MEMASAK SEMUR JENGKOL DI RICE COOKER YANG SANGAT MUDAH

Semur Jengkol Rice Cooker , Sangat Mudah Buatnya


Hai teman-teman semuanya...
Siapa nih yang penggemar jengkol, rasanya yang khas dan baunya yang nikmat membuat para pecinta jengkol makin memburunya. Hari ini teteh akan share menu Resep semur jengkol yang udah terkenal banget hihi... Teteh masak dengan cara berbeda karena membuat semur jengkol menggunakan rice cooker Mito R5 dari @mito_id jadi praktis banget lho temen - temen. Spesifikasi rice cooker ada di bawah ya.
Yuk langsung aja siapkan bahannya. :
- 300 gr jengkol tua, supaya legit - air cucian beras secukupnya - 2 batang serai, digeprek ( untuk bumbu & untuk merebus jengkol ) - 3 cm lengkuas, digeprek - 5 lembar daun salam ( 3 untuk menumis & yang 2 lembar untuk merebus jengkol) - 5 sdm kecap manis - air secukupnya - 1 sdt garam - 1/2 sdt kaldu bubuk - 1 sdt gula merah - minyak secukupnya untuk menumis
Bumbu halus :
- 5 siung bawang merah - 3 siung bawang putih - 3 butir kemiri, disangrai - 3 buah cabe rawit - 2 buah cabe merah besar - 2 buah cabe merah keriting - 2 cm jahe - 2 cm kunyit - 1/4 buah pala ( atau 1/4 sdt pala bubuk) - 1/4 sdt merica butiran Digital Rice Cooker Mito R5 Garansi 1 Tahun Resmi Cara membuat: 1. Panaskan rice cooker dengan mode "cook" atau "saute". Tambahkan sedikit minyak untuk menumis. 2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna keemasan. 3. Masukkan daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis sebentar hingga aromanya terasa. 4. Tambahkan jengkol yang sudah dikupas kulitnya. Aduk rata. 5. Tuangkan kecap manis dan saus tiram ke dalam rice cooker. Aduk merata hingga jengkol terbalut dengan bumbu. 6. Masukkan gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. 7. Tuangkan air ke dalam rice cooker dan aduk kembali hingga semua bumbu tercampur dengan baik. 8. Tutup rice cooker dan atur ke mode "cook" atau "saute" hingga semur mendidih. 9. Setelah mendidih, ubah mode rice cooker menjadi "warm" atau "keep warm". Biarkan semur jengkol matang dan bumbu meresap selama kurang lebih 1-2 jam. 10. Setelah matang, semur jengkol siap disajikan. Bisa disantap dengan nasi hangat atau sebagai lauk pendamping. Selamat mencoba!

Untuk cara pembuatannya, kalian bisa lihat video dibawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar