Resep Cake Tempe yang Enak dan Unique

Resep Cake Tempe yang Enak dan Unique


Kalian bosen dengan olahan tempe yang cuma gitu-gitu aja? Tau ngga sih ternyata tempe bisa di padukan menjadi cake yang lembut? Ngga percaya dan khawatir dengan rasa cake-nya menjadi aneh?
Tenang aja, cake tempe ini ngga cuma penampilannya aja yang menarik tapi rasanya juga enak dan unik. Kelembutannya membuat siapapun penasaran dan ingin mencobanya sendiri. Penasaran gimana cara buatnya? Yuk simak resep cake tempe asahidtehyung berikut ini!


Sebelum kita membuat adonan, siapkan loyang bulat dengan diameter 20 cm. Lalu semir seluruh permukaan loyang dengan campuran bahan  olesan yang terdiri dari Margarin, minyak, dan terigu masing-masing 1 sdm. Kemudian sisihkan.

Selanjutnya, panaskan oven dengan suhu 170°C. Nyalakan api atas bawah untuk oven listrik selama 15-20 menitan.
Oven dipanaskan supaya panas  merata ketika cake dimasukkan sehingga cake bisa matang sempurna.
Sekarang kita siapkan bahan-bahan untuk membuat cake tempenya yuk!

Bahan-bahan Cake Tempe:

  • 3 butir telur ayam
  • 175 gr gula pasir
  • 150 gr tepung terigu
  • 150 gr mentega atau margarin
  • 75 gr tempe
  • 50 gr sukade.

Cara Membuat Cake tempe:

Langkah pertama kita harus menyiapkan tempenya terlebih dahulu, Karena tempe tidak bisa langsung dijadikan bahan untuk kue.

Siapkan 75 gram tempe. Potong dadu atau sesuai selera. Kukus potongan tempe hingga matang yaitu sekitar 10 menit atau sesuai besarnya api yang dipakai.

Angkat tempe yang sudah matang dari kukusan. Haluskan tempe hingga benar-benar halus. Haluskan tempe menggunakan ulekan atau bisa juga menggunakan garpu seperti yang sedang asahidtehyung lakukan.

Tempe yang sudah halus sekarang siap digunakan untuk membuat cake.

Selanjutnya, siapkan mixer. Kemudian campurkan mentega dengan 175 gr gula pasir. Gunakan mentega yang suhu ruang ya!

Kocok mentega dan gula pasir dengan mixer menggunakan kecepatan tinggi. Mixer hingga gula larut
Teteh mixer sekitar 3 menit atau sesuai mixer yang teman-teman pakai di rumah ya! yang penting sampai larut.
Setelah dimixer 3 menit, masih mixer dengan kecepatan yang sama, masukkan telur satu persatu.
Mixer hingga adonan mengembang dan mengental.

Selanjutnya, Turunkan kecepatan mixer dikecepatan yang paling rendah. Lalu, Masukkan tepung terigu dan 75 gr tempe yang tadi sudah dihaluskan. Mixer hingga adonan tercampur rata.
Teteh pakai tepung terigu protein sedang. Kalian bisa juga pakai tepung terigu protein rendah untuk hasil yang lebih lebih moist.
Setelah adonan tercampur rata, angkat dan matikan mixer.

Berikutnya masukkan sukade ke adonan. Aduk rata dengan spatula. Jika tidak ada atau kalian tidak suka sukade, bagian ini bisa kalian lewati ya!

Kemudian tuangkan adonan yang telah diberi sukade di loyang bulat diamater 20 cm. Tuangkan semua adonannya ke loyang. Untuk mempercantik penampilan cake tempenya, tambahkan lagi topping sukade di bagian permukaan. Sekarang cake siap di oven.
Jika ingin hasilnya lebih tinggi, loyangnya bisa diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil atau bisa juga dengan mengalikan resepnya.
Panggang cake dalam oven selama 50 menit dengan suhu 170°C, gunakan api atas bawah untuk memanggang atau sesuai oven yang kalian pakai di rumah dan jangan pernah lupa untuk memanaskan oven sebelum dipakai ya!
Setelah 50 menit, Angkat dan keluarkan cake dari oven. Tes kematangan dengan cara tes tusuk. Jika sudah tidak ada adonan yeng menempel ke tusuk gigi, artinya cake sudah matang ya!

Tunggu sebentar hingga uap panas cake hilang

Setelah uap panas hilang, Keluarkan cake dari loyang. Berkat bahan olesan loyang tadi, cake dapat dengan mudah keluar dari loyang.

Sekarang biarkan cake di cooling rack agar panas yang ada di atas dan di bawah cake bisa keluar.

Setelah cake dingin. Potong cake sesuai selera. Cake tempe siap untuk disajikan. Kalau kalian lebih suka menikmati cake dalam keadaan hangat juga ngga masalah.

Penampilannya dengan sukade di bagian topping dan di bagian dalam cake membuat penampilannya semakin menarik.

Jangan Lupa dicoba juga di rumah ya. semoga berhasil.

Jika penjelasan diatas masih kurang jelas, silahkan saksikan Cara Mudah Membuat Cake Tempe (Rasanya Enak & Unique) berikut ini:


Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar