Resep Nasi Tumpeng Simple dan Sederhana 17 Agustusan ~ Asahid TehYung Tutorial

Resep Nasi Tumpeng Simple dan Sederhana 17 Agustusan

Resep Nasi Tumpeng Simple dan Sederhana 17 Agustusan


Assalamu'alaikum teman - teman hari ini teteh buat tumpeng lho cocok nih buat kalian yang lagi cari ide tumpeng buat 17an Agustus.
Langsung aja yuk kita siapkan
bahan untuk tumpeng nasi kuningnya :
- 1200 gr beras putih
- 300 gr beras ketan
- 1 1/2 sdm kunyit bubuk
- 3 sdm garam
- 3 batang serai, digeprek
- 5 lembar daun jeruk
- 6 lembar daun salam
- 1 lembar daun pandan
- 200 ml santan instan
- 1500 ml air
- 1 sdm air perasan jeruk nipis



Siapkan juga perlengkapan tambahan membuat nasi kuning :
- Tampah
- Styrofoam
- Daun pisang
- Tusuk gigi
- Steples

Pelengkap nasi kuning :
- Ayam goreng
- Perkedel
- Orek tempe
- Telur dadar rawis
- Urap sayur, dll

Cara Buat yang lengkap ada di sini ya



ANEKA JAJANAN PASAR
https://www.youtube.com/watch?v=9khTCM91dow&list=PLsCfhWcduCSRL7BzJn8M3hb6ZJhPveciW

Aneka RESEP LAUK PAUK ada di sini
https://www.youtube.com/watch?v=EHwFFujQrFQ&list=PLsCfhWcduCSRuUzQMByi3v3huXAZbiSs_


SUBSRIBE YA AGAR TETEH UPLOAD VIDEO TUTORIAL LAINNYA
https://goo.gl/KsKdmX

VIDEO BARU
https://goo.gl/7mMhP6

VIDEO BANYAK DI TONTON
https://goo.gl/MfCmmo
=====================================================

#nasitumpeng #resepnasitumpeng #nasikuning

Pertama kita buat nasi tumpengnya dulu campurkan 1200 gram beras putih dengan 300 gram beras ketan. setelah itu cuci bersih beras dan rendam dengan air secukupnya selama 30 menit supaya lebih pulen. Setelah 30 menit tiriskan airnya. kemudian langsung tuangkan ke dalam rice cooker tuangkan semua berasnya setelah itu tambahkan kunyit bubuk garam 3 batang serai daun jeruk daun salam daun pandan 200 ml santan instan kemudian tambahkan air 1 sendok makan air perasan jeruk nipis. supaya warna kuningnya jd cantik dan nasinya lebih tahan lama. aduk hingga rata. Tutup rice cooker masak hingga mode warm atau hingga matang. Setelah matang, buka tutup rice cooker, segera aduk rata nasi kuningnya supaya nasi kuning lebih pulen. Setelah diratakan, sisihkan. Siapkan ketimun, potong bagian kepala dan ujungnya. Panjangnya kira - kira 10 cm. Gunakan pisau untuk membuat arah zig Zag hingga membentuk mahkota. Mulailah dari bagian tengah ya teman teman. Jika sudah membentuk mahkota, potong lagi ketimun di bagian perbatasan kulit dan dagingnya hingga membentuk kelopak. Setelah itu, rendam ketimun yang sudah cantik ini ke dalam air es hingga merekah. Kemudian sisihkan. Sekarang siapkan pokcoy. Potong bagian pangkal pokcoy kurang lebih 5 cm atau sesuai selera. Dengan bantuan pisau, bentuk pangkal pokcoy hingga seperti mawar. Dan sekarang rendam mawar pokcoy di air es. Siapkan juga cabe merah besar, potong cabe dengan pisau hingga tidak putus, supaya lebih gampang,selanjutnya potong lagi cabe dengan gunting secara perlahan hingga membentuk kelopak bunga. Lakukan sampe semua cabe habis dibentuk bunga. Setelah selesai, rendam di air es hingga cabe merekah. Hiasan tumpeng bisa ditambah sesuai selera ya dan bisa dibuat sehari sebelum nya.

