CARA MEMBUAT BOLU PANDAN RICE COOKER ANTI GAGAL



    Kali ini teteh akan share resep bolu pandan yang dibuat menggunakan rice cooker. Bolu pandan merupakan salah satu kue tradisional yang terkenal di Indonesia dan banyak negara Asia Tenggara lainnya. Rasanya yang lezat dan aroma pandan yang khas membuatnya menjadi hidangan yang populer dan disukai oleh banyak orang. Yuk simak resep dan cara membuatnya!

Bahan bolu pandan rice cooker :
- 4 butir telur - 110 gr tepung terigu protein rendah - 10 gr tepung maizena - 120 gr gula pasir - 60 ml susu cair - 1 sdm minyak goreng - 1/2 sdt pasta pandan - 1/4 sdt baking powder - 1/2 sdt vanilla extract atau bisa diganti 1/4 sdt vanili bubuk.
Resep yang mungkin kalian sukai :

Cara membuat bolu pandan rice cooker :
- Pertama, siapkan rice cooker dan lumuri bagian dalamnya dengan margarin dan taburkan sedikit tepung. Hal ini akan membantu mencegah adonan bolu menempel pada rice cooker.

- Selanjutnya, campurkan pasta pandan dan susu cair.
- Campur tepung terigu, maizena dan baking powder sambil diayak.
- Kemudian, ambil mangkuk besar dan kocok telur, pasta vanilla dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat.
- Masukkan larutan susu dan pasta pandan serta minyak ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata dengan spatula.
- Setelah itu, masukkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur secara merata dan tidak ada gumpalan.
- Tuang adonan bolu ke dalam rice cooker yang telah dilumuri dengan minyak atau mentega. Pastikan adonan tidak melebihi 3/4 bagian dari kapasitas rice cooker, karena bolu akan mengembang ketika dimasak.
- Nyalakan rice cooker dan setel ke mode "Cook". Biarkan bolu pandan matang selama sekitar 40-50 menit. Untuk memastikan bolu telah matang, gunakan tusuk gigi untuk menusuk bagian tengah bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.
- Setelah matang, matikan rice cooker dan keluarkan bolu dari rice cooker. Biarkan bolu sedikit mendingin sebelum dikeluarkan dari wadahnya.
- Tambahkan whippcream dan parutan keju supaya semakin cantik (opsional)     Bolu pandan rice cooker siap disajikan! kalian dapat memotongnya menjadi irisan dan menyajikannya sebagai camilan atau hidangan penutup. Silahkan tonton video berikut ini untuk melihat cara lengkap membuat bolu pandan rice cooker :

Selamat mencoba membuat Bolu Pandan dengan rice cooker! Terimakasih sudah mampir #bolupandan #bolupandanricecooker#tanpaoven

0 komentar:

Posting Komentar