April 2018 ~ Asahid TehYung Tutorial

Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju

Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju


Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Bagi kaum muslim, kurma merupakan menu sunnah yang selalu ada saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma juga baik untuk kesehatan. Tak heran jika kurma disukai oleh berbagai kalangan dan berbagai usia.

Banyak sekali kreasi yang bisa kita buat dengan kurma, salah satunya adalah kurma yang dikreasikan dengan coklat. Ya, kali ini asahidtehyung akan membagikan cara lengkap membuat kurma cokelat isi mede dan keju. Dijamin kamu ngga akan bosan untuk mencicipi kreasi kurma yang satu ini. Mungkin jika tetanggamu mencicipinya, mereka akan tertarik untuk memesan kurma cokelat buatanmu.

Nah, berikut ini adalah resep dan cara lengkap membuat kurma cokelat isi mede dan keju yang akan asahidtehyung bagikan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kurma cokelat isi mede dan keju:


  • 500 gram kurma.
  • Kacang mede secukupnya (sebelumnya sudah disangrai/oven/goreng).
  • 250 gram DCC (cokelat batangan). Kali ini aku menggunakan cokelat merk colatta.
  • 250 gram cokelat putih ( untuk topping ).
  • Keju parut secukupnya.

Cara membuat kurma cokelat isi mede dan keju:
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuang biji yang terdapat pada 500 gram kurma dengan cara membelahnya satu persatu.

Setelah itu, masukkan isian pada kacang mede yang telah dibuang bijinya. Isian bisa berupa kacang mede, keju parut, atau campuran kacang mede yang telah dicincang kasar dan keju parut.

Langkah berikutnya, masukkan potongan cokelat batangan ke wadah stainless steel.

Kemudian, panaskan air hinga mendidih. Tim cokelat yang telah dimasukkan ke dalam stainless steel hingga meleleh/mencair. Setelah cokelat meleleh jangan lupa untuk mematikan kompor ya ^_^ .
Selanjutnya, celupkan kurma yang telah diberi isian kedalam lelehan cokelat tadi. Lalu tiriskan sampai cokelat mengeras.

Sambil menunggu lelehan cokelat pada kurma mengeras, kita siapkan topping-nya yaitu lelehan cokelat putih. Berbeda dengan proses melelehkan DCC (cokelat batangan), proses melelehkan cokelat putih tidak langsung di Tim saat air mendidih, cukup air panas biasa (hal ini bertujuan agar cokelat putih tidak menggumpal).
Kemudian, masukkan lelehan cokelat putih ke dalam plastik segitiga.

Sekarang waktunya menghias. Semprotkan cokelat putih dengan membentuk zig-zag di bagian atas kurma (jika tidak ada cokelat putih. Topping bisa juga digantikan dengan sprinkle yang langsung ditaburkan diatas kurma cokelat).

Tunggu cokelat sampai mengeras. Gunakan papper cup sebagai kemasan/alasnya.
Taraaaa! kurma cokelat isi mede dan keju siap disajikan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju berikut ini:

Cara Membuat tiramisu simple no baked

RESEP TIRAMISU SIMPLE NO BAKED


Kali ini asahidtehyung mau kasih tau kalian cara buat kue khas italia dengan taburan kakao diatasnya dan memiliki tekstur yang lembut dengan rasa keju dan kopi yang kuat. Yupp dessert yang satu ini pasti udah ngga asing dikuping kalian, biasanya dessert ini kita kenal dengan nama tiramisu. Menurutku tiramisu ini cocok banget buat kalian yang suka dessert dengan rasa yang tidak terlalu manis.

Tiramisu ini termasuk dessert yang populer di beberapa negara loh, tidak terkecuali dengan negara Indonesia. Resep yang akan asahidtehyung bagikan ini termasuk resep ekonomis jadi resep ini bisa juga jadi alternatif buat kalian yang ingin berjualan. Berikut ini resep tiramisu simple yang akan asahidtehyung bagikan ^_^ .

Bahan-bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Tiramisu Simple no Baked:



  • 250 gr cream cheese.
  • 250 gr keju mascarpone.
  • 100 gr whippingcream bubuk (bisa pake merk apa aja. Disini aku pake merk Haan).
  • 1 bungkus monde eggdrops biscuits.
  • 1 gelas kopi yang telah diseduh dengan 100 ml air (kopinya sesuai selera ya. Aku pake kopi bubuk instan merk nescafe).
  • 200 ml air es.
  • 3 sachet SKM dingin (sebelumnya sudah dimasukan ke lemari es).
  • Coklat bubuk secukupnya.

Cara Membuat Tiramisu Simple no Baked:
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mixer whippingcream bubuk dengan 200 ml air es menggunakan kecepatan tinggi hingga mengembang kaku (mixer selama kurang lebih 3 menit).
Setelah mengembang kaku, matikan mixer sebentar dan tambahkan SKM dingin dan 250 gr keju mascarpone (jika di dalam kemasan terdapat air, buang airnya terlebih dahulu) lalu mixer sebentar dengan kecepatan rendah.

Kemudian matikan mixer sebentar, tambahkan 250 gr cream cheese dan mixer kembali adonan dengan kecepatan rendah, mixer sebentar saja. Setelah diaduk menggunakan mixer, aduk sebentar dengan spatula untuk memastikan bahwa adonan benar-benar sudah tercampur rata.

Masukan adonan cream yang telah dibuat ke dalam plastik segitiga dengan tujuan untuk mempermudah kita saat menyemprotkan cream ke wadah/pirex.

Selanjutnya, celupkan monde eggdrops biscuits ke dalam kopi yang telah disiapkan lalu langsung disusun di wadah/pirex. Kemudian, semprotkan cream di atas susunan eggdrops biscuits dan taburkan coklat bubuk di atas cream yang telah disemprotkan (ulangi langkah ini sampai wadah/pirex terisi penuh).
Tiramisu siap untuk disajikan. Selamat mencoba dirumah ya.

*Saran penyajian : simpan dalam lemari es sebelum disajikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video Cara Membuat Tiramisu Simple no Baked  berikut ini ya :



Cara Membuat Es Kepal Milo Viral

Resep Es Kepal Milo


Es kepal milo lagi viral nih sekarang, jadi banyak juga yang request ke asahidtehyung untuk membuat es kepal milo. Berbekal rasa penasaran dan karena banyaknya juga yang request, asahidtehyung coba buat sendiri es kepal milo. Ternyata benar lho rasanya enak apalagi kalo dinikmati di siang hari di cuaca panas. Yummy !

Es kepal milo ini awalnya berasal dari negara tetangga kita yaitu di malaysia dan sekarang lagi booming sekali di indonesia. Dengan harga yang lumayan mahal tapi seimbang ketika kita mencoba bagaimana rasanya. Memang terlihat biasa saja dari bahan - bahan dan proses pembuatannya juga tidak sulit bahkan sangat mudah. Tapi, ngga ada salahnya yang belum mencoba ikutan mencoba membuat sendiri di rumah. Hehehe edisi emak - emak irit.

Nah, ini dia nih resep es kepal milo yang akan asahidtehyung bagikan. Jangan lupa disimak dan dicatat resepnya ya.


Bahan Es Kepal Milo :
- Es batu secukupnya

Bahan Saus Coklat Es Kepal Milo :
- 300 gr susu bubuk milo
- 1 kaleng susu kental manis
- 1 sdm penuh cokelat bubuk
- 50 ml susu uht cokelat

Cara Membuat Saus Coklat Es Kepal Milo :
Campurkan semua bahan es kepal milo. Kemudian mixer dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur rata. sisihkan.

Serut es batu secukupnya hingga halus menggunakan serutan es. Jika tidak punya alat serutan es, bisa menggunakan blender dengan ditambahkan sedikit air.

Kepal - kepal es batu yang sudah diserut hingga padat dan berbentuk bulat seperti bola. Kemudian siramkan saus milonya.

Tambahkan topping di atasnya seperti kacang yang sudah ditumbuk, susu bubuk milo dan oreo atau bisa juga sesuai selera. Es kepal milo siap untuk disajikan. Selamat mencoba ya.

