Cara Membuat Choco Cheese Lava Cake Berhantu

Resep Membuat Choco Cheese Lava Cake Berhantu

     Buat chocolovers pasti ngiler dan suka nih sama Choco Cheese Lava Cake Berhantu. Cake yang asalnya dari negeri jiran Malaysia ini sempet hits banget lho di tahun 2016. Kenapa ko ada berhantunya namanya karena bisa menghantui orang yang lagi diet hehehehe...
     Resep aslinya cake ini menggunakan ukuran cup namun, karena asahidtehyung tahu tidak semua orang punya cup untuk menimbang bahan - bahannya jadi sudah tehyung tambahkan ukuran gram juga ya.Langsung aja yu kita buat Choco Cheese Lava cake Berhantunya.

Bahan Choco Cheese Lava Cake Berhantu :
- 1 cup susu cair  ( 235 ml / 230 gram )
- 1 cup minyak sayur  (235 ml / 200 gram )
- 1 cup susu kental manis  (235 ml / 250 gram )
- 1 cup coklat bubuk  ( 60 gram / 7 sdm )
- 1 cub gula halus  ( 200 gram / 10 sdm )
- 2 butir telur 
- 1 cup terigu serbaguna ( 150 gram / 8 sdm)
- 1/4 sdt garam halus
- 1/2 sdt baking powder 
- 1/2 sdt baking soda  

Bahan Cream cheese Frosting :
- 500 ml whipping cream cair 
- 200 gram cream cheese suhu ruang 
- 3 sdm susu ketal manis vanilla 

Bahan Ganache :

- 250 gram DCC ( Dark Cooking Chocolate )
- 250 ml whipped cream cair 
- 1 sdt  vanili essence 
- 1 sdm mentega
- 1 sdt madu

Cara Membuat Choco Cheese Lava Cake Berhantu :
Langkah pertama yaitu campurkan menjadi satu baking powder, baking soda, garam dan terigu. Aduk rata dan ayak. Sisihkan.

Kemudian, kocok lepas telur dengan garpu atau whisker. Sisihkan.

Siapkan wajan campurkan menjadi satu coklat bubuk, gula halus, susu kental manis, susu cair dan minyak sayur. Aduk rata.

Kemudian, masak semua bahan yang sudah dicampur menjadi satu wajan tadi dengan api kecil masak sampai gulanya larut sambil sesekali diaduk.


Masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Masih tetap menggunakan api kecil ya. Aduk lagi sampai tercampur rata.

Masukkan campuran terigu masak sebentar sambil diaduk sampai tercampur rata. Kalau sudah matikan api.

Kemudian, tuangkan adonan Moist Chocolate Cake  kedalam aluminium foil. Tuangnya sepertiga cetakan saja karena nanti cakenya mengembang.

Kukus selama 25 Menit. Jangan lupa panaskan kukusan terlebih dahulu hingga airnya mendidih ya dan jangan lupa juga tutup kukusannya dialasi serbet supaya uap air tidak menetes ke adonan cake . Kukus dengan api kecil cenderung sedang.

Jika sudah 25 menit, buka tutup kukusan. Cek kematangan dengan cara dites tusuk jika sudah tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang cakenya. Angkat Moist Chocolate cake yang sudah matang dan dinginkan cakenya diatas cooling rack.

Setelah selesai membuat Moist Chocolate Cake, langkah selanjutnya yaitu membuat creamcheese frosting. Mixer cream cheese dan susu kental manis sampai tercampur rata dengan kecepatan rendah  sebentar saja kurang lebih sekitar 1 menit.



kemudian masukkan whipping cream cair. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai lembut dan kental kurang lebih sekitar 3 menit atau sesuai mixer masing-masing. Kalau sudah matikan mixernya.



Kemudian masukkan Creamcheese frosting ke piping bag / plastik segitiga, disini aku pakai dua piping bag  yang satu untuk motifnya dan yang satunya untuk Fillingnya.
Semprotkan cream cheese frosting di atas moist chocolate cake yang tadi sudah didinginkan. 
 Diamkan sekitar 1 jam di kulkas sampai set creamcheesenya. 

Langkah yang terakhir yaitu membuat Ganache
Potong kecil-kecil DCC / cokelat  agar cepat meleleh kemudian masukkan cokelat ke mangkuk tahan panas.


Campurkan mentega dan DCC ( Dark Cooking Chocolate ) kemudian sisihkan.

Panaskan whipping cream cair dan Madu dengan api kecil sampai berbuih. Jika sudah berbuih matikan api dan angkat. Kemudian langsung tuangkan ke mangkuk yang berisi DCC dan mentega. Aduk rata sampai DCC dan menteganya meleleh dan tercampur rata.



Setelah itu, masukkan vanilla essence aduk rata.

Masukkan ganache ke piping bag agar memudahkan saat disiramkan ke atas moist chocolate cake yang sudah diberi  Creamcheese frosting.

Sekarang siramkan Ganache di atas cake yang sudah dikasih creamcheese frosting tadi dan pastikan creamcheese frostingnya sudah set ya baru disiram ganache.

Kemudian semprotkan lagi creamcheese frosting diatasnya buat garis-garis memanjang dan untuk motifnya dengan cara menarik garisnya menggunakan lidi.


     Chococheese Lava Cake Berhantupun sudah selesai dibuat rasanya nyoklat banget dan lebih enak lagi kalo sebelum dimakan dimasukkan ke kulkas dulu ya. Selamat mencoba di rumah ya.
     Terima kasih sudah kunjungin blog asahidtehyung. Jika masih ada yang kurang jelas dari penjelasan di atas silahkan lihat video Cara Membuat Chocheese Lava Cake Berhantu ini aja ya :

0 comments:

Post a Comment