Resep Martabak Manis atau Terang Bulan Teflon, 1 adonan jadi 2 loyang


    Waktu itu sempet liat kolom komentar di video tiktok yang fyp, netizen lagi debat masalah martabak. Aku kira debatin cara buatnya, ternyata debatin namanya. Ada tim terang bulan dan tim martabak manis. Ada-ada aja ya kelakuan netizen +62. Kalo aku sih tim martabak manis, kalian tim mana nih? Dari pada ribut pilih tim mana, mending simak cara membuat terang bulan atau martabak manis pakai teflon yuk! Simak resep dan cara membuatnya disini.

Bahan-bahan martabak manis:
  • 1 butir telur
  • 200 gr tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • 3 sdm gula pasir
  • 50 gr tapioka
  • 1/4 sdt garam
  • 25 gr mentega dicairkan
  • 1/2 sdt baking powder
  • 3/4 sdt baking soda (larutkan dengan 50 ml air)
  • 1 sdt pasta vanila
  • 50 ml air
  • pasta vanila dan pandan
Cara membuat :
Campurkan bahan kering dan air
    Campur dan aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, susu bubuk dan garam dengan menggunakan whisker. Setelah bahan kering tercampur rata, masukkan air secara bertahap. Aduk dengan whisker dari tengah agar tidak menggumpal. Aduk hingga tercampur rata dan hingga gula benar-benar larut. 

Masukkan margarin cair
    Tambahkan margarin cair ke adonan. Aduk hingga tercampur rata. Mentega ini membuat tekstur martabaknya jadi lebih lembut, tapi kalian bisa skip mentega cair ini.

Masukkan telur dan baking powder.
    Masukkan baking powder dan telur yang bagian kuning telurnya masih utuh agar martabaknya tidak bau amis. Aduk sekitar 10 menit hingga adonan menjadi lembut dan licin. 

Istirahatkan adonan
    Tutup adonan dengan kain bersih atau plastik wrap. Diamkan minimal 1 jam hingga muncul buih atau gelembung-gelembung kecil. Jika adonan didiamkan lebih dari 6 jam, kalian boleh simpan adonan di kulkas. 

Bagi adonan menjadi 2 bagian
    Adonan dibagi menjadi 2 karena teflon rumahan tidak bisa membuat martabak manis yang terlalu tebal. Jika adonan terlalu tebal, hasilnya akan bantat dan tidak bersarang.

Panaskan teflon dengan api sedang

Tambahkan larutan baking soda dan perasa
    Larutkan baking soda dan air. Bagi larutan baking soda menjadi 2 bagian dan berikan perasa yang berbeda pada masing-masing. Masukkan ke adonan dan aduk rata. Baking soda dilarutkan dan dimasukkan ke adonan sesaat sebelum dipanaskan. Aku menambahkan pasta pandan dan vanila sebagai perasa.

Masak adonan 
     Tuang adonan secukupnya ke teflon yang sudah dipanaskan. Putar adonan agar martabak memiliki pinggiran. Pastikan teflon yang digunakan sudah benar-benar panas. 

Tambahkan gula pasir
    Saat adonan mulai muncul banyak pori-pori, taburi gula pasir sesuai selera. Kecilkan api dan tutup  hingga  matang atau sekitar 2 menit hingga permukaan tidak lengket. 

Olesi mentega
    Setelah matang, oles permukaan martabak dengan mentega agar martabaknya tetap lembut. Angkat martabak dari teflon.

Beri topping sesuai selera
    Tambahkan topping dan lipat martabak. Oles lagi dengan mentega dan potong sesuai selera

Tips :
- Telur dan baking powder dimasukkan belakangan tujuannya agar gluten lebih terbentuk 
- Gunakan teflon anti lengket dan tebal agar panas menyebar secara merata. 
- Pastikan panas kompor merata. 
- Tambahkan campuran air dan baking soda sesaat sebelum Adonan dimasak. 
- Percikan air ke teflon untuk Mengetahui sudah cukup panas atau belum. 
- Adonan jangan terlalu tebal Jika menggunakan teflon karena tidak setebal loyang khusus martabak supaya panas lebih merata. 

Untuk cara membuat martabak yang lebih lengkapnya, silahkan lihat disini:
Terimakasih sudah mampir, Semoga resepnya bermanfaat.

#martabak #terangbulan

Cara membuat semifreddo dessert box dari remahan wafer, dessert itali yang mirip es krim

    Kalo ngomongin dessert dari italia pasti langsung kepikiran sama tiramissu. Selain tiramissu, ternyata masih ada hidangan penutup dari italia yang ngga kalah enak loh! Nama hidangan penutup yang satu ini adalah semifreddo. Kalau kalian terjemahkan semifreddo menjadi bahasa inggris, artinya akan menjadi 'half cold'.  Sesuai namanya, rasanya mirip es krim tetapi lebih lembut lagi. Supaya ngga penasaran, langsung kita intip resep dan cara pembuatannya yuk!

