Cara Membuat Donat Empuk Tanpa Ulen

Resep Donat Empuk Tanpa Ulen

Siapa nih yang suka donat ? pasti banyak juga ya yang suka donat. Donat merupakan salah satu makanan yang sudah terkenal di seluruh dunia sehingga banyak yang menyukainya. Donat juga merupakan makanan kesukaan faqih. Faqih lebih suka makan donat ditabur gula halus. Untuk toppingnya bisa menggunakan glaze atau cukup ditabur gula halus tergantung selera kita.

Cara membuat donat biasanya setelah semua bahan - bahan dicampurkan, adonan diuleni sampai kalis elastis. Namun, resep yang akan tehyung bagikan kali ini adalah donat yang diuleni tanpa perlu sampai kalis elastis. Syaratnya adalah pada penggunaan terigunya menggunakan protein tinggi ya soalnya lebih cepat mengembang dan hasil donatnya juga empuk.

Meskipun tidak diuleni sampai kalis elastis,jangan khawatir masalah rasanya ya. Rasa donatnya enak dan tetap empuk ko. Berikut resep donat empuk tanpa ulen yang asahidtehyung sajikan.


Bahan Membuat Donat Empuk Tanpa Ulen :

Bahan biang Donat :

· 140 ml air hangat suam - suam kuku

· 1 sdm susu bubuk

· 1 sdm permifam

· 1 sdm gula pasir

Bahan dough / adonan Donat :

· 250 gr tepung terigu protein tinggi

· 1 sdm margarin

· ¼ sdt garam

· ½ sdt baking powder

· 2 butir kuning telur

Cara Membuat Donat Empuk Tanpa Ulen :

Siapkan wadah, campurkan semua bahan biang yang terdiri dari air, susu bubuk, permifan dan gula pasir. Aduk sampai tercampur rata kemudian, tutup dan diamkan selama 5 menit hingga bahan biang berbuih / berbusa.

Selanjutnya, siapkan wadah campurkan semua bahan dough yang terdiri dari tepung terigu, garam, baking powder, kuning telur dan margarin aduk menggunakan tangan sampai tercampur rata. Kemudian, masukkan bahan biang yang sudah berbusa sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata.

Jika sudah tercampur rata, tutup adonan menggunakan plastik wrap atau bisa juga ditutup dengan kain kering diamkan selama 20 menit hingga dough mengembang dua kali lipat.

Setelah 20 menit dan adonan mengembang dua kali lipat, buka plastik wrap atau kainnya. Kempiskan adonan ulen sampai rata saja kemudian, bulat - bulatkan adonan lalu diamkan selama 25 menit.

Selanjutnya, masukkan minyak ke wajan lalu panaskan minyak. Jika sudah panas, ambil 1 bulatan donat yang sudah didiamkan selama 25 menit dan sudah mengembang menggunakan spatula tujuannya agar donat tidak berubah bentuknya ketika digoreng jadi saat mengambilnya tehyung gunakan spatula.

Lubangi bagian tengahnya menggunakan jari tangan. Kemudian, goreng donat dalam minyak panas dan gunakan api yang paling kecil pada saat menggorengnya.

Saat menggoreng, jangan terlalu sering dibolak - balik cukup sekali saja. Goreng hingga matang atau hingga warnanya berubah kuning kecoklatan.Lakukan cara ini sampai semua adonan donat habis digoreng.

Angkat dan tiriskan donat yang sudah matang. Beri topping sesuai selera, bisa pakai gula halus, meisses, keju dan lain sebagainya tergantung selera masing - masing. Donat Empuk Tanpa Ulenpun selesai dibuat dan siap untuk dinikmati.

Demikianlah cara membuat Donat Empuk Tanpa Ulen. Selamat mencoba di rumah, semoga berhasil. Sekian dari Asahid & TehYung, jangan lupa ikutin terus resep lainnya yah. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat Donat Empuk Tanpa Ulen, silahkan lihat video berikut ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar