Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam

Resep Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep Bolu Kukus Ketan Hitam yang sangat simple dan mudah dicoba di rumah.

Siapapun yang pernah menyantap Bolu Kukus Ketan Hitam pasti langsung suka dengan rasanya apalagi ketan hitamnya terasa legit saat disantap sehingga cocok untuk diminum dengan kopi, teh, ataupun susu.

Penasaran apa saja alat dan bahan yang perlu disiapkan serta bagaimana cara pembuatan Bolu Kukus Ketan Hitam ? Oke langsung saja disimak penjelasan di bawah ini ya.

Alat Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam :

• Wadah

• Mixer

• Spatula

• Loyang

• Kukusan


Bahan Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam :

• 200 gr gula halus

• 250 gr tepung ketan hitam

• 1 sachset susu kental manis vanilla

• 200 gr margarin yang di cairkan

• 6 butir telur

Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam :

Pertama - tama siapkan wadah, lalu masukkan telur dan gula halus ke dalam wadah.

Kemudian, mixer gula halus dan telur dengan kecepatan tinggi selama 10 menit atau hingga mengembang, warnanya berubah menjadi putih dan tekstur adonannya menjadi kental.

Langkah selanjutnya, masukkan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula sampai tercampur rata.

Masukkan susu kental manis vanilla aduk rata. Kemudian yang terakhir masukan margarin yang telah dicairkan, lalu aduk kembali sampai tercampur rata .

Langkah selanjutnya, masukkan adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi sedikit minyak. Tujuannya agar ketika Bolu dikeluarkan tidak lengket.

Kemudian, kukus adonan di kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan hingga mendidih.Kukus adonan Bolu Kukus Ketan Hitam selama 45 menit menggunakan api kecil cenderung sedang atau hingga matang ya.

Jika sudah matang, angkat bolu dari kukusan dan tunggu hingga dingin .

Setelah bolu dingin, keluarkan bolu kukus ketan hitam dari loyang lalu letakkan di atas piring .

Hias bagian atasnya agar menarik, kali ini Tehyung akan menghias motif bintang dengan kertas roti , lalu taburi bagian atas nya dengan gula halus .

Untuk topping / hiasannya sesuai selera ya.

Langkah terakhir potong - potong Bolu Kukus Ketan Hitam. Bolu kukus ketan hitampun siap di sajikan untuk keluarga tercinta.

Demikian cara pembuatan Bolu Kukus Ketan Hitam. Mudah bukan ? Bahan - bahannya pun sangat mudah didapat . Jadi , jangan lupa untuk dicoba di rumah yah , semoga berhasil . Sekian dari Asahid dan TehYung jangan lupa untuk terus ikutin resep - resep lainnya yah. Semoga Bermanfaat . Terima Kasih.

Jika masih kurang jelas penjelasan di atas silahkan lihat video Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam ini aja ya :

0 komentar:

Posting Komentar