Bahan-bahan semifreddo:
  • 130 gr wafer rasa karamel
  • 4 sdm susu cair
  • 500 ml whipping cream cair dingin 3/4 cup
  • 200 gr gula halus
  • 5 butir kuning telur
  • 1 sdt pasta vanilla
Bahan saus karamel :
  • 100 gr gula pasir
  • 50 ml air
  • 100 ml whipping cream cair
Resep yang mungkin kalian sukai:

Cara membuat semifreddo:
- Haluskan wafer dan aduk rata bersama susu cair.
- Padatkan remahan wafer ke wadah dessert box. simpan di freezer selama 15 menit agar set. 

- Kocok whipping cream hingga kaku dan sisihkan

- Panaskan panci berisi air kemudian siapkan mangkuk lebih besar dari panci. Masukkan kuning telur dan gula halus. Kocok dengan mixer sambil di tim (double broiler). Kocok kecepatan rendah hingga lembut sekitar 10 menit. 

- Setelah tekstur halus dan lembut, angkat mangkuk dan masukkan vanilla. Kocok sebentar sampai tercampur rata. 
- Campur dan aduk rata whipping cream bersama adonan yang sudah di tim tadi.  

- Saring untuk memastikan tidak ada adonan yang menggumpal atau bergerendil.
- Tuang ke wadah dessert box dan simpan difreezer 3 sampai 4 jam.

Cara membuat saus karamel: 
- Panaskan gula dan air dengan api kecil hingga menguap dan gula mengental agak kecoklatan. Pada tahap ini, jangan mengaduk gulanya.

- masukkan whipping cream cair dan aduk sampai tercampur rata. angkat dan dinginkan. Saus akan mengental ketika dingin. 

Saran penyajian
    Siramkan saus karamel di atas semifreddo yang sudah dibekukan dan hias dengan wafello karamel.

    Gimana gampang kan cara buatnya? Jangan khawatir kuning telurnya mentah, karna saat mengocok kuning telur kita lakukan sambil di tim ya! Dessert ini baik disimpan sampai satu minggu. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan lihat disini:

Terimakasih sudah mampir
#semifreddo #dessert #dessertbox #italia #wafer

RESEP 5 MENU LAUK SAHUR SIMPLE DAN CEPAT DENGAN BUMBU DASAR

   Assalamualaikum teman-teman Teteh! Semoga kalian selalu dalam kadaan baik. Sebelumnya Aku sudah pernah share resep bumbu dasar masakan yang wajib kamu stok! dan tak terasa besok kita sudah mulai menjalankan ibadah puasa. Jadi, kali ini aku akan share resep 5 menu lauk simple untuk sahur. Buatnya jadi lebih hemat waktu karena pakai bumbu dasar. 

    Untuk kalian yang belum sempet buat bumbu dasar ngga usah khawatir ya! Aku akan sertakan bahan untuk pengganti bumbu dasar. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan suci ramadhan dan jangan lupa bangun untuk makan sahur ya! 

Artikel yang mungkin kalian suka:

Pengganti bumbu dasar:
1 sdm bumbu dasar bawang bisa diganti dengan menghaluskan:
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • sejumput lada bubuk
Ini resep dan cara membuat lauknya;

1. RESEP SOP AYAM 
  • 2 sdm bumbu dasar bawang
  • 1 ruas jahe, digeprek
  • 300 gr ayam (bisa daging ayam, kerongkongan, ceker dll) 
  • 2 buah wortel
  • 5 lembar kol
  • 10 buah bakso
  • 1 buah tomat
  • 2 batang daun bawang
  • 1,5 liter air
  • 2.5 sdt garam
  • 2.5 sdt kaldu jamur
  • 1 batang daun seledri
Cara membuat:
Iris sayur dan bakso
    Sebelumnya, kupas wortel dan cuci bersih bersama kol dan tomat. Iris wortel, kol dan bakso sesuai selera kalian. Potong tomat menjadi 4 bagian. 
Panaskan bumbu
    Panaskan sedikit minyak dan bumbu dasar. Tumis bumbu dasar bawang hingga harum. Bumbu dasar bawang bisa kalian ganti dengan bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan dan diberikan sedikit lada bubuk.
Tumis ayam
    Cuci bersih ayam dan masukkan ke bumbu yang mulai harum. Tambahkan jahe dan tumis hingga ayam berubah warna. Tambahkan air dan masak hingga mendidih.
Masukkan sayur, bakso dan penyedap
    Saat airnya mendidih, tambahkan sayur dan bakso yang sudah dipotong, kaldu jamur dan garam. Masak hingga sayur layu.
Tambahkan bumbu lainnya
    Setelah sayurnya layu, tambahkan 1 batang daun seledri yang diikat simpul, tomat, potongan daun bawang, dan bawang goreng. Matikan api kompor dan sop ayam siap dihidangkan.
2. RESEP TUMIS BUNCIS TELUR
  • 30 buah baby buncis
  • 2 butir telur
  • 1 sdm bumbu dasar bawang
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm minyak
Cara membuat :
Potong bucis
    Cuci bersih buncis dan iris-iris serong. Disini aku menggunakan baby buncis karena rasanya lebih manis dibandingkan buncis yang besar.
Orak arik telur
    Panaskan minyak dan orak-arik telur diatas minyak yang sudah dipanaskan tersebut. Telur diorak-arik tanpa ditambahkan apapun. Orak arik sampai setengah matang dan sisihkan.
Masak bersama bumbu dasar dan buncis
    Panaskan minyak dan bumbu dasar bawang sebentar hingga tercium harum. Masukkan buncis dan aduk sebentar. Tambahkan telur yang sudah diorak-arik tadi dan aduk rata kembali. 
Tambahkan air dan bumbu
    Setelah telur dan buncis diaduk rata sebentar, tambahkan kaldu jamur, kecap asin, saus tiram, dan air. Masak hingga buncisnya layu.
3. RESEP TUMIS SAWI BAKSO
  • 1 sdm bumbu dasar bawang
  • 2 buah cabe
  • 10 lembar sawi putih
  • 7 buah bakso
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt garam
Cara membuat:
Cuci sayur
    Cuci bersih sawi yang akan kita gunakan. Agar sayur lebih bersih, tidak ada ulat yang tertinggal dan menghilangkan pestisida yang masih menempel di sayur, Rendam sayur diair hangat dan garam selama 10 menit. Bilas hingga bersih

Potong sayur, bakso dan cabai
    Potong sawi dan bakso sesuai selera. Disini aku iris bakso menjadi 3 sampai 4 irisan. Baksonya bisa kalian ganti dengan ayam, tahu atau bahan lainnya sesuai selera kalian. 
Tumis bumbu dasar, cabai dan bakso
    Panaskan bumbu dasar bawang dan tumis bersama cabai yang sudah diiris. Setelah bumbu dasarnya harum dan irisan cabai mulai layu, masukkan irisan bakso. 
Tambahkan sayur dan bumbu yang belum digunakan
    Tambahkan sawi, kaldu jamur dan garam saat baksonya sudah setengah matang. Tumis sebentar lalu kecilkan api dan tambahkan air. Masak sebentar hingga sawi sedikit layu. Tambahkan saus tiram dan tumis hingga bumbunya meresap. Angkat dan tambahkan bawang goreng supaya lebih menarik.
4. RESEP BALADO TERONG TERI
  • Minyak secukupnya
  • Segenggam teri medan
  • 2 buah terong ungu
  • 2 sdm bumbu dasar merah
  • 1 sdt kaldu jamur
Cara membuat:
Potong terong
    Sebelumnya, cuci bersih terong yang akan kita gunakan. Buang kedua ujungnya. Potong terong menjadi 2 bagian dan belah setiap bagiannya menjadi 4 bagian.
Goreng terong
    Panaskan minyak secukupnya. Goreng potongan terong hingga setengah matang dan tiriskan.
Goreng teri
    Dengan minyak bekas menggoreng terong tadi, Goreng teri medan yang sudah di cuci sebelumnya. Goreng hingga teri matang dan tiriskan. Jenis terinya bisa kalian ganti sesuai dengan selera kalian.
Tumis semua bahan
    Panaskan bumbu dasar merah hingga harum dan bumbunya tidak menggumpal. Tumis bersama terong hingga matang. Tambahkan teri dan aduk rata sebentar. Angkat dan taburkan bawang goreng.
5. RESEP SEMUR TELUR CEPLOK
  • 7 butir telur
  • 2 sdm bumbu dasar putih
  • 2 lembar daun salam
  • 3 buah cabe rawit belah 2
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 300 ml air
Cara membuat:
Masak telur
    Buat telur ceplok di minyak yang sudah dipanaskan. Masak sampai telurnya setengah matang.
Aku pakai cetakan supaya bulatannya cantik
Buat kuah dan masak bersama telur
    Panaskan bumbu dasar putih dan daun salam. Setelah bumbu dasarnya harum, tambahkan air, kaldu jamur, garam , kecap manis dan pala bubuk. Aduk rata dan didihkan. Setelah mendidih, masukkan cabe rawit dan telur. Masak hingga bumbu meresap dan kuahnya menyusut.
    Itu dia kelima resep masakan simple yang bisa kamu buat cepat dengan bumbu dasar. Untuk Video Lengkapnya, silahkan lihat di sini ya : 






