Resep Viral Woll Roll Bread


    Assalamualaikum teman-teman teteh! Belakangan ini ada satu roti yang selalu seliweran di beranda instagram Teteh.  Karna penasaran 
akhirnya aku juga coba ngulik resep wool roll bread atau bisa juga disebut roti benang halus. Ternyata berhasil dan rasanya lembut banget! Ini bisa dijadikan menu untuk sarapan juga karena cukup mengenyangkan. Yang Paling aku suka saat membuat roti adalah bisa menggunakan isian sesuai selera. Disini aku pakai isian chocochips, keju oles, dan kismis. Cuss langsung intip bahan-bahannya!

Bahan-bahan wool roll bread:
- 250 gr tepung terigu
- 2,5 sdm susu bubuk
- 2,5 sdm gula pasir
- 5 gr ragi instan
- 2 butir kuning telur
- 100 ml air es
- 1/4 sdt garam halus
- 50 gr mentega

Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat :
- Campur dan aduk rata tepung terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi. 
- Tambahkan kuning telur dan air es. Mixer hingga  kalis dan menggumpal. 
- Masukkan mentega dan garam. Mixer hingga kalis elastis. Mentega dimasukkan terakhir agar tidak mengganggu proses berkembangnya ragi.
- Bulatkan adonan. tutup dan diamkan selama 30 menit. klik disini untuk beli pastry mat-nya
- Setelah 30 menit, kempeskan adonan agar tidak terlalu banyak udara yang terperangkap sehingga roti yang dihasilkan tidak memiliki pori-pori yang besar. 
- Bagi dan bulat-bulatkan adonan menjadi 5 bagian yang sama.  Tutup dan istirahatkan adonan selama 15 menit agar lebih rileks. 
- Setelah 15 menit, pipihkan adonan  dengan rolling pin. Kerat-kerat sebagian sisinya. 
- Beri isian sesuai selera kemudian gulung perlahan. Lakukan hingga semua adonan habis. Disini aku pakai isian chocochips, keju oles, dan kismis.
- Letakan pada loyang bulat diameter 20 cm yang sudah dioles tipis margarin dan dialasi kertas roti. Tutup dengan plastik dan diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. 
- Oles bagian atas roti dengan susu cair. 
- 10 menit pertama, panggang roti dengan api bawah suhu 180°C. klik disini untuk beli oven-nya
- Setelah 10 menit, panggang dengan api atas bawah suhu di 160°C selama 15 menit. FYI karakteristik setiap oven itu berbeda, jadi kalian bisa sesuaikan waktu memanggang dengan oven masing-masing. 
- Angkat dan segera oles bagian atasnya dengan margarin/mentega. Roti dioles sebelum dan sesudah oven agar roti menjadi lembap dan mengkilat.
- Roti siap disajikan

    Hasil akhirnya fluffy dan lembut. Diantara ketiga isiannya, Aku paling suka yang isinya chocochips. Untuk cara lengkap membuatnya, kalian juga bisa lihat disini:
Terimakasih sudah mampir. Semoga membantu dan resepnya bermanfaat.

#roti #woolrollbread #bread #wol

0 komentar:

Posting Komentar