March 2018 ~ Asahid TehYung Tutorial

Cara Membuat Kremes Ubi

Resep Kremes Ubi


Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep kremes ubi atau banyak juga yang bilang kue carang mas. Siapa nih yang suka jajanan tradisional ini ? kalo aku sendiri dari kecil suka banget lho bun sama kremes ubi ini.

Kremes ubi atau kue carang mas ini sepertinya sudah mulai langka sehingga agak susah ditemukan jadi untuk mengobati rasa kangen sama kue carang mas ini aku buat sendiri dan silahkan bunda coba juga praktekkan di rumah ya.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana cara membuat kremes ubi atau kue carang mas, silahkan simak dan catat resep membuat kremes ubi berikut ini ya, jangan lupa siapkan alat dan bahannya juga ya.


Alat Membuat Kremes Ubi :


· Pisau


· Parutan


· Wadah


· Saringan


· Wajan


Bahan Membuat Kremes Ubi :


· 250 gr Ubi


· 1 sdt garam


· 100 gr gula merah


· 800 ml air


Cara Membuat Kremes Ubi :

Pertama - tama kupas ubi menggunakan pisau dan serut tipis memanjang seperti korek api menggunakan parutan.

Langkah selanjutnya, masukkan garam dan air ke dalam wadah berisi ubi yang telah diserut.
aduk hingga benar - benar tercampur rata. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, Tujuannya agar garamnya lebih menyerap dan lebih terasa garamnya.

Saring dan tiriskan ubi yang telah direndam selama 30 menit tadi menggunakan saringan.
Setelah itu, panaskan miyak di dalam wajan.

Setelah minyak sudah mulai panas masukkan ubi ke dalam wajan dan goreng ubi di dalam minyak panas sampai kering dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan yang menandakan ubi sudah matang. Jangan lupa untuk terus di aduk - aduk agar ubi tidak gosong.


Jika warnanya sudah kuning kecoklatan, selanjutnya masukkan gula merah ke dalam wajan yang berisi ubi. Biarkan hingga gula merah meleleh. Aduk rata hingga semua ubi terlumuri oleh gula merah. Jika sudah tercampur rata, angkat ubi lalu tiriskan. Tunggu hingga uap panas nya hilang .

Jika uap panasnya sudah hilang, langsung bentuk kremes ubi sesuai selera bisa juga berbentuk
bulat - bulat. Proses pembentukkan ini harus cepat karena, jika tidak segera dibentuk nantinya kremes sulit untuk dibentuk dan ambyar. Pembuatan kremes ubi selesai. Kremes ubipun siap untuk disajikan.
selamat mencoba ya.

Jika masih kurang dimengerti dari penjelasan di atas, silahkan lihat video Cara Membuat Kremes Ubi di bawah ini ya :

Cara Membuat Oreo Cheesecake Lumer

Resep Oreo Cheesecake Lumer

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep oreo cheesecake lumer. Oreo cheesecake lumer ini sempat viral sehingga banyak yang sudah mencobanya. Rasanya yang enak dan cara membuatnya yang begitu mudah membuat siapapun menyukainya jadi cocok banget nih buat dimakan bersama keluarga tercinta bahkan bisa juga untuk dijual.

Oreo cheesecake lumer ini merupakan salah satu kesukaan faqih lho karena rasanya emang enak banget udah gitu bahannya ekonomis. Rasa oreo cheesecake lumer ini akan semakin nikmat jika didinginkan di kulkas terlebih dahulu sebelum menikmatinya.Jadi, yang masih belum mencoba dan penasaran bagaimana rasanya, silahkan simak dan catat resep oreo cheesecake lumer berikut 
ini ya.

Bahan Membuat Oreo Cheesecake Lumer :

" 2 bks susu real good creamcheese ukuran 150 ml

" 2 bks santan instan ukuran 65 ml

" 4 sachset Susu kental manis vanilla

" 4 sdm gula pasir

" ¼ sdt garam

" 4 sdm susu bubuk

" 175 gr keju parut

" 4 sdm tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air 100 ml

" 15 keping oreo tanpa cream, hancurkan sampai halus

" 600 ml air

Cara Membuat Oreo Cheesecake Lumer :

Pertama - tama siapkan wajan Setelah itu , campurkan susu bubuk, keju parut, susu kental manis vanilla, santan instan, susu real good creamcheese, gula pasir, garam dan yang terakhir air.

Masak semua bahan yang telah dimasukkan ke dalam wajan dengan api kecil sambil terus
diaduk - aduk sampai tercampur rata dan larut serta agak mendidih.

Setelah semua tercampur rata dan mulai mendidih, selanjutnya masukkan tepung maizena yang
telah dilarukan dengan 100 ml air. Aduk hingga benar - benar mendidih. Jika sudah mendidih , matikan api kompornya.

Langkah selanjutnya siapkan wadah atau gelas. Masukkan larutan cheese yang tadi sudah dimasak sampai mendidih. Masukkan sesendok demi sesendok secara bergantian antara larutan cheese dengan oreo yang telah dihancurkan dan dihaluskan.

Jika sudah selesai, beri topping bagian atas Oreo Cheesecake sesuai selera bisa dengan chocochips, keju parut, meisses dan lain sebagainya sesuai selera masing - masing. Pembuatan oreo cheesecakepun selesai dibuat dan siap untuk disajikan. Mudah sekali bukan ?

Jangan lupa untuk dicoba di rumah yah , semoga berhasil dan semoga keluarga di rumah suka.
Sekian dari Asahid dan Tehyung semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk ikutin terus resep - resep lainnya ya.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Oreo Cheesecake Lumer ini ya.



Cara Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang

Resep Bolu Tape


Kali ini karena banyak request bolu tape dari teman - teman jadi asahidtehyung akan membagikan resep bolu tape. Bolu tape yang akan asahidtehyung bagikan kali ini tanpa bahan pengembang ya, tapi untuk rasanya tetap enak ko jadi cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Agar rasa dari bolu tapenya enak gunakan tape yang tidak keras dan manis rasanya ya karena, jika rasa tapenya asam dijamin bolu tapenya jadi ngga enak rasanya. Sayang banget kan. Tape yang asahidtehyung gunakan yaitu jenis tape mentega, ngga sengaja pas di minimarket lihat tape mentega jadi penasaran ingin mencoba ternyata enak juga dijadikan bolu tape.

Nah, yang penasaran bagaimana cara membuatnya, silahkan disimak resep membuat bolu tape tanpa pengembang berikut ini ya bunda.

Bahan Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang :
- 175 gr tepung terigu, ( aku pakai kunci biru )
- 200 gr gula pasir
- 200 gr tape yang dihaluskan
- 4 butir telur ayam
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 150 gr mentega
- 50 gr keju parut

Cara Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang :
Siapkan loyang tulban ukuran 23 cm. Oles loyang dengan bahan oles loyang yang terdiri dari 1 sdm terigu + 1 sdm minyak + 1 sdm margarin, aduk rata kemudian oleskan ke seluruh permukaan loyang. Sisihkan.

Kocok gula pasir dan mentega menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga putih dan lembut sekitar 3 menit atau sesuai mixer masing - masing. Masukkan vanili, kocok hingga rata. 

Kemudian, masukkan telur satu persatu. Pastikan telur tercampur dulu sebelum menambahkan telur berikutnya. Kocok terus hingga mengembang dan kental.

Turunkan kecepatan mixer ke yang paling rendah, masukkan tepung terigunya. Masukkan tape yang sudah dihaluskan mixer lagi namun dengan kecepatan tinggi. kocok hingga rata sebentar saja ya.

Matikan mixer, kemudian tuangkan keju parut aduk rata dengan spatula. Tuangkan adonan ke cetakan yang sudah dioles bahan olesan. Beri topping sesuai selera. Kukus selama 45 menit dengan api kecil cenderung sedang atau bisa juga dioven dengan suhu 175 derajat, api atas bawah dan waktunya 45 menit atau sesuai oven masing - masing.

Angkat dan keluarkan bolu tape yang sudah matang. Tunggu hingga dingin, potong - potong  dan bolu tape siap untuk disajikan.

Jika masih kurang jelas penjelasan di atas silahkan lihat langsung tutorial cara pembuatannya di video Cara Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang berikut ini ya :

Cara Membuat Bolu Roma Biskuit Kelapa

Bolu Roma Biskuit Kelapa

Pas hari minggu kemarin karena suami lagi libur jadi tehyung ingin membuat bolu yang simple saja yaitu bolu dari roma biskuit kelapa. sebelumnya tehyung juga membagikan resep cake milo 3 bahan dan cake oreo 2 bahan yang cukup simple dan mudah serta bahannya juga sangat mudah sekali didapat.

Bolu roma biskuit kelapa ini juga tidak kalah enak dari cake oreo dua bahan dan cake milo 3 bahan.
Cara membuatnya yang mudah bisa jadi alternatif buat bunda - bunda yang lagi bingung cari cemilan untuk teman ngopi atau ngeteh. Simak dan catat resep roma biskuit kelapa berikut ini ya bunda.

Bahan Bolu Roma Biskuit Kelapa :
- 2 bungkus besar roma biskuit kelapa, ukuran @300 gram
- 600 ml air
- 220 gr susu kental manis
- 1 sdt baking soda
- pasta pandan secukupnya
- 1 sdt coklat bubuk

Cara Membuat Bolu Roma Biskuit Kelapa :
Buka 2 bungkus roma biskuit kelapa kemudian tuangkan ke wadah yang cukup besar. Siram biskuit roma kelapa dengan air. Tunggu hingga biskuit menjadi lunak dan tambahkan susu kental manis. Hancurkan biskuit dengan whisker atau sendok hingga biskuit menjadi halus dan lembut.

Bagi adonan menjadi 2 bagian. Adonan pertama diberi coklat bubuk dan adonan kedua diberi pasta pandan. Aduk rata.

Tambahkan 1/2 sdt baking soda pada adonan coklat kemudian segera kukus di kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga mendidih. Kukus selama 15 menit. Jangan lupa tutup kukusan dialasi serbet atau kain agar tidak ada uap air yang menetes ke adonan.

Setelah adonan coklat dikukus 15 menit, kemudian tambahkan 1/2 sdt baking soda pada adonan yang diberi pasta pandan. Tuangkan di atas adonan coklat yang sudah dikukus selama 15 menit. Kukus lagi selama 30 menit atau hingga matang dengan api kecil cenderung sedang.

Angkat bolu yang sudah matang dari kukusan. Tunggu hingga dingin baru keluarkan dari loyang. Bolu roma biskuit kelapa siap disajikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tutorial lengkapnya di video Cara Membuat Bolu Roma Biskuit Kelapa berikut ini ya :

Cara Membuat Kue Apem Nasi yang Lembut

Resep Apem Nasi 

Siapa nih yang di rumah selalu ada nasi sisa setiap harinya ? Wah pasti pusing ya bunda mau diapakan nasinya. Sebenarnya nasi bisa diolah jadi aneka olahan makanan lainnya lho. Sebelumnya, asahidtehyung pernah membagikan resep dari nasi juga yaitu nugget nasi.

Untuk resep yang akan asahidtehyung bagikan kali ini adalah kue apem nasi yang lembut. Kue apem nasi ini bisa jadi alternatif buat anak - anak yang lagi susah makan atau lagi ngga mau makan nasi. Dijadikan teman ngopi atau ngeteh juga enak lho bun apalagi dimakan hangat - hangat sama taburan kelapa parut, sayang di rumah lagi ngga ada kelapa parut.

Satu resep jadinya bisa dapat lumayan banyak, sekitar 30 buah jadi bisa dibagikan ke tetangga juga. Apem nasi ini bisa juga disajikan untuk acara arisan, pengajian atau sekedar ngumpul bersama keluarga tercinta. Langsung aja ya disimak resep kue apem nasi yang lembut berikut ini.

Bahan Membuat Kue Apem Nasi yang Lembut :
- 150 gr nasi
- 220 gr gula pasir
- 100 gr tepung beras
- 100 gr tepung terigu
- 500 ml santan,sudah dimasak hingga mendidih
- secubit vanili
- secubit garam halus
- 1 sdm ragi instan
- pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Kue Apem Nasi yang Lembut :
Blender nasi, gula pasir dan santan hingga halus, lembut dan tercampur rata. Setelah diblender halus, kemudian angkat dan tuangkan ke wadah.

Campurkan semua bahan menjadi satu dan tuangkan ke wadah yang sudah berisi nasi yang diblender tadi. Aduk rata.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian beri pewarna makanan atau pasta sesuai selera. Tutup dan diamkan adonan selama 1 jam.

Setelah 1 jam, aduk rata adonan kemudian tuangkan ke cetakan yang sudah dioles tipis dengan minyak.

Tata kue apem nasi yang belum matang di kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga mendidih. Kukus selama 15 menit atau hingga matang dengan api kecil cenderung sedang.

Angkat kue apem nasi yang sudah matang. Kue apem nasi siap disajikan, selamat mencoba ya.
Jika masih belum jelas penjelasan dari asahidtehyung ini silahkan lihat video cara membuat kue apem nasi yang lembut di bawah ini ya :

Cara Membuat Martabak Manis Teplon Tanpa Telor

Resep Martabak Manis

Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep martabak teplon tanpa telur. Sebelumnya asahidtehyung juga membagikan resep martabak mini tanpa telur dan tanpa ragi, resepnya silahkan lihat di sini ya.

Meskipun tanpa telur, martabak teplonnya tetap lembut dan bersarang jadi jangan lupa dicoba ya pasti keluarga di rumah suka. Cara membuat martabak teplon ini juga tidak sulit ko dan bahannya pun mudah didapat. Silahkan simak dan catat resep membuat martabak teplon tanpa telur berikut ini ya.

Bahan Membuat Martabak Manis Teplon Tanpa Telor :
- 300 gr tepung terigu protein sedang, contoh : segitiga biru
- 3 sdm gula pasir
- 2 sdm mentega, dicairkan
- 500 ml air
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- pasta pandan
- pewarna hijau
- 1/4 sdt garam halus
- 1 sdm air untuk melarutkan baking soda dan baking powder


Cara Membuat Martabak Manis Teplon Tanpa Telor :
Siapkan wadah, kemudian masukkan tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tuangkan air sedikit - sedikit sambil terus diaduk sampai tekstur adonannya pas. Setelah itu, masukkan mentega yang sudah dicairkan. Aduk rata.

Masukkan pewarna hijau dan pasta pandan masing - masing 1/2 sendok teh. Aduk rata.  Kemudian setelah semua tercampur rata, diamkan adonan selama 1 jam.

Setelah 1 jam, campurkan terlebih dahulu baking powder dan baking soda di wadah lain. Kemudian larutkan dengan 1 sendok makan  air agar mudah larut dan tercampur rata. Aduk rata dan cepat, kemudian langsung tuangkan ke adonan martabak yang sudah didiamkan selama 1 jam.

Segera tuangkan adonan martabak ke teplon yang sudah dipanaskan. Saat dituangkan gunakan api besar kemudian kecilkan hingga sedang hingga muncul pori - pori baru kecilkan apinya. Untuk membuat pinggirannya, goyangkan teplonnya. Tutup agar bagian atasnya matang.
Jika sudah matang bagian atasnya dan pori - porinya juga sudah muncul, Angkat dan beri topping sesuai selera. Martabak teplon tanpa telur siap disajikan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Martabak Teplon Tanpa Telurnya ya.

Cara Membuat Martabak Mini Tanpa Telur Dan Tanpa Ragi

Resep Martabak Mini No Telur No Ragi 


Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep martabak mini tanpa telur dan tanpa ragi. Meskipun tanpa telur dan tanpa ragi, rasa martabaknya tetap empuk dan enak ko jadi cocok deh buat yang alergi telur makan martabak mini ini.

Jika ingin martabak bersarang cantik, jangan lupa panaskan terlebih dahulu cetakan dengan api besar. Ketika cetakan sudah benar - benar panas, tuangkan adonan ke cetakan tunggu bersarang baru kecilkan apinya ya.Dijamin martabak mininya bisa bersarang cantik. Nah, agar bunda tidak penasaran bagaimana cara membuat martabak mini tanpa ragi dan tanpa telur silahkan simak resep cara pembuatannya berikut ini ya.

Bahan - bahan martabak tanpa ragi dan tanpa telur :
- 150 gr terigu protein sedang, contoh : segitiga biru
- 150 gr terigu protein rendah, contoh : kunci biru
- 450 ml air
- 2 sdm mentega, dicairkan
- 70 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam halus
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt baking powder

Cara Membuat Martabak Mini Tanpa Ragi dan Telur :
Siapkan wadah, Campurkan tepung terigu protein rendah, tepung terigu protein sedang, gula pasir, dan baking powder. Aduk rata.

Masukkan mentega yang sudah dicairkan, aduk rata. Tambahkan air sedikit - sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Tehyung pakai semua airnya ya. Setelah semua tercampur rata, kemudian diamkan selama 30 menit.
Setelah 30 menit, masukkan 1/2 sdt baking soda dan garam halus aduk rata.

Tuangkan adonan ke cetakan martabak mini atau bisa juga menggunakan cetakan kue lumpur yang sebelumnya sudah dipanaskan. Saat adonan dituangkan, kondisi api besar ya kemudian ketika muncul pori - pori langsung dikecilkan. Gunakan punggung sendok untuk membuat pinggirannya dengan cara menekan sendok ke adonan.

Tutup agar bagian atas matang, Angkat. Tuangkan lagi sisa adonan lakukan cara seperti semula hingga semua adonan habis.

Beri topping sesuai selera ya. Yummy! martabak mini tanpa telor dan tanpa ragi siap untuk disajikan.
Selamat mencoba ya semoga berhasil.

Jika masih kurang jelas penjelasan di atas silahkan lihat video Cara  Membuat Martabak Mini Tanpa Telur Dan Tanpa Ragi di bawah ini ya :

Cara Membuat Cake Oreo 2 Bahan ( No Ribet )

Resep Mudah Cake Oreo 2 Bahan

Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep yang sangat mudah yaitu cake oreo 2 bahan. Cake ini sempat viral di media sosial karena banyak yang sudah mencobanya dan berhasil. Cara membuatnya sangat mudah sekali dan bahannya juga sangat mudah didapat. Sebelumnya tehyung juga pernah share resep yang super mudah yaitu cake milo 3 bahan, silahkan lihat resepnya di SINI ya.

Cara pembuatan cake oreo 2 bahan ini tidak memerlukan mixer ataupun blender sehingga yang ngga punya mixer atau blender bisa langsung coba. Cake nya juga bisa dikukus bisa juga di oven pokoknya tergantung selera mau dikukus atau dioven. Nah, supaya ngga penasaran Langsung aja ya asahidtehyung bagikan resepnya.

Bahan Cake Oreo :

- 2 bungkus besar biskuit oreo

- 225 ml susu full cream atau sesuai selera ( boleh susu cair coklat )


Cara Membuat Cake Oreo 2 Bahan :

Siapkan wadah, kemudian masukkan 2 bungkus besar biskuit oreo ke dalam wadah tersebut. Tuangkan susu cair di atas biskuit oreo hingga biskuit oreo menjadi lunak.

Jika biskuit oreo sudah lunak, haluskan dengan whisker.  Jika tidak ada whisker, boleh juga dengan sendok atau garpu. Hancurkan biskuit oreo hingga berbentuk seperti bubur.

Setelah adonan cake oreo 2 bahan berbentuk seperti bubur, masukkan ke plastik segitiga tujuannya agar lebih mudah saat dituangkan ke loyang. Tuangkan adonan cake oreo 2 bahan ke cetakan yang sudah dioles tipis dengan minyak.

Kukus selama 20 menit dengan api kecil cenderung sedang di kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga airnya mendidih. Setelah matang, angkat dan cake oreo 2 bahan siap disajikan. Selamat mencoba ya.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Cake Oreo 2 Bahan 

( No Ribet ) di bawah ini ya :

Cara Membuat Bolu Kukus Coklat No Telur No Mixer

Resep Bolu Kukus Coklat No Telur No Mixer

Senang sekali hari ini tehyung berhasil membuat bolu kukus coklat mekar tanpa telur dan tanpa mixer. Meskipun bahannya irit, tapi ternyata rasanya lembut dan nyoklat banget. Faqih dan ade sepupu yag kebetulan lagi pada maen juga ketagihan makan bolunya. Yummy!

Cara membuatnya sangat mudah dan bahannya juga irit banget cocok deh buat berbagai acara atau jadi bakulan untuk dijual lagi. Dijadikan cemilan dan snack box juga bisa lho bunda. Gunakan terigu protein rendah ya biar hasil bolunya lembut, tapi kalo ngga ada juga tetap enak pakai protein sedang hanya saja jauh lebih lembut rasanya menggunakan protein rendah.

Nah, jika bunda penasaran bagaimana bahan dan cara membuat bolu kukus mekar coklat tanpa telur dan tanpa mixer, silahkan simak dan catat resep berikut ini ya :


Bahan Bolu Kukus Coklat No Telur No Mixer :

- 200 gram tepung terigu protein rendah

- 200 gram gula halus

- 3 sdm coklat bubuk

- 1/4 sdt garam halus

- 1/2 sdt vanili bubuk

- 1/2 sdt baking soda

- 1/2 sdt baking powder

- 250 ml susu cair

- 100 ml minyak goreng

Cara Bolu Kukus Coklat No Telur No Mixer :

Siapkan wadah yang agak besar kemudian, campurkan semua bahan kering yang terdiri dari terigu, gula halus, coklat bubuk, garam, vanili, baking soda dan baking powder. Aduk rata dan ayak hingga halus.

Masukkan minyak aduk rata. Kemudian, masukkan susu cair aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah semua bahan tercampur rata, tuangkan adonan bolu kukus coklat no telur no mixer ke cetakan bolong - bolong yang sudah diberi papper cup hingga penuh.

Kukus adonan yang sudah dituangkan ke cetakan dengan api besar selama 15 menit. Jangan lupa panaskan kukusan hingga airnya mendidih dan tutup kukusannya dialasi kain atau serbet ya tujuannya agar tidak ada uap air yang menetes ke adonan.

Setelah 15 menit, buka tutup kukusan dan angkat bolu kukus coklat no telur no mixernya. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Bolu kukus coklat no telur no mixer siap untuk disajikan.

Jika ingin lebih jelas lagi bagaimana Cara Membuat Bolu Kukus Coklat No Telur No Mixer silahkan lihat tutorial selengkapnya di video berikut ini ya :

Cara Membuat Kue Talam Abon Gurih

Resep Kue Talam Abon Gurih 

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep kue talam abon gurih. Sebelumnya tehyung pernah juga membagikan resep kue talam labu kuning ( kabocha ) yang rasanya tidak kalah enak dari kue talam abon. Kembali lagi ke resep kue talam abon, sebenarnya kue talam abon ini tidak harus selalu toppingya abon bisa juga diganti ayam suwir, ebi atau bawang goreng semua bisa disesuaikan dengan selera kita.

Cara pembuatan kue talam abon gurih ini juga sangat mudah sehingga bunda - bunda bisa langsung coba praktekkan di rumah. Rasanya yang gurih membuat siapapun para pecinta kue talam menyukainya jadi ngga cukup satu makannya ya.

Nah, agar bunda - bunda bisa langsung praktekkan di rumah, silahkan simak dan catat resep cara membuat kue talam abon yang gurih berikut ini ya :


Bahan Membuat Kue Talam Abon Gurih : 

- 200 gram tepung beras

- 50 gram tepung tapioka

- 500 ml santan cair ( dari setengah kelapa parut setengah tua )

- 200 ml santan instan kara

- 1 lembar daun pandan, ikat simpul

- 1 sdm gula pasir

- 1/2 sdt garam halus

Cara Membuat Kue Talam Abon Gurih :

Siapkan wadah, kemudian campurkan semua bahan kering yang terdiri dari tepung beras, tepung tapioka, gula pasir dan garam halus, aduk rata. Tuangkan santan instan, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Sisihkan.

Selanjutnya masak 500 ml santan dengan daun pandan menggunakan api kecil hingga santannya mendidih. Aduk - aduk terus selama memasaknya agar santan hingga pecah.

Jika santan sudah mendidih, angkat dan langsung tuangkan ke campuran tepung tadi. Mixer dengan kecepatan rendah hingga semuanya tercampur rata dan teksturnya menjadi halus.

