IDE JUALAN KUE KERING LEBARAN | RESEP SUMPIA COKLAT


    Assalamualaikum teman-teman hari ini teteh akan share resep sumpia.Sumpia adalah cemilan yang selalu ada di isian toples apalagi menjelang lebaran. Sumpia merupakan sejenis makanan kue kering tradisional yang berbentuk seperti lumpia tapi dengan ukuran yang sangat mini. Cemilan khas Bandung ini memiliki isi yang bervariasi yaitu abon, udang dan ebi. Nah kali ini teteh variasikan sumpia yang berbeda ya yaitu sumpia isi selai coklat dan selai coklatnya homemade lho...

bahan - bahannya :
- 40 lembar kulit lumpia, potong 6 ( bisa juga pake kulit pangsit )
- 40 gr margarin )
- 2 butir putih telur ( untuk perekat )
Bahan Selai coklat homemade :
- 2 sdm coklat bubuk
- 200 gr coklat batangan - 3 sdm gula pasir

Resep yang mungkin kalain suka :
MEMBUAT CAMILAN YANG LARIS MANIS UNTUK ANAK SEKOLAHAN
Caramembuat : Ok temen temen, pertama buat slai cokklatnya dulu. jadi kita masak coklat yang sudah diserut, campur gula pasir. Kemudian di tambahkan coklat bubuk dan minyak sebanyak 40 ml. Ini kita masak dengan api kecil sampai coklatnya meleleh dan semua bahan tercampur rata. Masak sampai sambil terus di aduk aduk sampai seperti ini yah temen temen untuk tektur nya


Jadi ini pakai cara langsung di masak tanpa di tim. Kemudian langsung aja kita angkat dan tuangkan ke dalam plastik segitiga atau biasa di sebut paping bag. Kita masukan semuanya, kita tunggu dingin dulu yah temen temenjadi sampai selainya itu mengeras gak cair seperti ini:



Selanjutnya kita siapkan kulit lumpia, ini isinya 40 lembar, Teteh beli di supermarket. Karena ini gede banget kita potong menjadi 6 bagian. nah temen temen ini bisa di ganti dengan kulit lumpia yang tipis itu yah yang ada di pasar boleh juga pakai kulit pascake.  Jadi sesuai selera kalian. 
karena ini dari freezer agak susah banget ini


Kemudian di sini teteh sudah siapkan perekatnya pake putih telur. Ambil selembar kulit lumpia dan kita beri putih telur di bagian pinggirannya. olesi bagian pinggir kulit lumpia dengan putih telur dan setelah itu baru semprotkan selai coklat homade yang sudah kita buat tadi.


Selainya secukupnya aja yah temen temen, kemudian kita lipat di bagian sisi kiri dan kanan. Lipat seperti ini yah temen temen caranya, sambil di tekan tekan, pastikan ini bener bener rapi dan rapat supaya saat digoreng tidak keluar coklatnya.

Ok temen temen kita lakukan hal yang sama untuk semua kulit lumpianya dan lakukan sampai habis yah. ini hasilnya jadi banyak banget.


Ok temen temen kita tuangkan minyak secukupnya, Tuangkan yang banyak yah atau sampai terendam. Kemudian setelah minyak panas masukan lumpia isi coklat nya satu persatu atau secukupnya. Jangan terlalu penuh yah temen temen supaya bisa matang merata. Kita goreng sampai berwarna, goreng sampai berwarna kecoklatan seperti ini:


Kemudian angkat dan tiriskan. nah temen temen kalian boleh sampai kering yah, supaya bisa awet ketika di simpan ke dalam wadah kedap udara, goreng lagi sampai semuanya habis, goreng sampai kecoklatan.

Untuk lebih lanjutnya langsung aja ya di tonton juga vidionya 



0 komentar:

Posting Komentar