Siapkan tampah yang diberi styrofoam seukuran tampah, kemudian alasi dengan daun pisang hingga tertutup sempurna. Kuatkan sambungannya dengan tusuk gigi.
Gunting kelebihan daun pisang di sepanjang tampah, gunting hingga rapi ya teman - teman hingga membentuk lingkaran.

Selanjutnya siapkan beberapa lembar daun pisang dengan ukuran yang sama kira kira seukuran telapak tangan. Siapkan juga steples.
Ambil selembar daun pisang. Lipat sisi kanan dan kiri. Kemudian steples hingga rapi. Balikan lagi posisi daun pisang. Lipat lagi sisi kanan dan kiri. Kemudian steples lagi hingga rapi.. Lakukan hal yang sama untuk semua lembaran daun pisang. Jika sudah selesai, selipkan segitiga segitiga daun pisang ke balik alas daun pisangpisang dan kuatkan dengan tusuk gigi. Biarkan tusuk giginya menonjol ya teman teman. Ini untuk tempat menusukkan pagar kacang panjang.
Usahakan jarak lebar antar tusuk gigi sama lebarnya.
Gunting beberapa kacang panjang seukuran tusuk gigi. Kemudian masukkan ke dalam tusuk gigi yang terpancang di sekeliling tampah.
Kacang panjang ini fungsi nya sebagai tiang pagar tumpeng. Jadi pastikan sekeliling tusuk giginya sudah dimasukkan potongan kacang panjang ya. Selanjutnya lilitkan kacang panjang yang masih utuh yang sudah dirapikan bagian ujungnya. Lilitkan ke sekeliling tiang pagar dengan cara berselang seling depan belakang depan belakang. Sambung kacang panjang dengan kacang panjang lainnya dengan tusuk gigi. Kemudian lilitkan lagi ke tiang  pagar. Demikian seterusnya hingga pagar tersusun rapi. Bisa 5 susun pagar bahkan 7 susun pagar.

Jika pagar sudah tersusun rapi, gunting kelebihan kacang pada tiang agar tingginya sama dengan pagar. Jadi lebih rapikan.

Kalo udah rapi seperti ini, tusuk gigi yang di bagian tengah bisa dicabut.
Susun daun selada di sebagian tampah, ini sesuai selera ya ngga pakai pun tetap cantik.
Siapkan cetakan tumpeng yang sudah dioles minyak. Isi dengan beberapa centong nasi tumpeng kuning. Cetak nasi kuning sambil dipadat padat kan dan isi hingga penuh. Setelah dicetak, balikan ke atas tampah. Angkat perlahan cetakannya.. Dan jadi deh nasi tumpeng nya.. Ini ngga mudah hancur lho karena td ditambah beras ketan untuk nasi kuningnya. Tambahkan daging ayam, perkedel, orek tempe, telur dadar rawis, urap sayur dan lain-lain.... Jangan lupa untuk urapnya dikasih bumbu urap yang sudah dimasak ya.

Mulai susun hiasan tumpeng yang sudah kita buat. Bagian kerucut tumpeng bisa kita percantik dengan kerucut dari daun pisang dan supaya lebih cantik tambahkan irisan ketimun. Ketimun ini teteh iris tipis tipis setengah lingkaran. Gimana cantikkan?
Supaya lebih cantik lagi, tusukan bendera merah putih di bagian kiri dan kanan. Udah jadi deh tumpeng ala teteh dicoba ya buat acara 17 agustusan nanti bisa juga nih dijadikan ide buat acara acara tertentu... Oh ya untuk sayurannya supaya lebih mantap jangan lupa ditabur urapnya....

0 comments:

Post a Comment