Setelah semua tercampur rata, saring adonan agar hasilnya lebih halus lagi. Tuangkan adonan yang telah disaring ke cetakan yang sudah dioles tipis dengan minyak kemudian kukus selama 20 menit dengan api kecil cenderung sedang.

Setelah 20 menit angkat kue talam dari kukusan dan keluarkan dari cetakan. Beri topping abon di atasnya dengan tambahan potongan cabe dan daun bawang atau bisa juga disesuaikan dengan selera masing - masing ya. Kue talam abon siap disajikan. Yummy!

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Kue Talam Abon Gurih di bawah ini ya :

Cara Membuat Kue Wingko babat teflon yang Empuk

Resep Kue Wingko 

Hari ini suami sedang libur kerja jadi tehyung sengaja buatkan kue wingko sebagai teman ngopi di sore hari. Kue wingko ini cocok banget lho dinikmatin di berbagai suasana baik pagi maupun di sore hari terutama sebagai teman ngeteh ataupun ngopi jadi jangan lupa dicoba ya bunda. Selain kue wingko, kue gemblong juga bisa jadi teman ngopi lho bun. Resepnya gemblong ketan putih bisa di lihat di sini.

Kue wingko merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, gula, air, garam, dan vanili. Adapun untuk bentuknya ada yang bulat ada juga yang berbentuk kotak semua bisa disesuaikan dengan selera kita. Jika ingin rasa wingko yang lebih gurih airnya bisa diganti santan ya.

Kue wingko yang akan asahidtehyung bagikan kali ini tetap empuk meskipun kue wingkonya sudah dingin. Silahkan simak dan catat resep membuat kue wingko babat teflonnya berikut ini ya.


Bahan Membuat Kue Wingko :

- 150 gram tepung ketan

- 200 gram kelapa parut setengah tua

- 100 gram gula pasir

- 1/4 sdt vanili bubuk

- 1/4 sdt garam halus

- 100 ml air

- 1 sdm margarin / mentega ( dicairkan )

Cara Membuat Kue Wingko :

Pertama - tama campurkan semua bahan kecuali margarin atau mentega yang dicairkan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah tercampur rata, diamkan selama 15 menit agar gulanya mencair.

Setelah didiamkan selama 15 menit, tambahkan margarin atau mentega yang sudah dicairkan ke adonan wingko aduk hingga rata lalu bentuk bulat dan pipih.

Panggang kue wingko di atas teplon atau bisa juga dengan cetakan kue lumpur menggunakan api kecil hingga kedua sisi wingko berwarna kecoklatan. Jangan lupa sebelumnya teplonnya dipanaskan terlebih dahulu ya.

Jika kedua sisi wingko sudah berwarna kecoklatan, angkat kue wingkonya. Kue wingko babat yang empuk siap disajikan. Selamat mencoba ya.

Jangan lupa lihat juga video Cara Membuat Kue Wingko babat teflon yang Empuk 

di bawah ini ya :

Cara Membuat Cake Milo 3 Bahan

Cake Milo 3 Bahan

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep cara membuat cake milo 3 bahan. Cake milo 3 bahan ini bisa menjadi solusi buat kita para bunda yang lagi sibuk sama kerjaan rumah. Cara pembuatannya sangat mudah, cepat dan ngga ribet . Untuk rasanya jangan salah ya nyoklat banget.

Kalo lagi laper dan anak rewel minta dibuatkan cake, coba ini aja ya bunda cake milo 3 bahan dijamin anak - anak juga suka deh. Jika ingin membuat dalam porsi yang cukup banyak tinggal dikalikan saja resepnya.

Nah supaya ngga penasaran bagaimana cara membuat cake milo 3 bahan, simak dan catat resepnya berikut ini ya :


Bahan Cake Milo 3 Bahan :

- 1 sdm tepung terigu

- 2 sachset susu milo

- 1 butir telur ayam

 Cara Membuat Cake Milo 3 Bahan :

Pertama - tama kocok telur sebentar menggunakan whisker, kemudian masukkan tepung terigu aduk rata dan terakhir masukkan susu milonya. Aduk lagi hingga rata.

Setelah semua bahan tercampur rata, tuangkan adonan cake milo 3 bahan ke cetakan yang sudah dioles tipis dengan minyak. Untuk menuangkan adonannya tehyung menggunakan plastik segitiga agar lebih mudah.

Setelah adonan dituangkan ke cetakan, sekarang kukus selama 20 menit dengan api kecil cenderung sedang. Jangan lupa ya untuk tutup kukusannya dialasi dengan kain atau serbet agar uap air tidak menetes ke adonan.

Jika cake milo 3 bahan sudah matang angkat dan keluarkan dari cetakan. Cake milo 3 bahanpun selesai dibuat dan siap disajikan. Jika masih kurang jelas penjelasan di atas silahkan lihat video Cara Membuat Cake Milo 3 Bahan berikut ini ya :

Cara Membuat Gemblong Ketan Putih Gula Pasir

Gemblong Ketan Putih Gula Pasir

Gemblong merupakan kue tradisional yang berbahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan bahan lainnya seperti kelapa parut, santan, tapioka dan bahan lainnya. Gemblong ini juga punya nama yang berbeda di jawa, Kalau di jawa namanya getas tapi apapun namanya yang penting rasanya enak dan cocok untuk teman ngeteh atau ngopi.

Gemblong ada yang terbuat dari tepung ketan putih ada juga yang pakai tepung ketan hitam. Untuk bahan pelapisnya atau biasa yang disebut besta juga ada yang pakai gula merah dicampur gula putih sehingga berwarna kecoklatan dan ada juga yang hanya pakai gula putih saja.

Nah untuk resep yang akan asahidtehyung bagikan kali ini adalah gemblong ketan putih dengan bahan pelapisnya dari gula putih. Silahkan dicatat dan disimak resep gemblong gula putih berikut ini ya :

Bahan Gemblong Ketan Putih Gula Pasir :

- 300 gram tepung ketan

- 50 gram tepung tapioka

- 1 sdt garam halus

- 250 gram kelapa parut

- 250 ml santan hangat

Bahan Pelapis Gemblong :

- 1 lembar daun pandan

- 150 gram gula pasir

- 70 ml air

Cara Membuat Gemblong Ketan Putih Gula Pasir :

Siapkan wadah, kemudian masukkan semua bahan kecuali santan aduk rata. Jangan lupa Masukkan garam kemudian tepung ketan. Aduk rata menggunakan tangan kemudian tuangkan santan hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai adonannya bisa dibentuk atau hingga kalis artinya sampai tidak lengket di tangan. Jika sudah kalis tidak perlu dituangkan semuanya santannya.

Selanjutnya bentuk adonan hingga bulat lonjong dan pipih atau bisa juga sesuai selera. Lakukan Cara ini sampai semua adonan gemblongnya habis.

Goreng Gemblong yang sudah selesai dibentuk bulat pipih dan lonjong di minyak yang sudah panas. Usahakan gemblongnya sampai terendam minyak agar bisa matang merata luar dalam. Gunakan minyak yang banyak dan goreng dengan api kecil cenderung sedang. Gorengnya sampai matang dan kering bagian luarnya. Angkat dan tiriskan gemblong yang sudah matang kemudian sisihkan.

Setelah selesai menggoreng gemblong, sekarang lanjut ke tahap pembuatan bahan pelapisnya atau biasa disebut juga dengan besta. Masak gula pasir, daun pandan dan air sampai kental dan berambut.

Gunakan api yang kecil selama membuat bahan pelapis gemblongnya, karena jika menggunakan api yang besar bisa menyebabkan gulanya pahit. Aduk-aduk terus sampai gulanya mengental.

Kemudian jika sudah mengental dan berambut, segera masukkan gemblong yang sudah digoreng hingga kecoklatan. Aduk rata sampai gemblongnya terbalut gula. Aduk terus hingga gula kering dan menempel ke gemblong. Jika sudah selesai angkat. Gemblong ketan putih gula pasir siap untuk disajikan. Yummy!

Jika ingin lebih jelas lagi mengenai Cara Membuat Gemblong Ketan Putih Gula Pasir silahkan llihat video cara pembuatannya di bawah ini ya :