Cara Membuat Brownies Tempe

Cara Membuat Brownies Tempe





Sebelum memulai membuat adonan brownies, teteh akan membagikan bahan  oles loyang yang biasa teteh pakai. Bahannya simple dan mudah banget hanya terdiri dari 3 bahan yaitu margarin, minyak, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 sdm. Tinggal diaduk rata  bahan olesannya.

Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm. Jika ingin menggunakan loyang bulat, gunakan loyang dengan ukuran diameter 22 cm. Semir loyang dengan bahan olesan yang barusan teteh kasih supaya brownies mudah dikeluarkan saat sudah matang. Kemudian sisihkan.
Langkah ini bisa juga diganti dengan langkah lain yang biasa teman-teman pakai agar brownies mudah dikeluarkan saat matang. Yang penting tujuannya sama ya!
Kemudian kita lanjut dengan menyiapkan tempe yang akan menjadi bahan utama brownies karena tempe tidak bisa langsung diolah atau dicampurkan ke adonan.

Siapkan 150 gram tempe yang sudah dipotong-potong dadu kecil supaya mudah saat dihaluskan. Kukus selama 15 menit atau hingga tempe empuk dan mudah dihaluskan. Gunakan api sedang ya supaya tidak terlalu lama matangnya.

Setelah 15 menit dan tempe sudah empuk, angkat tempe dari kukusan. Haluskan tempe hingga benar-benar halus agar mudah tercampur rata dengan adonan. bisa menggunakan garpu, sendok atau ulekan yang penting tempenya bisa halus. Ka;i ini teteh hanya menggunakan garpu dari kayu ya!

Sekarang tempe sudah halus dan siap untuk digunakan sebagai salah satu bahan brownies tempe.

Jangan Lupa! Sebelum membuat brownies tempe, panaskan oven terlebih dahulu selama 20 menit dengan suhu 170°C supaya panas oven merata dan brownis yang dipanggang bisa matang sempurna.
Sekarang kita lanjut dengan menyiapkan bahan lengkap brownies tempenya .

Bahan-bahan Brownies Tempe:

 
  • 5 butir telur
  • 175 gr tempe yang tadi sudah dikukus dan dihaluskan
  • 150 gr gula pasir, jika tidak suka manis bisa dikurangi takarannya
  • 50 ml SKM coklat
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt essens vanilla, jika tidak ada bisa diganti dengan 1/4 sdt vanili bubuk
  • 200 gr margarin / mentega yang dilelehkan dan tunggu sampai suhu ruang
  • 75 gr coklat bubuk.

Langkah pertama, siapkan mixer. Pastikan mixer dalam keadaan bersih dari tetesan air atau lemak seperti mentega maupun minyak. Usahakan mengelapnya terlebih dahulu untuk memastikannya supaya adonan bisa mengembang sempurna saat proses pengocokan.

Masukkan telur, gula pasir, dan 1/2 sdt essens vanilla atau pasta vanila. Nyalakan mixer dengan kecepatan yang paling tinggi, mixer hingga mengembang dan putih kental. Teteh mixer sekitar 10 menit.
Waktu disesuaikan dengan mixer yang kalian pakai karena karakteristik mixer itu berbeda-beda.
jika tidak ada essens vanilla, tenang aja ya! Kalian bisa menggantinya dengan 1/4 vanili bubuk atau bisa juga diskip karena bahan ini hanya untuk menambah aroma vanilla pada brownies dan juga agar brownies tidak bau amis.
Setelah mengembang putih, turunkan kecepatan mixer. Masukkan 175 gr tempe yang sebelumnya telah kita kukus dan kita haluskan, 200 gr mentega atau margarin yang sudah dilelehkan, coklat bubuk, baking powder, dan susu kental manis coklat. Mixer sebentar asal rata kemudian angkat.
Tempe dimasukkan dalam keadaan tidak panas. Begitu pula dengan mentega atau margarin yang dituangkan dalam keadaan suhu ruang.
Aduk lagi dengan spatula agar adonan yang di bagian dasar dan pinggir loyang tercampur rata.

Kemudian tuangkan adonan brownies tempe ke loyang yang sudah disemir dengan bahan olesan loyang. Tuangkan semua adonannya ke loyang.
Jangan khawatir jika tekstur adonannya cair! Tekstur adonan memang cair karena tanpa tambahan tepung terigu. Namun setelah brownies matang, teksturnya akan padat tapi ngga bantat dan moist.
Selanjutnya, bubuhkan topping sesuai selera masing-masing. Disini asahidtehyung menambahkan topping kacang kenari yang sudah dicincang.
Karena tekstur adonannya ngga kental, usahakan dengan menambah topping-nya yang ringan topping tidak tenggelam ke dasar adonan.
Sekarang brownies tempe siap dioven.

Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 65 menit atau hingga matang dengan suhu 170°C. teteh gunakan api atas bawah ya.
Jika tidak ada oven, browniese ini bisa dikukus sekitar 50 menitan.
Beberapa menit kemudian, brownies tempe tampak mengembang karena penggunaan telur dan baking powder tadi.

Jika sudah 65 menit dipanggang di dalam oven, keluarkan brownies tempe dari oven. Tes kematangan dengan cara tes tusuk yaitu; Jika tidak ada adonan yang tertinggal di tusuk gigi berarti brownies sudah matang. Begitu pula sebaliknya, jika masih ada adonan yang menempel berarti belum matang dan harus dipanggang lagi sampe matang.
contoh adonan tertinggal
Jangan khawatir jika tekstur browniesnya lembab karena jika teksturnya kering saat tes tusuk, hasil browniesnya keras.
Angkat brownies tempe yang sudah matang. tunggu hingga uap panasnya hilang.
Jangan khawatir jika brownies tempe tampak agak sedikit menyusut saat uap panas mulai hilang, itu bukan berarti browniesnya menjadi bantat. Brownies sedikit menyusut  karena tanpa pemakaian tepung terigu.
segera keluarkan brownies tempe yang sudah dingin dari loyang. Brownies tempe dengan mudahnya dikeluarkan dari loyang berkat semir loyang tadi.

Biarkan brownies tempe di cooling rack agar panas yang ada di atas dan bawah cake bisa keluar.

Tambahkan lelehan coklat putih di bagian atas brownies tempe agar rasanya lebih mantap dan tentunya jadi lebih menarik kan penampilannya. Ini hanya coklat putih aja ya yang ditim tanpa tambahan bahan lain.

Sekarang potong sesuai selera. ini cocok buat yang bosan makan tempe diolah gitu - gitu aja. Masih banyak lho olahan tempe lainnya mudah - mudahan bisa teteh share di postingan selanjutnya.

Brownies tempe siap disantap.... Hmmmm yummy






0 comments:

Post a Comment