Minuman Segar ini Dibuat Dari Kacang , Semua Orang Suka Dengan Rasanya

Hai Teman Teman Assalamualaikum . Kali ini Teteh share resep es kacang merah, es kacang merah sangat mudah di buat , dan untuk rasanya enak banget . Kalian Pasti suka ! Langsung aja yuk simak!

Bahan:
- 750 gram kacang merah kering
- 3 liter air
- 1 sdm garam
- 13 sdm gula pasir
- 2 sdt vanili bubuk
- 7 sendok makan gula merah (disisir) sekitar 95 gr
- 3 sdm coklat bubuk
  • - 3 sdm maizena+50 ml air

Bahan kuah:
- 400 ml santan kental
- 600 ml susu cair fullcream
- 3 lembar daun pandan ikat simpul
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm MAIZENA + 50 ml air 

Pelengkap:
- Es serut secukupnya 
- kental manis secukupnya 

Resep yang mungkin kalian suka :
Cara membuat:
- siapkan kacang merah, kemudian rendam dengan air sampai semua kacang merah terendam, rendam semalaman hingga kacang mengembang dan merekah. 
- Didihkan air di panci, masukkan kacang dan rebus selama 10 menit. Setelah 10 menit,matikan api tutup dan diamkan 30 menit. Nyalakan lagi api kompor. Masak lagi selama 10 menit. Masak hingga kacang benar-benar empuk. Jangan ditambah gula atau garam bila kacang belum empuk ya
- Jika kacang telah empuk, kecilkan api. siapkan gula pasir, aduk rata dengan coklat bubuk. Tujuannya supaya pada saat dimasak coklat tidak menggumpal jadi kita tambahkan gula pasir. 
- masukkan campuran gula pasir dan coklat bubuk aduk rata. Masak hingga tercampur rata, hingga gula larut. masukkan garam dan vanili, aduk rata. masak hingga kuah agak menyusut 
- setelah kuah menyusut, masukkan larutan maizena. Aduk rata masak hingga mendidih dan sedikit  mengental. Angkat dan sisihkan.
Note: pastikan kacang empuk sebelum dimasukkan gula dan garam. Kacang tidak akan bisa empuk jika saat perebusan awal telah memasukkan gula dan garam.

Membuat kuah:
- Masukkan santan dan susu cair dalam panci, tambahkan daun pandan dan garam. Aduk rata. Masak hingga mendidih. setelah mendidih, masukkan larutan tepung maizena. Aduk rata. Masak hingga kuah sedikit mengental. 
- setelah kuah sedikit mengental, matikan api dan kuah pun siap disajikan. 
Cara penyajian:
- Siapkan gelas, masukkan kacang merah beserta saus coklatnya.
- Masukkan es batu serut,Siram dengan kuah. 
- Beri kental manis secukupnya, terakhir topping kacang merah atau sesuai selera. Es kacang merah siap disantap. Yummy!
Gimana teman-teman Rasa manis, segar dan pulen kacang merahnya jadi satu bisa kalian bayangkan donk hihii. Jangan lupa dicoba ya teman-teman, untuk cara lebih jelasnya kalian bisa lihat video dibawah ini. Terimakasih, wassalamualaikum 

0 komentar:

Posting Komentar