Cara Lengkap Membuat browkat ( Brownies Alpukat ) Kekinian

Resep Membuat Browkat ( Brownies Alpukat )

Pertama Kali lihat Browkat ( Brownies Alpukat ) langsung penasaran bagaimana ya rasanya banyak yang bilang enak banget. Akhirnya jadi ikutan deh asahidtehyung buat sendiri Browkat di rumah. Ternyata benar emang enak banget rasanya. Perpaduan antara brownies, vla alpukat, whipping cream dan ganachenya pas banget apalagi sebelum dimakan dimasukkan ke kulkas terlebih dahulu jadi tambah enak rasanya.

Penasaran juga kan gimana cara buat Browkatnya ? Langsung aja ya asahidtehyung tulis lengkap resep membuat Brownies Alpukatnya.


Bahan Membuat Browkat ( Brownies Alpukat ) :

- 4 butir telur ayam

- 150 gram gula pasir

- 100 gram tepung terigu protein sedang, aku pakai Segitiga Biru

- 1/2 sdt baking powder

- 1/2 sdt essens vanilla

- 1/4 sdt garam halus

- 120 ml minyak

- 1/2 sdt SP boleh pakai TBM / Ovalet

- 70 gram DCC ( Dark Cooking Chocolate ) dipotong kecil - kecil

- 20 gram cokelat bubuk

Bahan Vla Alpukat ( Brownies Alpukat ) :

- 550 gram alpukat yang sudah matang

- 3 sachset susu kental manis vanilla

- 3 sendok makan gula pasir

- 100 ml susu cair

Bahan Whipping Cream :

- whippy cream bubuk 200 gram

- 400 ml air es

Bahan Ganache Membuat Browkat :

- 3 sdm whip cream cair

- 100 ml susu cair

- 150 gram DCC ( Dark Cooking Chocolate ) dipotong kecil - kecil

- 1 sdm butter

Bahan Oles Loyang :

- 1 sdm minyak

- 1 sdm margarin

- 1 sdm terigu

>> Campur semua bahan oles. Aduk rata. Siap dipakai untuk mengoles loyang.

Cara Membuat Browniesnya :

Pertama-tama siapkan loyang ukuran 20 * 20 * 7 oles seluruh permukaan loyang dengan bahan oles loyang yang biasa tehyung kasih ya. Sisihkan.

Kemudian panaskan air sampai mendidih. Jika sudah mendidih, matikan kompor. Tim DCC sampai meleleh. Masukkan minyak aduk sampai minyak dan DCC tercampur rata. Kemudian angkat, sisihkan.

Selanjutnya campurkan bahan kering menjadi satu wadah seperti terigu, garam, coklat bubuk dan Baking powder. Aduk rata, sisihkan.

Siapkan mixer masukkan dalam satu wadah telur, gula pasir, essens vanila, SP.

Mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih sekitar 10 menit atau sampai mengembang kental putih dan berjejak. Kalau sudah matikan mixer.

Kemudian masukkan campuran tepung sambil diayak. Bagi menjadi tiga tahap saat dimasukkan campuran tepungnya, aduk sampai tercampur rata dengan spatula / whisker.

Masukkan DCC yang sudah ditim dan dicampur minyak ke adonan brownies. Aduk sampai rata sampai tidak ada endapan. Apabila masih ada endapan hal tersebut dapat menyebabkan Bantat jadi harus benar-benar tercampur rata. Aduk dengan teknik aduk balik.

Jika sudah tercampur rata tuang adonan brownies ke loyang yang sudah dioles bahan olesan loyang tadi. Hentakan adonan sebentar biar rata dan sedikit terbuang udara yang terperangkap di adonan browniesnya.

Kukus adonan Brownies selama 35 menit di kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan sampai mendidih atau sampai matang. Jangan lupa tutup kukusan dilapisi dengan serbet / kain agar uap air tidak menetes ke adonan brownies. Kukus dengan api kecil cenderung sedang. Jika sudah 35 menit, tes tusuk kalau sudah tidak ada adonan atau remahan kue yang menempel berarti sudah matang. Angkat dan jangan lupa dimatikan kompornya.

Keluarkan brownies yang sudah matang. Kemudian, dinginkan di cooling rack.

Selanjutnya setelah membuat Brownies, Lanjutkan dengan membuat Vla Alpukat.

Campurkan semua bahan Vla alpukat ke dalam blender. Blender hingga halus dan tercampur rata. Tingkat kemanisannya bisa juga sesuai selera masing - masing ya.

Jika bahan Vla Alpukat sudah selesai diblender, angkat dan sisihkan.

Setelah selesai membuat vla alpukat, sekarang lanjutkan membuat lapisan putih atau whipping creamnya.

Campurkan whippe cream bubuk dan air es kemudian mixer kecepatan tinggi selama 3 menit sampai mengembang kental. Kalau sudah, matikan mixer angkat dan masukkan Whipping cream ke plastik segitiga atau piping bag. Sisihkan.

Sekarang lanjutkan membuat Ganache.

Campurkan semua bahan ganache ke dalam wadah stainless atau wadah yang bisa tahan panas.

Panaskan air sampai mendidih, kalau sudah mendidih matikan api kompornya. Kemudian, tim bahan Ganache sampai meleleh dan tercampur rata,angkat.

Terakhir tahap penyelesaian, sekarang ambil brownies yang sudah dingin kemudian potong-potong brownies. Letakkan brownies yang sudah dipotong-potong di dasar wadah kemudian, siram bagian atasnya dengan vla alpukat.

Semprotkan whipping cream di atas vla alpukat.

Tuang Ganachenya di atas whipping cream dan tambahkan dengan topping kacang mede dan kacang tanah yang sudah disangrai atau ditumbuk kasar atau bisa juga menggunakan topping sesuai selera.

Akhirnya selesai juga deh membuat Brownies Alpukat ( Browkat ), tidak sulit kan bunda ? jangan lupa dicoba ya Browkatnya.

Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog asahidtehyung. Jika masih kurang jelas dari penjelasan di atas, silahkan lihat video Cara Membuat Brownies Alpukat ini aja ya :

1 komentar: