RESEP PECAK IKAN NILA YANG SUPER GURIH DAN ENAK

    Assalamualaikum, Teman Tehyun! Kali ini Teteh mau bagi-bagi resep pecak ikan nila yang super gurih dan nikmat. Pecak ikan nila khas Betawi ini bisa membuat moment makan kamu jadi lebih spesial. Dengan bumbu yang meresap sempurna, ikan nila goreng jadi lebih berkelas dengan siraman sambal encer yang memanjakan lidah. Siap-siap untuk masakan rumahan yang akan membuat kalian lupa dengan ikan nila versi restoran. Yuk, simak step by step cara membuatnya!

Ikan nila, yang sering juga disebut ikan mujair, adalah pilihan yang sempurna untuk resep kali ini. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis akan semakin gurih dengan racikan sambal pecak Betawi.

Bahan: (±750gr) Ikan mujair 2 buah Garam secukupnya Bumbu: 10 siung Bawang merah 5 siung Bawang putih 3 ruas kencur 15 Cabe Rawit 10 Cabe kriting 1 buah Jeruk Limau 1/2 sdm Gula Pasir 1 sdt Garam 1/2 sdt Penyedap 300 ml Air 1/8 sdt Lada Bubuk

Persiapan Ikan

Tips Mengolah Ikan Nila Agar Lebih Sedap

Langkah pertama adalah mempersiapkan ikan nila. Kita akan lumuri ikan dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan menambah aroma segar, kemudian lumuri lagi dengan sedikit garam sebelum digoreng hingga kecoklatan.

Siapkan ikan yang sudah lumuri jeruk nipis dan dicuci bersih,, kemudian lumuri dengan sedikit garam.
Goreng ikan sampai kecoklatan,sisihkan

Cara Membuat Sambal Pecak Khas Betawi


Bumbu adalah jantung dari pecak ikan nila. Teteh akan ajak kamu menyangrai bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabai untuk mengeluarkan aromanya yang harum sebelum dihaluskan.

Memasak Bumbu Sambal

Trik Agar Bumbu Sambal Sempurna

Setelah bumbu dihaluskan, kita akan didihkan air dan memasukkan gula, garam, penyedap, lada, serta bumbu yang sudah di-blender. Aduk hingga semua bumbu larut sempurna.

Menyajikan Pecak Ikan Nila

Menata dan Menyiram Ikan dengan Sambal

Saatnya menata ikan goreng yang sudah disisihkan di piring dan menyiapkan diri untuk proses terakhir: menyiram ikan dengan bumbu sambal yang sudah matang. Jangan lupa perasan jeruk limau untuk menambah kesegaran.

Menikmati Kelezatan Pecak Ikan Nila

Tips Penyajian untuk Kesempurnaan Rasa

Pecak ikan nila siap untuk disajikan! Sajikan hangat untuk menikmati kegurihan dan kelezatan yang maksimal. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan berbagi pengalamanmu dengan Teteh.

Penutup: Nah, itu dia resep pecak ikan nila yang super gurih dan enak dari Teteh. Gampang banget kan? Ikan nila yang gurih dengan sambal pecak yang nikmat ini dijamin bikin kamu nambah terus. Terimakasih sudah membaca, dan sampai jumpa di resep selanjutnya. Wassalamualaikum, Teman Tehyun!


Slug: resep-pecak-ikan-nila-super-gurih-enak

Meta Description: "Kuliner khas Betawi di rumah? Bisa! Coba resep pecak ikan nila yang super gurih dan enak ini. Dengan bahan-bahan sederhana dan cara membuat yang mudah, siap-siap untuk kelezatan pecak ikan nila yang bikin nambah terus!"

0 komentar:

Posting Komentar