1 RESEP JADI 5 KUE KERING UNTUK LEBARAN

    Assalamualaikum teman-teman teteh! Kali ini aku akan share resep kue kering spesial. Yang membuat resep ini spesial adalah satu resep ini bisa dibuat menjadi 5 macam kue kering yang berbeda yaitu nastar wafer, Bola-bola coklat, Putri salju, strawberry thumbprint cookies dan banana cookies
    Wah aku seneng banget karena ngga usah cape-cape buat adonan sampai 5x. Ini sih bisa hemat waktu banyak banget. Adonan ini juga bisa kalian simpan dulu di kulkas dan dibuat keesokan harinya! Simak resep dan cara membuatnya disini! Untuk tipsnya bisa kalian lihat dibagian akhir.

Bahan-bahan kue kering :
  • 1 kg gr tepung terigu protein sedang
  • 120 gr tepung maizena  
  • 600 gr margarin/mentega (aku pakai blueband cake n cookie) 
  • 4 butir kuning telur  
  • 400 gr gula halus  
  • 80 gr susu bubuk  
Bahan olesan :
  • 1 Kuning telur
  • 1 sdt kental manis
  • 1 sdt minyak
Semua bahan olesannya cukup dicampur dan diaduk rata.
Cara membuat adonan kue kering :
Kocok margarin, gula halus dan kuning telur.
    Mixer margarin dan gula halus dengan kecepatan rendah kurang lebih selama satu menit atau sampai lembut. Setelah tekstur margarin dan gulanya menjadi lembut, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dimixer hingga tercampur rata. Kuning telur berperan untuk agar kue kering tidak keras. 


Tambahkan bahan kering
    Campur dan aduk rata tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Tambahkan campuran bahan kering tersebut ke margarin yang sudah dikocok tadi. Masukkan bertahap sambil disaring agar tidak ada butiran kasar yang tertinggal. Aduk dengan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Maizena dan susu bubuk berfungsi agar kue keringnya renyah dan beraroma.

Bagi dan istirahatkan adonan 
    Bagi adonan menjadi 5 bagian sama rata. Bungkus adonan dengan plastik wrap atau letakan adonan di wadah tertutup. Diamkan dikulkas selama 30 menit dengan tujuan adonan lebih mudah dibentuk dan tidak mudah hancur saat dipanggang. 

    Nah 5 bagian ini akan kita buat menjadi 5 kue kering berbeda. Berikut ini cara membuat masing-masing kue keringnya!


1. NASTAR WAFER
Bahan tambahan :
  • 1 bungkus Wafer 
  • Keju parut secukupnya 
Cara membuat nastar wafer :
Pipihkan adonan
    Masukkan adonan ke zipper bag dan gilas tipis adonan. Adonan digilas dengan dilapisi plastik agar hasilnya lebih mulus dan merata.

Tambahkan wafer
    Selimuti wafer dengan adonan yang sudah dipipihkan. Potong-potong adonan sesuai selera. 

Panggang dan beri olesan
    Tata nastar wafer diatas loyang yang sudah dialasi baking paper atau dioles tipis margarin. Panggang dengan suhu 150°C sampai setengah matang atau sekitar 15 menit. Olesi nastar yang sudah dipanggang setengah matang dengan olesan yang sudah kita buat tadi. Oles 2 sampai 3 olesan agar hasilnya lebih cantik. Tambahkan topping keju dan panggang kembali dengan suhu 140°C sampai matang.

2. BOLA-BOLA COKLAT
Bahan tambahan :
  • 120 gr Dark chocolate
  • 45 gr white chocolate
Cara membuat bola-bola coklat:
Bulatkan adonan
    Bagi adonan dengan berat masing-masing 10 gram agar hasilnya sama. Bulat-bulatkan adonan dan pastikan tidak ada bagian yang retak. Tata adonan yang sudah bulat di loyang.

Panggang
    Panggang bola-bola dengan suhu 140°C selama 35 menit. Gunakan api atas bawah dengan posisi blower yang menyala. Sesuaikan waktu memanggang dengan karakteristik oven masing-masing.

Lelehkan coklat 
    Masukkan coklat yang sudah di potong-potong ke wadah yang mudah mengahantarkan panas. Letakan wadah yang berisi coklat di atas panci berisi air yang sudah dididihkan (kompor sudah dalam keadaan mati). Tim sampai coklatnya meleleh. Metode melelehkan coklat ini biasa dikenal dengan teknik double boiler.

Hias bola-bola
    Celupkan cookies ke coklat dan lakukan hingga habis. Beri motif dengan lelehan coklat putih yang dimasukkan ke plastik segitiga. Tunggu coklat mengering.

3. PUTRI SALJU
Bahan tambahan :
  • Gula halus secukupnya
  • Gula donat secukupnya
Gilas dan cetak adonan
    Masukkan adonan ke zipper bag dan gilas tipis adonan. Taruh cetakan ditepung dan cetak sesuai selera. Tata adonan yang sudah dicetak di loyang yang sudah dioles tipis margarin dan dialasi baking paper. Cetakan dibubuhkan tepung terigu terlebih dahulu agar kue mudah dikeluarkan.

Panggang
    Panggang di oven yang sudah dipanaskan. Panggang kue dengan suhu 140°C selama 20-25 menit.

Gulingkan di gula dan tata
    Selagi masih hangat, Gulingkan kue ke gula halus. Gulingkan semuanya hingga terbalur rata dan dinginkan. Setelah dingin, taburkan gula donat dan tata di toples.

4. STRAWBERRY THUMBPRINT COOKIES
Bahan tambahan : Selai strawberry

Bentuk adonan
    Bagi adonan dengan berat masing-masing 15 gr. Bulat-bulatkan dan pipihkan adonan yang sudah dibagi. Tata di loyang dan beri jarak agar tidak saling menempel. Beri cekungan dibagian tengah dengan jempol atau dengan sendok takar agar bentuknya lebih cantik.

Panggang
    Panggang di dalam oven dengan suhu 150°C selama 15 menit hingga setengah matang. Gunakan api atas bawah dan blower tetap dinyalakan.

Beri olesan dan selai
    Tekan cekungannya lagi karena bagian cekungan cookies akan naik saat setengah matang. Olesi bagian pinggir cekungan dengan olesan yang sudah kita buat. Pindahkan selai strawberry ke plastik segitiga. Beri selai di cekungan cookies.

Panggang
    Panggang kembali dengan suhu 150° api atas bawah. Panggang hingga cookies-nya matang. Dinginkan dan tata di toples.

5. BANANA COOKIES
Bahan tambahan :
  • 50gr Dark coklat
  • 350 gr Coklat rasa pisang
Bentuk adonan
    Masukkan adonan ke zipper bag dan gilas tipis adonan. Cetak dengan cetakan kastangel agar ukurannya sama. Taruh cetakan ditepung sebelum adonan dicetak. Bentuk dan bengkokkan sedikit sampai bentuknya mirip dengan pisang.

Panggang
    Tata di loyang dan panggang suhu 140° selama 20-25 menit. Angkat dan dinginkan. 

Lelehkan coklat
    Masukkan coklat yang sudah di potong-potong ke wadah yang mudah mengahantarkan panas. Letakan wadah yang berisi coklat di atas panci berisi air yang sudah dididihkan (kompor sudah dalam keadaan mati). Tim sampai coklatnya meleleh.

Hias
    Ambil cookies yang sudah dipanggang dan celupkan ke coklat pisang. Tata di cooling rack  dan tunggu coklat mengering. Beri guratan dengan lelehan coklat dark agar terkesan mirip pisang. Lakukan hingga selesai dan dinginkan. 
 
Tips :
- Jika menggunakan butter, butter sebaiknya dalam kondisi dingin karena butter memiliki titik leleh rendah. Untuk mengurangi adonan agar tidak bleber, sebaiknya butter dalam kondisi dingin. 
- Waktu maksimal mengocok butter dan gula adalah 2 menit.
- Kue putri salju di tabur gula halus selagi masih panas, jangan tunggu kuenya dingin karena gulanya tidak akan menempel. 
- Jika kalian mencetak kue putri salju dan banana cookies dengan cetakan, cetakan ditabur tepung terigu terlebih dahulu supaya mudah dikeluarkan. 
- Adonan dibungkus plastik dan disimpan dalam kulkas 30 menit Supaya mudah dicetak. 
- Supaya tahan lebih lama, tepung bisa disanggrai terlebih dahulu.

    Itu dia kelima cara membuat kue kering dari adonan yang sama. Untuk cara membuat yang lebih jelas, silahkan lihat disini:
Terimakasih sudah mampir
#cookies #kuelebaran #kuekering #idulfitri #baking