ml air.
  • 1 bungkus agar-agar plain (disini aku menggunakan merk swallow).
  • 2 sdm gula pasir.

Cara Membuat Pencelup Kue:

Campurkan semua bahan pencelup ke dalam wajan/teflon. Masak dengan api kecil sambil terus di aduk-aduk sampai mendidih. Lalu, matikan api dan tunggu sampai uap panasnya menghilang. 

Tuangkan bahan pencelup ke dalam gelas. Celupkan kue buah yang telah diwarnai ke bahan pencelup yang telah dibuat. Tunggu sampai mengering. Hal ini bertujuan agar warna kue lebih shiny/berkilau dan menarik.

Setelah kering, cabut tusuk sate/tusuk gigi yang terdapat pada ujung adonan. Susun kue di piring/toples. Yeay!.. Kue buah mini Thailand yang cantik siap untuk disajikan ^_^ .

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Mudah Membuat Kue Buah Mini Thailand di bawah ini ya :

Cara Mudah Membuat Milkshake Chocolate

Cara Mudah Membuat Milkshake Chocolate

Siang hari paling enak jika berkumpul bersama teman dan keluarga, apalagi jika ditemani dengan minuman yang terbuat dari campuran susu yang di blend yang sangat menggugah selera ini. Ya, kali ini Asahidtehyung akan membagikan resep untuk membuat milkshake chocolate. Cara membuatnya sangat mudah loh, bahan-bahannya juga ngga banyak dan mudah dicari. Berikut ini adalah cara mudah membuat milkshake chocolate, silahkan disimak dan dicatat ya.

Bahan Whipe cream:

  • 200 ml air dingin.
  • 100 gr whipe cream bubuk (disini aku menggunakan merk pondan).

Cara Membuat Whipe cream:

Mixer  100 gr whipe cream bubuk dan 200 ml air dingin dengan kecepatan tinggi selama 7 menit. (sesuai instruksi yang tertera pada kemasan whipe cream). Mixer sampai mengembang kaku.

Selanjutnya, masukkan whipe cream ke dalam plastik segitiga. Hal ini bertujuan untuk mempermudah menyemprotkan whipe cream. 

gunting bagian ujung plastik segitiga yang telah diberi whipe cream. Lalu, masukkan kembali ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit.

Bahan Milkshake Chocolate:

  • 5 sdm whipe cream bubuk (jika tidak ada, bisa diganti dengan ice cream).
  • Es batu secukupnya (sebelumnya sudah diserut).
  • 1 sdm cokelat bubuk.
  • 2 sdm  gula pasir.


Cara Membuat Milkshake Chocolate

Blender semua bahan milkshake chocolate sampai tercampur rata. Tuangkan milkshake chocolate ke gelas yang sebelumnya telah diberi saus cokelat.

Semprotkan whipe cream ke atas permukaan milkshake chocolate. di atas whipe cream kita beri kembali saus cokelat.

milkshake chocolate siap disajikan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Mudah Membuat Milkshake Chocolate di bawah ini ya :

Cara Lengkap Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Cara Lengkap Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Pada postingan kali ini asahidtehyung akan membagikan bagaimana cara membuat bubur kacang hijau ketan hitam. Siapa diantara kalian yang suka makan bubur kacang hijau ketan hitam? pasti udah ngga asing lagi kan dengan makanan yang satu ini. Makanan ini sering kita temui saat pagi hari. Biasanya, ada abang-abang yang akan menawarkannya sambil mendorong gerobak. Bubur kacang hijau ketan hitam ini cocok buat sarapan dan ganjal perut kamu saat lapar. Rasa manis dan gurihnya yang pas membuat banyak orang menyukainya. Ternyata cara buatnya mudah loh. Berikut ini resep untuk membuat bubur kacang hijau ketan hitam, silahkan dibaca dan disimak baik-baik ya.

Bahan Beras Ketan Hitam:

  • 250 gr beras ketan hitam (sudah dicuci bersih dan direndam semalaman).
  • 50 gr gula merah yang telah di sisir.
  • 1000 ml air.
  • ¼ sdt garam. 
  • 2 sdm gula pasir.
  • 1 lembar daun pandan.

Cara Membuat Beras Ketan Hitam:

Pertama-tama, kukus beras ketan hitam selama 30 menit (sampai mekar). Tujuannya agar tekstur jadi lebih cepat empuk ketika direbus nanti.

Kemudian, panaskan 1000 ml air sampai mendidih. Saat air mendidih, tuangkan beras ketan yang telah dikukus.

Masukkan 2 sdm gula pasir, ¼ sdt garam, 50 gr gula merah, dan 1 lembar daun pandan. Aduk rata, masak hingga air menyusut dan matang.

Bahan Saus Santan:

  • 500 ml santan (dari 1 butir kelapa parut).
  • 1 lembar daun pandan.
  • ¼ sdt garam halus. 
  • 1 sdt tepung sagu yang dilarutkan dengan 2 sdm air.

Cara Membuat Saus Santan:

Pertama-tama, campurkan 500 ml santan, 1 lembar daun pandan dan ¼ sdt garam halus dipanci/teflon. 

Masak campuran tadi dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga mendidih.

Setelah mendidih, masukkan larutan tepung sagu. Aduk rata, masak hingga meletup-letup. Jangan lupa untuk mematikan kompor ya.

Bahan Bubur Kacang Hijau:

  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa parut.
  • 250 gr kacang hijau (sebelumnya sudah direndam semalaman).
  • 1000 ml air.
  • 1 sdt garam.
  • 200 gr gula pasir.
  • 2 lembar daun pandan.
  • 200 gr gula merah.
  • 2 ruas jahe merah yang telah dikupas dan di memarkan.
  • 2 sdm tepung sagu yang telah dilarutkan dengan sedikit air.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau:

Pertama-tama, tuangkan air ke dalam panci. Panaskan hingga mendidih.

Setelah airnya mendidih, masukkan 250 gr kacang hijau yang telah direndam semalaman ke air yang sedang mendidih. Rebus kacang hijau hingga lunak dan pecah.

Setelah kacang hijau lunak, tuangkan 2 liter santan, 1 sdt garam, 2 lembar daun pandan, dan 2 ruas jahe merah, 200 gr gula pasir dan gula merah. Aduk rata, masak hingga mendidih.

Setelah mendidih, masukkan 2 sdm larutan tepung sagu. Tujuannya agar kuah yang dihasilkan lebih kental. Aduk rata sampai mendidih. Jangan lupa untuk mematikan kompor ya.

Yeayy!.. Waktunya untuk plating
tuangkan beberapa sendok bubur kacang hijau ke mangkok yang telah disediakan. Tambahkan beras santan di bagian atasnya. Lalu, tuangkan saus santan dan taruh potongan daun pandan sebagai pemanis. 

Taraa! bubur kacang hijau ketan hitam yang nikmat siap untuk dihidangkan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Lengkap Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam di bawah ini ya :

Cara Membuat Sirloin Steak yang Lezaaat

Cara Membuat Sirloin Steak yang Lezaaat


Saat ini di restoran banyak sekali yang menyediakan makanan Eropa seperti steak. Nah untuk kamu yang suka makan steak juicy (berair), gurih, dan lezaat, Sirloin Steak akan menjadi menu yang recomended buat kamu. Bagaimana sih cara membuat Sirloin Steak yang Lezat? Asahidtehyung akan membagikan resepnya pada postingan kali ini. Silahkan disimak baik-baik ya ^_^.

Bahan Saus:

  • 300 ml air.
  • 2 sdm margarin (jika tidak ada, boleh diganti dengan mentega).
  • 1 sdm maizena yang telah dilarutkan dengan 2 sdm air.
  • 1 sdm kecap inggris (disini aku menggunakan merk ABC).
  • 1 sdm saus tiram.
  • 1 sdm kecap manis.
  • 2 sdm saus tomat.
  • 2 sdt saus lada hitam (jika tidak ada bisa diganti dengan 1 sdt lada hitam butiran yang dihaluskan).
  • ¼ sdt gula pasir.
  • ¼ sdt kaldu bubuk instan (disini aku menggunakan merk masako).
  • ¼ sdt merica bubuk.
  • ¼ sdt gula pasir.
  • Garam secukupnya.
  • 2 siung bawang putih.
  • ½ buah bawang bombay.

Cara Membuat Saus:

Langkah pertama, cincang halus 2 siung bawang putih dan ½ buah bawang bombay.
Setelah itu, panaskan margarin di panci. Setelah margarin meleleh, kecilkan api kompor. Lalu, tumis bawang yang telah dicincang bersama margarin yang telah meleleh sampai matang dan harum.
Setelah matang dan harum, masukkan 1 sdm saus tiram, 1 sdm kecap inggris, 1 sdm kecap manis, dan 2 sdm saus tomat,  aduk rata.
Setelah diaduk rata, masukkan 2 sdt saus lada hitam. Aduk terus sampai tercampur rata. Lalu, tambahkan 300 ml air. Aduk rata.
Masukkan garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu bubuk instan. aduk terus, masak sampai mendidih.
Setelah mendidih, masukkan larutan maizena. Aduk terus sampai meletup-letup. Setelah meletup-letup jangan lupa untuk mematikan kompor ya ^_^.

Bahan Pelengkap:

  • Kentang.
  • Wortel.
  • Buncis.
  • Jagung manis.

Cara Membuat Bahan Pelengkap:

Pertama, iris panjang buncis, wortel, dan kentang. Potong jagung manis menjadi 2 bagian.
Rebus wortel, buncis, dan jagung yang telah ditambahkan sedikit garam untuk penambah rasa dan menjaga warna sayuran tetap cantik selama 5 menit.

Pipil jagung.
Setelah itu, goreng kentang sampai berwarna coklat keemasan. 

Bahan Steak :

  • Daging sapi khas luar (sirloin). Jika tidak ada bisa diganti dengan daging sapi khas dalam (tenderloin).
  • Garam.
  • Merica.
  • Margarin.

Cara Membuat Steak:

Siapkan sirloin. Lalu, pada kedua sisi sirloin, taburkan garam dan merica secukupnya (diamkan selama 1 jam agar bumbunya meresap).
Setelah didiamkan selama 1 jam, Panaskan teflon untuk memanggang hingga benar-benar panas.
Panaskan 1 sdm margarin. Pastikan margarin tersebar rata ke seluruh bagian teflon.
Panggang sirloin di atas teflon hingga matang dan empuk (gunakan api kecil agar matangnya merata dan tidak gosong).

Yeay!.. Waktunya untuk plating.
Susun steak dan bahan pelengkap diatas piring. Lalu, siram saus dibagian atas steak. tadaaa! Sirloin Steak yang Lezaaat siap disajikan.
Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Sirloin Steak yang Lezaaat di bawah ini ya :

Cara Membuat Es Pisang Cokelat Ekonomis Cocok untuk jualan

Resep Es Pisang Ekonomis


Sebelumnya asahidtehyung pernah membagikan resep es pisang simple yang pakai coklat batangan. Namun, karena terlalu mahal harga coklat batangannya dan kurang cocok jika dijual harga seribuan, jadi pada kesempatan kali ini asahidtehyung akan membagikan resep es pisang yang versi ekonomis jadi cocok untuk jualan.

Cara membuat es pisang ekonomis ini sangat mudah dan jika tidak ada buah pisang, silahkan diganti dengan pepaya atau melon yang dipotong dan ditusuk dengan stik es krim atau bisa juga ditusuk dengan tusuk sate. Jangan lupa dibekukan terlebih dahulu ya buahnya di freezer setelah itu tinggal dicelupkan ke saos coklat.

Nah, untuk yang penasaran bagaimana tutorial lengkap cara membuat es pisang ekonomisnya, silahkan simak resep es pisang ekonomis yang asahidtehyung bagikan berikut ini :

Bahan Membuat Es Pisang Cokelat Ekonomis :

- Pisang matang, tusuk dengan stik es krim atau tusukan sate. Bekukan pisang di freezer.
- 1 sdm penuh cokelat bubuk
- 1 sdm penuh gula halus
- 150 gram minyak goreng
- 1 sachset susu kental manis cokelat

Cara Membuat Es Pisang Cokelat Ekonomis :
Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat saus cokelatnya yaitu : campur menjadi satu, cokelat bubuk, gula halus dan minyak. Aduk hingga tercampur rata.

Kemudian setelah tercampur rata, masak campuran tersebut dengan api kecil sambil terus 
diaduk - aduk hingga mendidih atau muncul gelembung - gelembung kecil. Matikan api angkat dan tunggu uap panasnya hilang.
Jika uap panasnya sudah hilang, masukkan susu kental manis cokelat. Aduk rata Dan tuangkan saus cokelat ke gelas tujuannya agar mudah saat melumuri pisang ke cokelatnya.

Celupkan pisang yang sudah dibekukan ke dalam saus cokelat sambil diputar - putar agar seluruh bagian pisang terlumuri cokelat. Lakukan cara ini sampai semua pisangnya habis.

Setelah pisang beku dicelupkan ke cokelat. jangan lupa masukkan ke plastik ya dan simpan di freezer supaya mudah diambilnya. Es pisang cokelat ekonomis siap untuk disajikan. Selamat mencoba di rumah ya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video Cara Membuat Es Pisang Cokelat Ekonomis Cocok untuk jualan  berikut ini ya :

Stylus Pen Terbaik Untuk Smartphone (android or Iphone)

Hai, kali ini asahid tehyung kasih tutorial apa ya?
Hmmm tutorial mulu perasaan kali kali review produk ah,

Nah kali ini asahid dibantu dengan Nong Ika akan Review Stylus pen terbaik untuk smart phone kamu.

nah Stylus pen nya apa coba ? yups benar stylus pen dari Adonit



Yang hobi gambar atau seni melukis lainnya biasanya membutuhkan stylus seperti ini,
sekarang kan jamannya digital jadi menggambar juga lebih praktis dengan stylus pen, sekalian mengurangi penggunaan kertas yang berbahan bakunya dari pohon yang di tebang. kan sayang bumi kita nanti tidak asri lagi.

Nah yang biasa bikin meme or komik juga bisa menggunakan stylus ini, digabungkan dengan aplikasi snapseed atau aplikasi favorit saya yaitu Bamboo Paper.

Ok deh kita bahas Stylus pen nya  yuk !

Nah yang pertama yang akan kita bahas adalah stylus pen keluaran Adonit. yaitu

Adonit Snap



Nah yang pertama kita bahas adalah adonit snap, Stylus pen ini keluaran dari merk ternama Adonit,
bentukya bagus, tidak terlalu besar. Dari mulai bagian atas terdapat port usb untuk charger stylus pen ini, karena stylus pen adonit ini dibenamkan batterey di dalamnya. Di bagian tengah ada Power untuk on off , ukurannya cukup nyaman untuk jempol kita . dan di bawah tombol power  terdapat led yang menandakan on off. nah mata pena nya cukup runcing yaitu sekitar 1.9 mm pixel point.

Saat di gunakan juga adonit snap ini hampir mirip kita menggunakan spidol.
nah selain fungsi utama tadi, adonit snap juga bisa di gunakan untuktombol selvie. karena dibenamkan bloethooth, Selvie deh sesuai dengan angel yang di inginkan.



Hanya saja kekurangan adonit snap ini harus di charger apabila habis batterey, tapi untuk penggunaan juga cukup lama ko tenang aja.

Jika nggak mau repot repot harus charger , ada opsi lain nih. Stylus pen tanpa perlu Charger. Yaitu :

Adonit Mini 4
Nah ini mah stylus pen nya ga perlu charger, bentuknya pun bagus dan elegan, dibuat dari bahan metal juga,
Untuk penggunaan nya cukup simple , Putar penutupnya dan dibalik deh penutup nya tinggal pakai deh.
 Ini ukurannya mirp dengan pensil pada umumnya, jadi sensasi memakai pensil konvensionalnya dapat hehe.

Sayangya bagian cakram pada stylus pen ini saya kurang menyukainya. karena kelihatan aneh ga seperti pena aslinya .



tapi secara fungsi wah ini dipakai gambar lebih nyaman. meskipun dipakai nya untuk smartphone, apalagi kalau digunakan untuk ipad atau tab pastinya lebih nyaman lagi.


Pernah beli stylus dengan merk lain yang harganya jauh leih murah tapi ternyata harga tidak bohong,
hanya bertahan 2 hari setelah itu rusak.

tapi dengan merk Stylus Pen adonit ini lebih awet dan sangat nyaman digunakan, maklum youtuber biasa bikin sket untuk story board di smartphone. jadi ga boleh ketinggalan stylus pen Adonit ini.
ini video review produk adonit ini :


Kalo agan mau tertarik dengan produk stylus pen terbaik untuk smartphone ini , agan beli di sini
bisa :

landing page pembelian online di

http://bit.ly/Adonitditokopedia

atau liat liat produk adonit yang lain bisa lihat di sini :

id.adonit.net

dan media sosial dari produk adonit ini bisa dilihat di sini :

Line@ https://line.me/R/ti/p/%40adonitindonesia

Instagram: https://www.instagram.com/adonit.indonesia/

Facebook: https://www.facebook.com/Adonitindonesia/






Cara Membuat Bola-bola Keju Tanpa Telur

Cara Membuat Bola-bola Keju Tanpa Telur


Keju saat ini menjadi bahan yang paling sering digunakan pada berbagai jenis makanan. Rasanya yang asin sudah tak asing lagi dengan lidah kita. Kira-kira ada ngga ya cemilan dari keju tapi cara membuatnya simple? Nah bola-bola keju ini bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan kita. bola-bola keju atau yang biasa kita kenal dengan cheeseball termasuk cold appetizers yang paling mudah untuk dipersiapkan. Jadi kali ini asahidtehyung akan membagikan resep bola-bola keju yang lezat dan sangat mudah untuk dibuat ini.


Bahan Untuk Membuat Bola-bola Keju Tanpa Telur:
  • 200 gr blueband cake & cookie. (jika tidak ada, bisa diganti dengan blueband yang biasa atau margarin lainnya)
  • 1 sachet susu bubuk dancow (25 gr).
  • 175 gr tepung terigu berprotein sedang.
  • 200 gr biskuit keju (sebelumnya sudah dihaluskan dengan blender). Di sini aku pake merk nissin.
  • 150 gr keju parut (untuk resep kali ini, aku pake merk kraft).
  • 25 gr gula halus.
Cara Membuat Bola-bola Keju Tanpa Telur:
Langkah pertama, pisahkan 200 gr biskuit keju (sebelumnya sudah dihaluskan dengan blender). Pisahkan menjadi dua bagian (50 gr dan 150 gr).

Kemudian, mixer 200 gr blueband cake & cookie bersama 25 gr gula halus. Mixer dengan kecepatan tinggi selama 2 menit (sampai warnanya agak putih). Setelah 2 menit, jangan lupa untuk mematikan mixer ya ^_^.

Selanjutnya, tambahkan 150 gr keju parut ke adonan yang telah dimixer. Aduk rata dengan menggunakan spatula.

Masukan 1 sachet susu bubuk dancow, 50 gr biskuit keju, dan 175 gr tepung terigu. Lalu, aduk rata menggunakan spatula.

Berikutnya, bentuk adonan yang telah dibuat menjadi bola-bola. Kemudian, gulingkan ke 150 gr biskuit keju yang telah dihaluskan sampai semua permukaan tertutup merata. Lalu, susun bola-bola yang telah dilumuri biskuit keju di loyang yang telah dialasi dengan kertas roti.


Panaskan oven sekitar 15 menit.

Setelah itu, masukan loyang ke dalam oven. Oven bola-bola keju selama 40 menit dengan suhu 140° menggunakan api atas-bawah (sesuai oven masing-masing).

Susun bola-bola keju yang telah matang di atas cooling rack .

Tunggu kue sampai dingin. Gunakan papper cup sebagai kemasan/alasnya.
Yeay! bola-bola keju yang nikmat siap untuk disajikan. Mudahkan ?

*Note: jika ingin bola-bola keju lebih crispy. Bahan blueband cake & cookie bisa diganti dengan mentega dan tepung terigunya diganti dengan kualitas rendah.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Bola-bola Keju Tanpa Telur di bawah ini ya :

Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju

Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju


Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Bagi kaum muslim, kurma merupakan menu sunnah yang selalu ada saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma juga baik untuk kesehatan. Tak heran jika kurma disukai oleh berbagai kalangan dan berbagai usia.

Banyak sekali kreasi yang bisa kita buat dengan kurma, salah satunya adalah kurma yang dikreasikan dengan coklat. Ya, kali ini asahidtehyung akan membagikan cara lengkap membuat kurma cokelat isi mede dan keju. Dijamin kamu ngga akan bosan untuk mencicipi kreasi kurma yang satu ini. Mungkin jika tetanggamu mencicipinya, mereka akan tertarik untuk memesan kurma cokelat buatanmu.

Nah, berikut ini adalah resep dan cara lengkap membuat kurma cokelat isi mede dan keju yang akan asahidtehyung bagikan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kurma cokelat isi mede dan keju:


  • 500 gram kurma.
  • Kacang mede secukupnya (sebelumnya sudah disangrai/oven/goreng).
  • 250 gram DCC (cokelat batangan). Kali ini aku menggunakan cokelat merk colatta.
  • 250 gram cokelat putih ( untuk topping ).
  • Keju parut secukupnya.

Cara membuat kurma cokelat isi mede dan keju:
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuang biji yang terdapat pada 500 gram kurma dengan cara membelahnya satu persatu.

Setelah itu, masukkan isian pada kacang mede yang telah dibuang bijinya. Isian bisa berupa kacang mede, keju parut, atau campuran kacang mede yang telah dicincang kasar dan keju parut.

Langkah berikutnya, masukkan potongan cokelat batangan ke wadah stainless steel.

Kemudian, panaskan air hinga mendidih. Tim cokelat yang telah dimasukkan ke dalam stainless steel hingga meleleh/mencair. Setelah cokelat meleleh jangan lupa untuk mematikan kompor ya ^_^ .
Selanjutnya, celupkan kurma yang telah diberi isian kedalam lelehan cokelat tadi. Lalu tiriskan sampai cokelat mengeras.

Sambil menunggu lelehan cokelat pada kurma mengeras, kita siapkan topping-nya yaitu lelehan cokelat putih. Berbeda dengan proses melelehkan DCC (cokelat batangan), proses melelehkan cokelat putih tidak langsung di Tim saat air mendidih, cukup air panas biasa (hal ini bertujuan agar cokelat putih tidak menggumpal).
Kemudian, masukkan lelehan cokelat putih ke dalam plastik segitiga.

Sekarang waktunya menghias. Semprotkan cokelat putih dengan membentuk zig-zag di bagian atas kurma (jika tidak ada cokelat putih. Topping bisa juga digantikan dengan sprinkle yang langsung ditaburkan diatas kurma cokelat).

Tunggu cokelat sampai mengeras. Gunakan papper cup sebagai kemasan/alasnya.
Taraaaa! kurma cokelat isi mede dan keju siap disajikan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju berikut ini: