BIKIN PEPES AYAM TANPA DAUN, GAK KALAH ENAK RASANAYA SAMA YANG PAKE DAUN

    Pengen pepes ayam ? tapi susah nyari daunnya, gampang banget di sini teteh bakal kasih tau resep cara membuat pepes ayam tanpa daun looh di jamin rasanya gak kalah enak sama yang pake daun,  yuk langsung aja kita simak cara pembuatannya.

Bahan-bahan :
- 500 gram ayam 
- 1 jeruk nipis
- garam secukupnya
- 5 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, iris tipis tipis
- 2 batang serai
- 5 lembar daun salam
- 3 cabe rawit
- 3 cabe kriting
- 2 ikat kemangi
- 1 sdm garam
- 1/2 sdm kaldu ramur 
- 1/2 sdm gula pasir 

Bumbu halus :
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih 
- 3 butir kemiri 
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 2 sdm minyak

Resep yang mungkin kalian suka :
 
Cara membuat :
- Berikan perasan jeruk nipis dan sedikit garam ke daging ayam agar tidak bau amis dan sebagai perasa. Biarkan sampai garam dan air perasan jeruk nipisnya terbalur ke semua bagian ayam. Diamkan sampai benar benar meresap.
- Ulek atau aluskan semua bahan bumbu halus yang tertera di resep. Haluskan sampai benar-benar halus dan tercampur rata.
- Panaskan minyak, Tumis bumbu yang sudah di haluskan tadi sampai aromanya wangi.
- Setelah aromanya bumbunya tercium, masukkan ayam yang sudah diberi air perasan jeruk nipis. Masak dan aduk-aduk sebentar.
- Masukan irisan cabe, sereh, lengkuas, cabe rawit utuh, daun salam, kaldu jamur, garam dan gula pasir, aduk sebentar sampai bumbunya merata.
- Pindahkan ayam ke kukusan, kukus hingga matang. Disini Teteh pake kukusan listrik, kalian bisa pakai kukusan biasa kalau ngga punya.

    Simpel kan bikinnya gak terlalu susah jadi gak usah repot repot bungkus pake dau pisang. Supaya lebih mudah membuatnya yuk di tonton vidionya  

Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar