Cara Membuat kue Lapis Legit Irit

Resep Lapis Legit Irit


Bismillah...

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep lapis legit irit. Biasanya untuk pembuatan kue lapis legit membutuhkan banyak sekali kuning telur namun, Resep kali ini berbeda dengan resep kue lapis legit pada umumnya karena terbuat dari bahan yang cukup ekonomis, hemat dan irit telur.
Butuh kesabaran saat membuat kue lapis legit karena harus dibuat selapis demi selapis namun rasa lelah saat membuatnya akan terbayar ketika melihat hasilnya dan mencoba rasanya. Meskipun terbuat dari bahan yang cukup ekonomis, lapis legit irit ini tetap memiliki rasa yang enak dan nikmat jadi, cocok untuk menjamu tamu atau suguhan di hari spesial.
Nah, buat bunda - bunda yang ingin mencoba membuat kue lapis legit iritnya juga di rumah, asahidtehyung sajikan resep dan cara membuat kue lapis legit iritnya. Jangan lupa sebelumnya siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya ya.


Alat Membuat kue Lapis Legit Irit :

· Loyang 22x22x7
· Kertas Roti
· Kuas
· Wadah
· Mixer
· Spatula
· Pisau

Bahan Membuat kue Lapis Legit Irit :

-Bahan A

· 400 gr Margarin
· 3 sdm Susu bubuk
· 2 sdm Air
-Bahan B

· 225 gr Terigu protein rendah
· ½ sdt Vanili
· 1 sdt SP
· 1 sdm Bumbu spekuk
· 1 sdt Pewarna kuning
· 100 ml Air
· 350 gr Gula Halus
· 8 butir Telur

Cara Membuat Lapis Legit Irit :

Siapkan loyang ukuran 22x22x7, lalu alasi dengan kertas roti. Setelah itu, oleh tipis dengan margarin menggunakan kuas, kalau sudah sisihkan.
Siapkan wadah, campurkan bahan A yang terdiri dari margarin, susu bubuk dan air, menjadi satu. Mixer hingga mengembang dengan kecepatan tinggi sekitar 5-7 menit, setelah itu matikan mixer lalu sisihkan.

Untuk bahan B masukan ke dalam wadah campurkan menjadi satu telur, gula halus, tepung terigu, vanili, air, dan SP. Mixer dengan kecepatan tinggi selama 15 menit atau sampai mengembang , putih dan kental, kalau sudah matikan mixernya.

Kemudian masukan pewarna kuning dan bumbu spekuk, aduk sampai rata menggunakan spatula. Setelah tercampur rata, masukan bahan A yaitu campuran margarin dan susu bubuk, lalu aduk rata menggunakan spatula.
Panaskan Oven api atas selama 15 menit dengan suhu 160◦. Jika sudah panas, masukkan 5 sdm adonan ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti dan dioles margarin tadi, kemudian ratakan. Oven selama 7 menit hingga warnanya kecoklatan.

Jika sudah kecoklatan, keluarkan dari oven, tekan-tekan bagian atasnya dengan punggung sendok, agar hasil lapisannya terlihat cantik. Kemudian, tuangkan lagi 5 sdm adonan dan ratakan. Oven lagi selama 7 menit. Setelah 7 menit, keluarkan lagi dari oven, lalu tekan- tekan lagi menggunakan punggung sendok atau bisa juga menggunakan alat untuk meratakan lapis legit. Ulangi cara ini sampai adonannya habis, jika lapisan terakhir bagian atasnya sudah berwarna kecoklatan, matikan api atasnya.

Sekarang nyalakan api bawah selama 15 menit dengan suhu 160◦. Jika sudah 15 meit, keluarkan dari oven.
Keluarkan kue lapis legit irit dari loyang, boleh langsung boleh ditunggu sampai dingin. Rapikan bagian pinggirnya dengan pisau. Setelah itu, potong - potong lapis legit irit sesuai selera tata di atas piring, dan lapis legit iritpun siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.
Demikian cara pembuatan Lapis Legit Irit, Mudah bukan ? walaupun hanya memakai 8 butir telur hasilnya sangat tidak mengecewakan. Selamat mencoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke asahidtehyung.
Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat Video Cara Membuat kue Lapis Legit Irit ini aja ya :

0 komentar:

Posting Komentar