CARA MEMBUAT PESMOL IKAN KEMBUNG


    Assalamualaikum teman teman! gimana nih kabarnya? semoga baik baik aja ya. Disini teteh mau kasih tau resep simpel untuk lauk pauk agar kalian gak bosen saat makan menunya itu-itu aja dan makan kalian juga tambah lahap. Nah teteh mau buat pesmol ikan kemung. Disini teteh menggunakan air fryer kalo kalian gak ada bisa digoreng setengah matang aja. Yuk langsung aja kita liat cara buatnya.  

*Bahan-bahan :
- 5 ekor ikan kembung
- 1 buah jeruk nipis
- 1 sdm baceman bawang putih
- 2 sdm bumbu dasar kuning
- 1 sdt garam
- 2 sdt kaldu jamur
- 100 ml air
- 1/2 buah tomat
- 10 buah cabe rawit utuh
- 1 buah cabe hijau besar
- 1 buah cabe merah besar
- 3 lembar daun salam
- 2 batang serai, digeprek
- 3 lembar daun jeruk, sobek sobek buang tulang
- 1 ikat daun kemangi
- 1 batang daun bawang

*Resep yang mungkin kalian suka :

*Cara membuat :
-Siapkan ikan kembung, lalu beri perasan jeruk nipis, lumuri sampai merata dan diamkan selama 15 menit, jika sudah 15 menit kita cuci bersih ikannya. 










-Masukkan ikan ke air fryer. Goreng ikan dengan suhu 180 derajat selama 15 menit. 










-Panaskan baceman bawang putih, tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, irisan cabe merah besar, cabe hijau besar, bumbu kuning aduk hingga tercampur rata. 










-Kemudian masukkan air, garam, kadu jamur, aduk sebentar kemudian masukkan ikan dan biarkan bumbu meresap. Tambahkan daun kemangi, tomat, cabe rawit, daun bawang. Masak sebentar sekitar satu menit lalu angkat dan sajikan. 











Wah udah jadi teman-teman, pesmol ikan kembungnya gak lama lho buatnya, kalo kalian gak ada ikan kembung bisa menggunakan ikan apa aja ya gak harus ikan kembung. Oke temen-temen langsung aja ya di coba dirumah. Jika ada yang kurang jelas bisa kalian tonton vidionya di bawah ini. 

Selamat mencoba, semoga berasil. 

RESEP MUDAH STEAK CRISPY LENGKAP DENGAN SAUS LADA HITAMNYA


Assalamualaikum teman-teman. Kali ini teteh mau bikin kreasi masakan dari bahan daging sapi yaitu teteh mau buat steak sapi crispy, kalo kalian gak ada daging sapi, bisa di ganti dengan ayam. Penasaran kan gimana cara buatnya? yuk langsung aja disimak cara buatnya. 

Bahan :
- 200 gr sirloin
- 1 butir telur
- 150 gr tepung serbaguna
- 1 sdm tepung maizena

Bahan marinasi :
- 3 siung bawang putih halus
- 2 sdm saus tiram
- 1 sdt lada

Bahan saus lada hitam :
- 2 sdm mentega
- 1/2 siung bawang Bombay, cincang
- 3 siung bawang putih, cincang
- 300 ml air
- larutan tepung terigu ( 1 1/2 sdm tepung terigu larutkan dengan 3 sdm air )
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap manis
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 2 sdt lada hitam

Pelengkap :
- kentang 
- buncis
- wortel 

Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat :
-Siapkan daging, pukul-pukul daging agak tipis. Selanjutnya masukkan bawang putih halus, saus tiram, lada bubuk kemudian aduk hingg tercampur rata. Masukkan daging yang sudah di pukul dan balurkan bumbu kesemua daging, tutup dan diamkan selama 30 menit di kulkas. 










-Selanjutnya siapkan kentang, wortel dan buncis. Potong-potong semua sayurannya, lalu rebus kentang hingga empuk. Rebus 15 menit jika sudah 15 menit Angkat tiriskan, selanjutnya rebus wortel dan buncis selama 3 menit lalu angkat dan tiriskan. 










-Selanjutnya panaskan mentega. Masukkan potongan bawang bombay, bawang putih. Masak sampai tercium bau harum tuang air dan masak hingga mendidih. Tambahkan saus tiram, kecap manis, gula, garam, kaldu bubuk, larutan tepung aduk dan masak hingga mengantal. 











-Siapkan tepung terigu, tepung maizena. Lumuri daging dengan tepung sampai merata. Siapkan kocokan telur. Masukkan daging ke kocokan telur, baluri lagi sampai tercampur rata jika ingin lebih kriuk kita balik lagi ke campuran telur lakukan berulang-ulang agar lebih crispy.










-Jika sudah terbaluri tepung kita panaskan minyak sampai benar-benar panas masukkan daging yang sudah di baluri tepung, goreng sampai kuning keemasan. 











-Jika sudah terasa matang angkat dan tiriskan. sajikan bersama pelengkap sayuran yang sudah di rebus tadi dan tuang saus lada hitamnya.










Nah udah jadi nih steak crispynya. Gimana buatnya gak terlalu susah kan? yuk langsung aja di coba di rumah ya dan jangan lupa tonton juga vidionya. 

Terimakasih. Selamat mencoba 😉
#steakcrispy #sausladahitam #resepsteak

RESEP MUDAH MEMBUAT PIZZA TANPA MIXER

 

    Assalamu'alaikum teman-teman. Kembali lagi di channel asahid tehyung. Kali ini teteh akan share cara membuat pizza teflon tanpa mixer bikinnya gampang banget. Yuk langsung disimak cara buatnya. 

Bahan dough pizza :
- 6 sdm air hangat
- 4 sdm minyak
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt ragi
- 1 butir telur
- 200 gr tepung terigu protein tinggi
- 1/2 sdt garam

Saus pizza homemade :
- 300 gr tomat, rebus kupas kulitnya
- 2 sdm mentega, untuk menumis
- 1/2 buah bawang bombay
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt garam
- 1 sdt kaldu jamur
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt oregano kering
- 1/2 sdt lada bubuk
- 2 sdm saus tomat

Topping :
- mozarella
- bawang bombay
- smoke beef
- paprika merah dan hijau

Resep yang mungkin kalian suka: 

Cara membuat :
-Siapkan tomat dan belah empat, bagian ujungnya jangan sampai putus, lalu rebus tomat sampai kulitnya terkelupas. jika kulit sudah terkelupas masukkan ke blender dan haluskan. 











-Panaskan mentega. Masukkan potongan bawang bombay, bawang putih aduk hingga tercium bau harum, Tambahkan tomat yang sudah diblender, garam, gula, lada bubuk, kaldu jamur, oregano. Aduk dan masak hingga mengental. 










-Campurkan air hangat, miyak, gula, ragi kemudian aduk rata, tutup dan diamkan selama 10 menit. 











-Masukkan tepung terigu, biang, telur, dan garam aduk hingga tercampur rata. Simpan adonan diatas alas yang sudah di taburi sedikit tepung, uleni hingga kalis. Bulatkan adonan dan olesi dengan minyak lalu diamkan selama 20 menit.











-Jika sudah 20 menit kita kempeskan adonan dan pipihkan. Pindahkan adonan ke loyang pizza yang sudah di oles dengan margarin, tusuk adonan agar tidak menggelembung. Tambahkan diatasnya saus pizza, keju mozzarella, bawang bombay, paprika, smoked beef, mozzarella dan oregano. Lalu panggang selama 20 menit di suhu 180 derajat selama 20 menit.











Sudah jadi deh pizza tanpa mixer. Wah pastinya rasanya enak banget, apa lagi di tambah toping yang melimpah jadi tambah mantul, jangan lupa dicoba. Untuk lebih jelasnya tonton juga vidionya. 

Terimakasih, semoga bermanfaat. 



RESEP SIMPEL PENTOL KECAP, DIJADIKAN FROZEN BISA UNTUK JUALAN

TUMIS PENTOL KECAP

    Assalamu'alaikum teman-teman Kali ini teteh Akan share menu simple, enak dan cocok banget buat hidangan keluarga di rumah. Bisa juga dijadikan ide jualan. Jadi hari ini teteh akan share menu Tumis pentol kecap, Penasaran kan cara buatnya yuk langsung aja di simak cara buatnya.

Bahan-bahan pentol :
- 500 gr daging sapi
- 100 gr es batu
- 75 gr tepung tapioka
- 2 sdm bawang merah goreng
- 2 sdm bawang putih goreng
- 1 butir putih telur
- 1 sdt baking powder
- 2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1 sdt merica bubuk
- air secukupnya untuk merebus bakso

Bumbu tumisan :
- 2 sdm mentega
- 1/2 siung bawang Bombay
- 3 siung bawang putih
- 3 lembar daun jeruk
- 3 buah cabe merah besar, diiris
- 3 buah cabe hijau besar, diiris
- 200 ml air
- 5 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdt garam
- 1 sdt kaldu jamur
- 2 batang daun bawang

Resep yang mungkin kalian suka :

Cara mmebuat : 
-Masukkan daging ke chopper tambahkan es batu lalu giling daging sampai halus. Setelah halus masukkan bawang merah goreng, bawang putih goreng, garam, kaldu bubuk, gula, lada bubuk, pengembang kue, putih telur, kemudian haluskan lagi. 











-Masukkan gilingan daging ke wadah, tambahkan tepung tapioka, aduk hingga rercampur rata. Kemudian bentuk daging bulat-bulat dan masukkan ke air panas, masak sampai daging matang dan mengapung.

 









- Lelehkan mentega lalu masukkan potongan bawang baombay, bawang putih, masak sampai tercium  bau harum lalu tambahkan air, kaldu jamur, garam, saus tiram, kecap manis adukdan masak hingga tercampur rata dan mendidih. 











-Selanjutnya masukkan bakso, irisan cabe merah, cabe hijau, daun jeruk. Aduk hingga tercampur rata dan masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut, jika kuah sudah menyusut masukkan irisan daun bawang dan sajikan pentol dipiring.











Tumis pentol kecap siap disajikan. Pentol kecap ini rasanya enak banget, gak terlalu pedas dan pastinya dagingnya juga empuk. Jangan lupa di coba di rumah ya, dan jangan lupa tonton juga vidionya di bawah ini. 

Terimakasih.
Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

RESEP KRIUK KACANG ALMOND KARAMEL

 RESEP KRIUK KACANG ALMOND KARAMEL 

     Assalamualaikum teman teman, kali ini teteh mau mengolah nih kacang almond menjadi kacang yang rasanya manis bisa di jadikan cemilan juga. Penasaran gimana cara buatnya? yuk langsung aja di simak.

 Bahan :
400 gr kacang almond mentah 

Rasa manis :
100 gr gula pasir
100 ml air



Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat :
- Masukkan kacang almond ke dalam air fryer lalu panggang di suhu 200 selama 12 menit. Tiap 3 menit di goyang goyangkan ya agar matang merata.











- tuang gula pasir, kayu manis bubuk dan air masak dengan api kecil hingga gula larut.











- Masukkan almond panggang. Masak sambil terus diaduk aduk hingga gula mengeras dan menempel.











Nah gimana temen-temen gampang banget kan cara buatnya? bisa langsung di coba di rumah ya, kacangnya juga kriuk dan manis, kalo kalian gak punya air fryer bisa juga menggunakan oven atau bisa juga di sangrai. 
Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton fidionya di sini. 

Terimakasih, selamat mencoba 
#kacangalmond #almondkaramel #resep





RESEP SAWUT SINGKONG LEGIT CUMA 3 BAHAN

    Assalamualaikum teman-teman Teteh! Kali ini aku mau share resep sawut singkong legit cuma dengan 3 bahan. Sawut singkong sendiri merupakan salah satu jajanan pasar yang berasal dari Yogyakarta. Simak resep dan cara membuatnya disini ya!

Bahan-bahan :
  • 1 kg singkong
  • 250 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
Taburan :
  • 150 gr kelapa Parut
  • 1/4 sdt garam
Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat sawut singkong :
- Parut singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Teteh parut dengan slicer supaya lebih cepat. klik disini untuk beli slicer seperti ini.
- Tambahkan gula pasir dan garam ke parutan singkong. Aduk sampai tercampur rata. 
Gula pasir ini bisa kalian ganti dengan gula merah. Tapi kalau kalian mau menambahkan pewarna makanan, sebaiknya menggunakan gula pasir.
- Supaya makin cantik, Aku membagi adonan menjadi 2 bagian. Sebagian aku berikan pasta red velvet. Ini opsional ya.
- Untuk taburannya, campurkan kelapa parut kukus dan garam sampai tercampur rata.
Siapkan kukusan yang dialasi daun pisang untuk menambah aroma pada sawut singkong. Masukkan sawut singkong, tutupi dengan daun pisang, lalu masukkan kelapa parut diatasnya. Kukus kelapa parut selama 15 menit dan sawut singkong selama 30 menit. Kelapa parut dikukus untuk mencegah kelapa cepat basi.
- Tata sawut singkong di daun pisang dan taburkan kelapa parut.
- Sawut singkong sudah siap untuk dinikmati. 

    Meskipun cara membuatnya sangat mudah, tapi rasa sawut singkong ini cukup enak dan legit. Taburan kelapanya membuat sawut singkong terasa gurih. Hidangan ini cukup mengenyangkan untuk ganjal perut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video resep sawut singkong legit cuma 3 bahan ini :

Terimakasih sudah mampir
Semoga bermanfaat.

CARA MEMBUAT JELLY CREAM PANDAN CREAMY


     Assalamualaikum teman-teman Teteh, gimana nih kabarnya? baik baik aja kan. Aku mau share resep jelly cream pandan nih. Minuman ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang creamy. Bisa jadi referensi buat ide jualan kamu nih!

Bahan-bahan bubur pandan : 
  • 100 gr tepung beras
  • 750 ml santan dengan kekentalan  sedang
  • 250 ml air pandan Suji
  • 1 sdt garam
Bahan-bahan jelly :
  • 1 bungkus bubuk jelly kelapa
  • 200 gr gula pasir
  • 700 ml air
Bahan-bahan biji mutiara :
  • 100 gr sagu mutiara
  • 1200 ml air
tambahan :
  • 500 gr kelapa muda keruk
  • 500 ml Syrup gula Jawa
  • 1 L susu evaporasi
Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat jelly cream pandan:
- Campurkan tepung beras, garam dan santan hingga tepung larut dengan santan.
- Tambahkan air pandan suji. Nyalakan api dan aduk terus sampai adonan mengental. Kita sisihkan terlebih dahulu.











- Selanjutnya kita buat jelly-nya. Campurkan gula pasir dan bubuk jelly. Tambahkan air, aduk rata dan masak sampai mendidih.











- Tuang jelly ke cetakan atau loyang. Tunggu hingga jelly mengeras.
- Selagi menunggu jelly mengeras, ayo kita masak sagu mutiaranya. Masukkan air dan sagu mutiara. aduk sesekali dan masak hingga sagu bening atau transparan.

- Angkat sagu mutiara yang sudah transparan. Rendam di air es agar tidak saling menempel.
- Setelah jelly mengeras, potong jelly dengan berbentuk kotak-kotak kecil. 
- Saatnya penyajian. Tata bubur pandan, jelly kelapa, sagu mutiara dan beberapa sendok jelly kelapa. 
- Tambahkan susu evaporasi dan sirup gula jawa. 











    Jelly cream pandan yang creamy ini sudah jadi dan siap dinikmati. Oh iya! digambar akhir, sagu mutiara terlihat belum transparan karena aku salah memasukkan takaran air. Tapi tenang aja ya! karena resep di blog ini udah aku revisi!

Untuk cara lengkap membua jelly cream pandan ini bisa kalian lihat disini:

Terimakasih sudah mampir
semoga bermanfaat.

BIKIN DONAT, PIZZA DAN BURGER BUN HANYA DARI 1 ADONAN

    Assalamualaikum teman-teman Teteh! Kali ini Teteh mau share resep adonan ajaib. Teteh namakan adonan ajaib karena hanya dengan satu adonan ini bisa membuat donat, pizza dan burger bun. Multifungsi banget ya adonan yang satu ini! Cocok banget buat ide jualan!

Bahan-bahan :
  • 500 gr terigu protein tinggi
  • 500 gr terigu protein sedang
  • 10 sdm gula pasir
  • 10 sdm susu bubuk
  • 11 gr ragi instan
  • 4 butir kuning telur
  • 250 ml susu cair dingin
  • 250 ml air es
  • 1 sdt garam
  • 100 gr mentega
  • 100 gr margarin
Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat adonan utama :
- Campur dan aduk rata terigu protein sedang, terigu protein tinggi, gula pasir, susu bubuk dan ragi instan. 

- Masukkan kuning telur, air es dan susu cair. Mixer hingga kalis.
- Setelah kalis, masukkan mentega dan garam. Mixer kembali hingga kalis elastis.
- Bulatkan adonan. Oles bagian atas adonan dengan minyak kemudian tutup dan diamkan adonan hingga mengembang 2X lipat. Bagian atas adonan di olesi minyak agar adonan tidak kering saat diproofing. 

- Setelah mengembang 2x lipat, Pukul adonan untuk mengempeskan dan mengeluarkan udara yang tertinggal.
- bagi adonan menjadi 3 bagian untuk donat, burger dan pizza.
    

    Untuk pembuatan masing-masing adonannya sudah aku pisahkan disini ya!

Cara membuat donat :
- Bagi adonan dengan berat masing-masing 40 gr. Bulatkan dan pindahkan ke loyang yang sudah ditaburkan sedikit tepung.
- Pipihkan dan lubangi bagian tengahnya. Aku pakai bagian atas botol air mineral untuk melubanginya.
- Bubuhkan sedikit tepung dibagian atasnya. Tutup dan diamkan adonan selama 1 jam
- Goreng di suhu 160°C hingga warnanya kuning keemasan. Goreng donat dengan sekali balik (tidak dibolak-balik).

- Beri topping donat sesuai selera.

Cara membuat burger :
- Bagi adonan dengan berat masing-masing 70 gr. Bulatkan dan tekan sedikit. Pindahkan ke loyang yang sudah dialasi kertas roti
- Oles bagian atas dengan susu cair. Tambahkan wijen, tutup dan diamkan hingga mengembang 2x lipat.
- Panggang di rak bawah dengan api atas bawah suhu 175°C selama 15-20 menit. Sebelumnya, jangan lupa untuk memanaskan oven.
- Saat baru dikeluarkan dari oven, segera oles mentega dan tutup dengan kain bersih dan lembab. Biarkan hingga suhu ruang.

- setelah dingin, belah 2 burger bun. Olesi margarin dan panggang di teflon. klik disini untuk beli teflon yang aku pakai.
- beri mayo, saos, daun selada dan smoke beef.


Cara membuat pizza mini :
- Bagi adonan dengan berat masing-masing 30 gr. Bulatkan adonan hingga habis.
- Pipihkan adonan hingga diameter 10 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu. 

- Tambahkan topping saus bolognese, keju cheddar, sosis, keju mozzarella dan oregano. diamkan 15 menit sambil memanaskan oven.

- Panggang dengan api atas bawah suhu 175° selama 15-20 menit.

- Setelah matang keluarkan dari oven. Pizza mini siap disajikan

    Ajaib kan adonannya? Kalian jadi ngga usah capek-capek buat adonan berkali-kali deh. Untuk cara lengkap membuat adonan ini juga bisa kalian lihat melalui video:

Terimakasih sudah mampir
semoga bermanfaat.