Jika masih kurang jelas penjelasan di atas, silahkan lihat video Cara Membuat Es Kepal milo berikut ini ya :

Cara Membuat Salad Buah Segar

Resep Membuat Salad Buah

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep salad buah. Siapa nih yang suka dengan salad buah ? rasanya yang segar dan sedikit asam membuat banyak orang menyukainya apalagi dinikmati saat siang hari di cuaca yang cerah dan panas. Hmmm, Yummy!.

Salad buah akan semakin nikmat jika sebelum dinikmati disimpan terlebih dahulu ke kulkas.
Bahan - bahan dan cara membuatnya juga sangat mudah lho bunda siapapun pasti bisa membuatnya.
Langsung saja asahidtehyung bagikan resep membuat salad buahnya.

Bahan Utama Salad Buah :

- Siapkan buah - buahan yang akan dibuat salad. Disini asahidtehyung menggunakan buah melon, nanas, pepaya, peer dan apel pokoknya sesuai selera aja ya.
- Potong kecil - kecil buah sesuai selera
- Untuk potongan buah apel dan peer di rendam sebentar di air garam agar warnanya tidak kusam nantinya.

Bahan Saus Salad Buah :

-500 gr mayonaise
- 225 gr Susu kental manis
- 100 ml cimory

Cara Membuat Salad Buah :

- Campurkan semua bahan saus saladnya dan aduk rata.
- Agar lebih menarik tambahkan dengan nata de coco atau bisa juga pakai jelly yang dipotong - potong.
- Campurkan nata de coco tanpa airnya dengan buah - buahan yang sudah di potong tadi.

- Tata buah - buahan dan nata de coco di wadah yang sudah dipersiapkan.
- Siramkan deh saus saladnya.

Tadaaaa jadi deh Makanan Segar Plus Sehat.

Selamat mencoba semoga berhasil !

Jika ingin melihat langkah - langkah membuat salad buah yang segar ini, silahkan lihat videonya berikut ini ya :

Cara Membuat Hotang ( Hotdog Kentang )

Resep Hotang 

Awalnya cemilan hotang ini booming di korea jajanan pinggir jalan tapi rasanya enak banget lho. Kebetulan sekali ini juga spesial request dari teman - teman dan request adik juga. Setelah beli semua bahan - bahannya jadi deh si hotang ala - ala korea hehe.

Cara membuatnya mudah banget ko dan jika masih penasaran bagaimana langkah - langkah cara membuat hotangnya, asahidtehyung bagikan resepnya ya. Jangan lupa untuk disimak dan dicatat. Ok selamat mempraktekkan di rumah ya bun.

Bahan Membuat Hotang  ( Hotdog Kentang ) :

>> Bahan Utama Hotang :
- 6 buah sosis atau lebih juga boleh ditusuk dengan tusukkan sate
- Kentang beku secukupnya  Potong - potong sesuai selera 
  ( bisa kotak kecil - kecil atau memanjang ) 

>> Bahan Pencelup Hotang ( Hotdog Kentang ) :

- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 3 sdm tepung maizena 
- 1 butir telur ayam
- 1/2 sdt baking powder
- 1/4 sdt garam halus
- 1/4 sdt kaldu instan bubuk
- 1 sdt bawang putih bubuk
- 100 ml susu cair

Cara Membuat Bahan Pencelup Hotang ( Hotdog Kentang ) :

Campurkan semua bahan pencelup hotang kecuali susu cair. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan susu cair sedikit - sedikit sambil terus diaduk hingga mengental. Jangan sampai keenceran ya.

Pindahkan adonan pencelup hotang ke dalam gelas panjang untuk mempermudah melumuri sosis.

Celupkan sosis yang sudah ditusuk dengan tusuk sate tadi ke adonan pencelup hingga adonan menyelimuti sosis.

Tempelkan potongan kentang yang sudah dipotong kotak kecil tadi. Kepal - kepal dengan tangan supaya potongan kentang bisa menempel dengan sempurna.

Kemudian goreng hotang di minyak panas yang banyak hingga hotang terendam. Tunggu hingga hotang berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Agkat dan tiriskan.

Tambahkan saus sambal dan mayonnaise atau sesuai selera. Hotang siap untuk disajikan. Selamat mencoba di rumah ya.

Jika masih penasaran dan belum mengerti proses pembuatannya, silahkan lihat video cara membuat hotang ( Hotdog Kentang ) berikut ini :