Cara Membuat Asinan Rambutan yang Segar

Asinan Rambutan

Asinan rambutan ini sempat hits lho bunda di sosial media baik di instagram maupun di facebook. Kebetulan karena lagi musim rambutan dan di depan rumah juga lagi tumbuh lebat buahnya, hari ini asahidtehyung akan membuat asinan rambutan yang segar. Asinan rambutan ini cocok banget disantap saat cuaca lagi panas terik apalagi jika sebelum disantap sudah dimasukkan ke kulkas, hmmm yummy! seger banget bunda. Buat yang belum pernah coba dan belum tahu bagaimana rasanya asinan rambutan, cobain ya pasti suka deh.

Cara membuat asinan rambutan ini sangat mudah tidak memerlukan blender, mixer ataupun oven hhe ya Enggalah kan cuma asinan. Ada yang bilang ini asinan ada juga yang bilang rujak, apapun namanya yang jelas ini benar - benar segar rasanya. Supaya ngga penasaran lagi, simak dan catat resep asinan rambutan yang segar berikut ini ya :


Bahan Membuat Asinan Rambutan yang Segar :

· 500 gr Rambutan

· 150 ml air

· 1 buah jeruk lemon / nipis / limau

· 5 sdm gula pasir

· 3 buah cabe rawit

· 1 sdt garam

Cara Membuat Asinan Rambutan yang Segar :

Langkah Pertama membuat asinan rambutan yaitu, kupas rambutan, buang bijinya dan iris menjadi dua bagian. Sisihkan.

Selanjutnya, siapkan ulekan lalu haluskan cabe rawit dan garam. Selain di haluskan, bisa juga dengan cara lain yaitu dengan cara diiris tipis dan kecil cabe rawitnya tergantung sesuai selera

masing - masing.

Langkah selanjutnya, siapkan wadah masukkan cabe yang sudah dihaluskan, gula pasir, air dan jeruk lemon. Jika tidak ada jeruk lemon, bisa juga diganti dengan jeruk nipis atau jeruk limau ( jeruk sambal ). Semua tergantung selera masing - masing. Aduk hingga rata dan gula pasirnya larut.

Masukkan campuran air, gula, cabe dan jeruk lemon yang telah diaduk sampai rata tadi ke dalam wadah yang berisi rambutan yang sebelumnya sudah dikupas dan dibuang bijinya. Aduk hingga tercampur rata. Beri perasan jeruk lemon diatasnya.

Masukkan asinan rambutan ke dalam kulkas agar rasanya lebih nikmat dan bumbunya lebih meresap. Asinan rambutanpun selesai dibuat serta siap untuk disajikan dan dinikmati.

Demikianlah cara pembuatan Asinan Rambutan, mudah sekali bukan? Bahan - bahannya pun sangat mudah didapatkan. Selamat mencoba di rumah ya bunda dan semoga keluarga di rumah suka.

Sekian dari Asahid dan TehYung, jangan lupa ikutin terus resep - resep lainnya yah.Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Jika masih belum paham bagaimana langkah - langkah membuat asinan rambutannya, silahkan lihat video Cara Membuat Asinan Rambutan yang Segar ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar