Cara Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang

Resep Bolu Tape


Kali ini karena banyak request bolu tape dari teman - teman jadi asahidtehyung akan membagikan resep bolu tape. Bolu tape yang akan asahidtehyung bagikan kali ini tanpa bahan pengembang ya, tapi untuk rasanya tetap enak ko jadi cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Agar rasa dari bolu tapenya enak gunakan tape yang tidak keras dan manis rasanya ya karena, jika rasa tapenya asam dijamin bolu tapenya jadi ngga enak rasanya. Sayang banget kan. Tape yang asahidtehyung gunakan yaitu jenis tape mentega, ngga sengaja pas di minimarket lihat tape mentega jadi penasaran ingin mencoba ternyata enak juga dijadikan bolu tape.

Nah, yang penasaran bagaimana cara membuatnya, silahkan disimak resep membuat bolu tape tanpa pengembang berikut ini ya bunda.

Bahan Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang :
- 175 gr tepung terigu, ( aku pakai kunci biru )
- 200 gr gula pasir
- 200 gr tape yang dihaluskan
- 4 butir telur ayam
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 150 gr mentega
- 50 gr keju parut

Cara Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang :
Siapkan loyang tulban ukuran 23 cm. Oles loyang dengan bahan oles loyang yang terdiri dari 1 sdm terigu + 1 sdm minyak + 1 sdm margarin, aduk rata kemudian oleskan ke seluruh permukaan loyang. Sisihkan.

Kocok gula pasir dan mentega menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga putih dan lembut sekitar 3 menit atau sesuai mixer masing - masing. Masukkan vanili, kocok hingga rata. 

Kemudian, masukkan telur satu persatu. Pastikan telur tercampur dulu sebelum menambahkan telur berikutnya. Kocok terus hingga mengembang dan kental.

Turunkan kecepatan mixer ke yang paling rendah, masukkan tepung terigunya. Masukkan tape yang sudah dihaluskan mixer lagi namun dengan kecepatan tinggi. kocok hingga rata sebentar saja ya.

Matikan mixer, kemudian tuangkan keju parut aduk rata dengan spatula. Tuangkan adonan ke cetakan yang sudah dioles bahan olesan. Beri topping sesuai selera. Kukus selama 45 menit dengan api kecil cenderung sedang atau bisa juga dioven dengan suhu 175 derajat, api atas bawah dan waktunya 45 menit atau sesuai oven masing - masing.

Angkat dan keluarkan bolu tape yang sudah matang. Tunggu hingga dingin, potong - potong  dan bolu tape siap untuk disajikan.

Jika masih kurang jelas penjelasan di atas silahkan lihat langsung tutorial cara pembuatannya di video Cara Membuat Bolu Tape Tanpa Pengembang berikut ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar