CARA MEMBUAT BAWANG GORENG KRIUK, PEDAS, LARIS DI JUAL

     

    A
ssalamu'alaikum teman-teman masih di channel asahid tehyung

 Kali ini teteh akan membuat bawang goreng. Sebelumnya juga, teteh pernah buat bawang goreng tapi kali ini teteh mau buat yang ada sensasi pedesnya, bisa dijadikan tambahan makanan bahkan jadi usaha juga lho. yuk langsung aja disimak. 

*Bahan bahan :
- 1 kg bawang merah
- 1 sdm garam
- 1 sdm tepung maizena
- 1 sdm cabe bubuk
- 200 gr cabe rawit

*Resep yang mungkin kalin suka :

*Cara membuat : 
Siapkan bawang merah, lalu sisihkan bagian ujung dan kulitnya. Jika sudah disisihkan, kita cuci bersih bawangnya. Saat mengiris bawang tidak boleh basah harus dalam kondidi kering ya. 








Setelah itu, kita iris iris bawangnya. Disini teteh tidak mengiris menggunakan pisau karna terlalu lama. Biar cepat dan praktis, teteh menggunakan blender mito BL-100. Tapi kalo gak ada alatnya, kalian bisa iris manual. Lakukan langkah ini sampai bawang habis.









Tuang bawang ke wadah lalu tambahkan garam, aduk rata dan remas-remas bawangnya diamkan sekitar 5 menit.

 lalu masukan irisan cabe rawit, cabe bubuk aduk sampai tercampur rata. Terakhir taburkan tepung maizena. Siap digoreng deh.










-Panaskan minyak, ini minyaknya cukup banyak ya, lalu kita goreng sampai kuning keemasan. masak sambil sesekali di aduk jika sudah matang angkat dan tiriskan. 










Oke teman teman udah jadi nih bawang goreng pedasnya kalo kalian mau lebih pedas kalian bisa tambah cabenya.

Jika bawang goreng sudah dingin, maka akan lebih kriuk dan kalian bisa langsung masukkan ke wadah kedap udara.

 Bawang goreng ini bisa juga loh dijadikan bahan usaha kalian. untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton videonya di bawah ini.


Terimakasih. 
#bawangGoreng #resepbawangGoreng #bawangGorengPedas

CARA MEMBUAT DONAT SUPER LEMBUT DAN TAHAN LAMA


    Assalamualaikum teman-teman Teteh. Kali ini teteh mau kasih tau resep membuat donat kentang yang super lembut. Resep donat ini bisa tahan 3 sampai 4 hari loh! Penasarankan? yuk langsung aja di simak cara membuatnya.

Bahan bahan:
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi 
  • 50 gram susu bubuk 
  • 11 gram ragi instan 
  • 200 gram kentang kukus, haluskan dan dinginkan
  • 100 gram gula pasir 
  • 1/2 sdt garam 
  • 4 butir kuning telur 
  • 100 ml susu cair dingin 
  • 75 gram mentega

Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat:
- Siapkan kentang yang sudah dikukus, Kemudian haluskan bersama 50 ml susu cair susu cair. Setelah halus sisihkan.











- Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan. Aduk rata semua bahan kering. Setelah tercampur rata, masukkan kentang, kuning telur, dan sisa susu cair tadi. Mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.











- Setelah tercampur rata, tambahkan mentega dan garam. Mixer dengan kecepatan no 2 sampai kalis elastis. Bulat-bulatkan adonan dan pindahkan dari mixer.











- Bagikan adonan dengan berat masing-masing 45 gram. Bentuk bulat-bulat sambil dicubit-cubit agar hasilnya bagus ketika digoreng. 











- Pindahkan adonan yang sudah dibulatkan ke loyang yang sudah ditaburi tepung. Pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya. Untuk melubangi tengahnya, aku menggunakan bagian atas botol mineral yang sudah dipotong. 
- Taburkan sedikit tepung dibagian atas agar tidak lengket. Tutup dengan kain atau plastik dan diamkan selama 30-60 menit agar donatnya mengembang.











- Panaskan minyak sampai suhu 160°C. Jika minyak terlalu panas, donat akan cepat gosong dan jika suhu minyak terlalu dingin, donat akan menyerap minyak terlalu banyak. 
- Goreng donat sampai golden brown. Cukup goreng dengan 1x balik dan jangan bolak-balik donatnya!











    Nah itu dia resep donat kentang yang super lembut. Rahasia agar donatnya lebih lembut adalah dengan menambahkan kentang. Jika ingin menjadikan donat frozen, cukup goreng donatnya setengah matang untuk mematikan ragi. Untuk lebih jelasnya jangan lupa tonton videonya!

Terimakasih, selamat mencoba dan semoga berhasil.

CARA MEMBUAT SUNDUBU JIGAE TAHU PEDAS ALA ALA KOREA


    Assalamu'alaikum teman-teman kali ini teteh mau bikin makanan ala korea lagi nih namanya sundubu jjigae.

  Sundubu itu artinya tahu dan jjigae itu artinya sup jadi teteh mau bikin sup tahu pedas ala ala korea. kalian penasaran gak? yuk langsung aja disimak.

 Bahan utama :
- 1 buah tofu ( tahu sutra )
- 3 lembar sawi putih
- 1 buah jamur enoki
- 1 buah wortel, potong korek
- 250 gr paha ayam
- 1 butir telur

Bumbu :
- 1/2 butir bawang Bombay
- 2 siung bawang putih
- 1 batang daun bawang bagian putihnya
- 1 sdm minyak wijen
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdm kecap ikan
- 1 sdm gochugaru
- 2 sdm gochujang
- 1/4 sdt garam
- 500 ml kaldu ikan

Kaldu ikan :
- 7 ekor ikan teri / ikan asin kecil ( buang kepalanya )
- 1 lembar Nori ( rumput laut kering)
- 500 ml air
 Cara : campur semua bahan, masak api kecil selama 10 menit 

Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat:
-Pertama potong sayuran sawi, wortel, untuk memotong wortel bentuknya menjadi seperti korek api, jamur, tahu sutra atau tahu jepang, daun bawang, bawang bombai, bawang putih. 
-Panaskan minyak di pan tumis bawang bomai, bawang putih, daun bawang aduk aduk dan masak sampai tercium bau harum, masukan potongan daging ayam, kaldu ikan, cabe bubuk, kecap asin, saus ikan, minyak wijen, saus gochujang ,garam, kemudian masak sampai mendidih. 
-Tata sayuran yang sudah di potong potong tadi di panci kecil, dan masukan tahu sutra atau tahu jepang, kemudian masukan kuah yang tadi sudah di masak. 
-Kemudian masak sampai sayuran matang, layu dan tahunya lebih lembut kuahnya juga lebih menyusut, jika sudah mendidih masukkan satu butir telur di atasnya masak telurnya jangan sampai matang atau masak setengah matang aja setelah itu angkat dan sajian. 

Oke temen temen udah jadi deh sundubu jigaenya makanan ini lebih khasnya dengan tahunya itu loh yang super lembut kalo semakin lama kalian masak semakin lembut tahunya. Oke teman teman jika ada yang kurang jelas kalian bisa tonton vidionya di bawah ini. 


Terimakasih, semoga bermanfaat. 


RESEP JJAJANGMYEON DI JAMIN HALAL

                                  

  Assalamualaikum temen temen kali ini di chanel asahid tehyung mau kasih tau resep ala korea yang cocok banget buat teman nonton drakor kalian dan pastinya jjajangmyeon ini halal ya karna terbuat dari daging ayam bukan daging babi, penasaran gak rasanya kaya gimana yuk langsung aja disimak. 

Bahan jjajangmyeon :
- 100 gr chunjang
- 200 gr daging ayam
- 1 buah kentang
- 1 buah zuchini ( terong Jepang ), potong kotak kotak
- 1/2 buah bawang bombay
- 500 ml air
- 1 sdt garam
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdt kaldu bubuk
- 2 sdm maizena
- 25 ml air untuk melarutkan maizena
- 1 sdt minyak wijen
- 4 sdm minyak untuk menumis
-200 gr mie ( ramen, soba, udon, spaghetti dll)

Garnish :
- timun Jepang/kyuri diiris untuk memberikan tekstur crunch dan freshness
- wijen sangrai

Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat:
-Potong kentang, terong, dan bawang bombai, kentang dan terongnya di potong bentuk dadu ya. 

 









-Panaskan minyak lalu masukan potongan ayam masak sampai beruba warna setelah itu masukan kentang, terong, bawang bombai, masak sekitar satu menit. kemudian buat cekungan di tengah tenganya lalu masukan minyak dan chunjang aduk sampai merata.











-Masukan air, gula pasir, garam, kaldu bubuk, aduk hingga tercampur rata tutup dan masak sekitar 10 menit siapan larutan maizena lalu masukan larutan maizena, minyak wijen dan aduk rata maak sampai empuk. 











-Selanjutnya siapkan mie. Rebus mie sampai matang jika mie sudah matang angkat dan tiriskan 











-Tahap selanjutnya tinggal penyajian deh masukan mie ke dalam mangkuk lalu tuang masakan yang tadi di buat tuang beberapa sendok sayur di atasnya tambahkan irisan timun jepang dan wijen sangrai.











Yeah jjajangmyeon siap di sajikan jjajangmyeon ini khasnya rasanya ada gurih, manis, asin, nah jadi ini gak pedes ya cocok buat anak anak tapi kalo kalian pengen pedes kalian bisa tambahin bubu pedas apa aja ya. ok temen temen kalo ada yang kurang jelas kalian bisa tonton vidionya di bawah ini. 

Terimakasih selamat mencoba. 

CARA MEMBUAT CIRENG BANYUR UNTUK JUALAN, BISA FROZEN LHO

    

Assalamualaikumm teman teman gimana nih kabarnya  semoga baik baik aja ya nah di sini teteh mau kasih tau ide jualan buat kalian atau bis juga kalian nikmati  di rumah teteh mau bikin cireng banyur nah kalian penasaran kan cara buatnya kaya apa yuk langsung aja di simak ya.

Bahan biang :
125 gr tepung tapioka
5 sdm tepung terigu
2 siung bawang putih,haluskan
1/2 sdt ketumbar
1 sdm garam
250 ml air

Bahan tambahan :
150 gr tepung tapioka
50 ml air

Bahan saus banyur nya:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
8 buah cabe merah keriting
1 sdt minyak
500 ml air
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur
1 sdm gula pasir
1/2 buah gula merah

Pelengkap :
Bawang goreng
Jeruk nipis
Daun bawang
Cabe bubuk
 
Resep yang mungkin kalian suka : 

Cara membuat cireng :
-Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, ketumbar bubuk aduk sampai tercampur rata kemudian campurkan air sambil di aduk aduk nyalakan api sedang aduk aduk terus sampai tekstur seperti lem. 











-Jika tekstur sudah seperti lem langsung pindahkan ke mangkuk, masukan sedikit sedikit tepung tapioka lalu cubit cubit agar hasilnya keriuk di luar lembut di dalam lalu tuang air sedikit sedikit dan cubit cubit lagi adonannya. 











-Setelah air habis di tuangkan kemudian cetak adonan dan bulat bulatkan lakukan sampai habis. Panaskan minyak dengan api kecil jika sudah panas goreng cireng sampai mengembang balik agar matang sempurna jika sudah matang angkat lalu tuang. 











Cara membuat kuah banyur :
-Masukan cabe keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tambahkan sedikit air lalu haluskan menggunakan chopper 












-Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah di chopper tadi lalu aduk setelah itu masukan air dan aduk rata lagi masukan garam, kaldu jamur gula pasir, gula merah, aduk rata lagi. 












Penyajian :
Simpan beberapa cireng di mangkuk lalu tuang kuah banyurnya agar lebih enak kita bisa tambahkan toping. 












Nah gimana temen temen cireng banyur ini enak banget loh, cirengnya ini keriuk di luar dan lembut di dalam langsung di coba ya di rumah kalo ada yng kurang jelas jangan lupa di tonton juga ya vidionya 

Terimakasih semoga bermanfaat 
#cireng #cirengbanyur #resep

CARA MEMBUAT BROKOLI CRISPY DENGAN 3 CARA

 


    Hai teman teman assalamualaikum kali ini  di channel asahid tehyung akan share resep cara membuat brokoli krispy dengan 3 Cara. Rasa dari brokoli krispi ini enak loh. cocok buat cemilan. apalagi disantap pakai sambal lebih mantap, ok langsung aja ke resep brokoli krispy ini ya. 

*Bahan bahan:
-250 gr tepung bumbu  serbaguna 
-1 sdm tepung beras
-1 sdm tepung maizena
-1 butir telur 

*Cara membuat :
-Siapkan brokoli lalu potong sesuai selera ya kalo teteh di sini sedang saja, setelah di potong rendam brokoli di dalam air garam supaya jika ada ulet, uletnya keluar, rendam selama 10 menit aja ya.











-Masukan tepung serbaguna ke wadah tambahkan tepung beras, tepung maizena, lalu siapkan telur yang sudah di kocok merata. ambil brokoli yang sudah di rendam masukan ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam adonan tepung lakukan terus menerus.











-Panaskan minyak mengunakan api kecil cenderung sedang masak brokoli yang sudah di baluri adonan tepung masak sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan menggunakan tisu dapur supaya lebih menyerap.











-Kemudian kita buat brokoli crespy tanpa telor. Ambil 5 sendok makan tepung sisa tadi kemudian tuang air es agar supaya hasilnya crispy, kemudian agar lebih crispy gunakan tepung panir yang sudah di haluskan ya. Celupkan brokoli ke adonan basah kemudian masukan lagi ke adonan kering celup lagi ke adonan basah lalu gulingkan ke tepung panir, lakukan sampai habis.











-Masukan lagi brokoli ke minyak yang sudah di pansakan, jika sudah matang angkat dan tiriskan. supaya lebih enak kalian bisa cocol dengan saus. 











Brokoli crispynya udah jadi nih enak banget dan brokolinya meskipun tidak di rebus tetapi bagian dalemnya tetep mateng ya, yuk langsung aja di coba ya teman teman dan jangan lupa juga di tonton vidionya. 

Terimakasih selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

CARA MEMBUAT KREMESAN UBI / CARANG MAS

Resep Kremes Ubi / Carang Mas

    Hai teman temen kali ini teteh mau share cara buat kremes ubi atau yang bisa juga di sebut carang mas. nah kremesan ini rasanya renyah, dan resep carang mas ini hanya butuh 5 bahan aja ya. penasaran kan cara buatnya yuk langsung aja kita liat cara membuatnya.

Bahan bahan :
- 500 gr ubi cilembu
- 1 sdm garam
- 1.5 liter air
- 150 gr gula merah, iris halus
- 750 ml minyak

Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat:
-Siapkan ubi kupas kulit ubi dan belnder menggunakan blender raktis dari mitochiba ini lakukan smpai ubi habis. nah kalo kalian gak ada blender seperti ini kalian bisa juga ya di parut menggunakan parutan.











-Kemudian siapkan garam, air, dan ubi yang sudah di parut tadi aduk rata dan diamkan selama 30 menit tujuannya agar saat di asak ubi tidak menghitam, kemudian tiriskan ubinya sampai benar benar kering ya. 











-Panaskan minyak lalu masukan ubi ke dalam minyak yang sudah di panskan, goreng sampai setengah matang jika sudah setengah matang masukan gula merah yang sudah di sisir halus aduk terus sampai gula meleleh dan menempel ke ubinya 











-Jika sudah menempel angkat dan sisihkan. Kemudian masukan kedalam cetakan jangan nunggu dinginnya ya soalnya ini akan cepat mengeras.











Nah cemilan kremesan ubinya sudah jadi makanaan ini hampir punah loh tapi teteh  lagi pengen aja  buatnya  jadi keinget zaman dulu hehe. oh ya jangan lupa di tonton juga ya vidionya. 

Terimakasih

CARA MEMBUAT MCD GEPREK, BISA NGABISIN NASI SEBAKUL


    Assalamualaikum teman teman di sini teteh mau kasih tau nih resep baru namanya ayam geprek keliatannya si biasa aja  tapi ayam geprek ini bukan sembarang ayam teteh menggunakan ayam mcd dan di tambah lagi sambel geprek. wah tambah mantep nih yuk langsung aja kita liat cara membuatnya.

*Bahan bahan :
-ayam mcd
-5 cabe keritng
-50 gr cabe rawit 
-5 siung bawang putih
-1/2 sdt garam
-1/2 sdt kaldu jamur
-1/2 sdt gula pasir
-minyak

*Resep yang mungkin kalian suka:

*Cara membuat:
-Siapkan minyak lalu panaskan. Jika sudah panas masukan cabai rawit, cabai keriting, bawang putih masak setengah matang. oh ya jangan lupa cabe rawitnya di tusuk dulu ya agar saat di goreng tidak meledak ledak.











-Jika sudah matang angkat dan simpan ke cobek lalu tambahkan garam, gula, lada bubuk. Ulek sampai halus.











-Jika cabai sudah terulek halus masukan sisa minyak panas tadi ke ulekan cabai, lalu aduk dan ratakan deh, selanjutnya ambil ayam mcd dan baluri ulekan cabe dan geprek supaya cabenya meresap ke ayam mcdnya.











Ayam geprek mcdnya udah jadi. Rasanya tambah enak loh di cambah sambel geprek ini kalian harus nyobain ya dan jangan lupa juga ya di tonton vidionya. dan kunjungi juga blog teteh  yang lainya.

Terimakasih selamat mencoba.
#geprekmcd #ayamgeprek #mcdgeprek ♡

cara membuat pompom, cemilan dari 3 bahan saja


Hai teman teman kalian pengen cemilan yang enak dan gampang buatnya? di sini teteh mau kasih cemilan yang cocok banget untuk kamu saat bersantai santai namanya pompom yang tebuat dai 3 bahan saja loh praktis lagi saat membuannya yuk langsung aja kita simak cara membuatnya.

Bahan bahan :
- 500 gr kentang
- 100 gr keju parut
- 100 gr tepung maizena

Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat:
-Siapkan kentang lalu kupas seluruh kulit kentang, jika sudah di kupas potong kecil kecil kentangnya lalu cuci bersih kentangnya.











-Jika sudah di cuci bersih masukan kentang ke rebusan air masak sampai kentang matang, jika sudah matang akngat dan simpan di mangkuk kemudian ulek kentang sampai halus menggunakn ulekan.











-Jika kentang sudah halus masukan tepung maizena, aduk sampai tercampur rata, lalu berikan parutan keju aduk lagi sampai rata. 











-Ambil sedikit adonan lalu bulat bulatkan lakukan sampai adonan habis, setelah itu goreng adonan sampai matang atau warna agak kuning kecoklatan.











wah sudah jadi nih temen temen cemilannya gampang kan buatnya jangan lupa juga ya di coba di rumah dan jangan lupa untuk tonton vidionya.

Terimakasih selamat mencoba