RESEP LENGKAP HAINAN RICE BESERTA SAUS , KECAP DAN AYAM CHARSIU

Assalamu'alaikum teman-teman kali ini teteh akan share menu ala Chinese yaitu Hainan rice lengkap dengan saus, kecap dan ayam charsiu. Simak hingga selesai ya

Bahan kaldu :
- 1 ekor ayam pejantan utuh
- 1 ekor tulang ayam
- 3 sdm minyak goreng 
- 2 siung bawang putih, geprek
- 2 batang daun bawang, iris 4 cm
- 2 ruas jahe, digeprek
- 5 liter air
- 3 sdm garam
- 3 sdm kaldu bubuk
- 1 sdm gula pasir (bisa juga pake 20 gr gula batu)
- 2 lembar daun pandan, ikat simpul
- 3 sdm minyak wijen

Bahan nasi :
- 3 sdm minyak bawang
- 4 siung bawang putih, cincang
- 2 ruas jahe, cincang
- 300 gr beras
- 2 lembar daun pandan, ikat simpul
- 250 ml air kaldu
- 1/2 sdt (garam, micin, kaldu bubuk) 
- 2 sdm minyak wijen

Bahan ayam charsiu :
- 500 gr dada ayam
- 1 sdt garam
- 1 sdt lada bubuk
- 4 sdt hoisin
- 6 tetes pewarna orange, larutkan dengan air
- minyak secukupnya

Bahan Saus :
- 125 gr cabe keriting
- 125 gr cabe rawit
- 5 siung bawang putih
- 4 ruas jahe
- 500 ml air
- 1 sdt garam
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1 sdt gula pasir

Bahan Kecap :
- 2 batang daun ketumbar, potong sekitar 3 cm. 
- kecap asin
- kaldu ayam
- air

Resep yang mungkin kalian suka:
Cara membuat kaldu :
Pertama, siapkan ayam prjantan dan juga tulang ayam.
Sisishkan bagian brutu dan ujung mulutnya. Belah jadi 2 bagian. Sisihkan bagian dalamnya juga ya supaya kaldunya bening dan tidak bau amis. 
Masukkan ayam dan tulang ayam ke dalam air yang sudah direbus hingga mendidih . Rebus sekitar 1 menit tujuannya untuk menghilangkan lemak serta darah dan kotorannya. Setelah itu Angkat dan tiriskan kemudian cuci sampai bersih ya

Sekarang Panaskan minyak, kemudian tumis daun bawang, jahe dan juga bawang putih yang sudah digeprek. Tumis hingga tercium bau harum. 
Kemudian masukkan ke dalam air yang sudah direbus hingga mendidih. Masukkan juga tulang ayam dan ayam yang sudah di blansir  tadi. Masukkan juga dua lembar daun pandan. Tambahkan garam dan juga gula pasir. Masukkan juga kaldu bubuk dan minyak wijen ya. Kita reduce kaldunya. 
Sekarang kita masak nasinya ya, Panaskan 3 sdm  minyak ayam, tumis bawang putih cincang dan juga jahe sampai harum. 
Setelah harum masukkan beras yang sudah dicuci bersih aduk rata dan biar makin wangi tambahkan 2 lembar daun pandan ya. Aduk rata tunggu sampai tercium bau harum. 
Setelah tercium bau harum, masukkan kaldu ayam yang sudah kita masak tadi ya temen-temen.
 Masukkan juga tulang ayam yang dibuat kaldu tadi, supaya rasanya makin enak.Aduk rata. 
Masukkan garam, mecin dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masukkan dua sendok makan minyak wijen, aduk rata masak sampai kuahnya menyusut ya
Setelah kuah menyusut, masukkan ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Kukus dengan api sedang hingga matang atau sekitar 30 menitan. 
Sambil nunggu nasi matang sekarang siapkan dada ayam, lalu belah menjadi dua bagian. 
Bumbui dengan garam,lada bubuk, hoisin dan bumbu ngo hiong. Aduk rata. Masukkan pewarna makanan yang dicampur sedikit air. Aduk rata. Marinasi ayam sekitar 30 menit ya. 
Sekarang kita buat sambalnya ya,  siapkan bahan-bahan ini yang terdiri dari cabe rawit, cabe keriting, bawang putih dan juga jahe. 
Haluskan semua bahan ini dengan tambahan air ya
Nah sekarang sudah kita blender halus nih, langsung aja kita masak ya.  Tambahkan garam, lada bubuk, kaldu bubuk, aduk rata. jangan lupa tambahkan juga gula pasir ya. Aduk rata. Masak hingga mengental dan kuah menyusut. Setelah menyusut,angkat dan sisihkan. 
Nah untuk pelengkap berikutnya yaitu kita akan membuat kecapnya, siapkan daun ketumbar lalu tambahkan kecap asin kaldu ayam dan juga air. Masukkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk rata, kemudian masak hingga mendidih ya. Setelah mendidih angkat dan matikan apinya. 
Oh ya teman-teman setelah 30 menit cek nasi yang kita masak tadi ya. kalau udah matang, angkat dan matikan apinya. 
Sekarang kita masak ayam yang sudah di marinasi dengan bumbu tadi. Siapkan grill pan, kemudian panaskan. tambahkan minyak, tunggu sampai minyaknya bener-bener panas. Setelah panas, kecilkan apinya lalu grill ayamnya. tiap sisi sekitar 2 menit atau sampe berubah warna kayak gini. 
Setelah kedua sisi kita grill,  lalu kita oven sampai matang dengan suhu 200 derajat sekitar 18 menit. 
Kalau misalkan temen-temen menggunakan paha ayam, nggak perlu di oven ya karena paha ayam lebih cepat matang daripada dada ayam. Sekarang angkat dan tiriskan ayam yang ada pada kaldu. Sisihkan tulang yang menempel pada ayam dengan menggunakan pisau seperti ini caranya. 
Selesai menyisihkan tulang, kemudian kita potong-potong ayam charsiu yang sudah matang setelah di oven. 
Siapkan tiga buah mangkuk, kemudian tuangkan sambalnya. Lalu tuangkan kecapnya pada mangkuk kedua dan yang terakhir tuang kaldunya. 
Beri potongan daun ketumbar pada kecapnya. Taburkan daun bawang pada kaldu,  taburkan juga bawang putih goreng. 
Selanjutnya kita sajikan ayam hainannnya. Untuk penyajian, bisa kalian plating bersama sayuran. Lalu letakkan semangkuk nasi hainan di piring, taburkan wijen sangrai. Hias dengan irisan cabe dan daun bawang. Irisan ayam charsiu. Ayam yang sudah dibuang tulangnya, lalu oleskan minyak bawang supaya cantik dan mengkilat. Taburkan bawang putih goreng juga ya. 
Udah jadi deh, sekarang tinggal di sajikan. Cocok banget buat dimakan bersama keluarga tercinta. Ngga perlu lagi deh beli ke resto kalo udah bisa buat sendiri. 
Top deh rasanya yuk cobain sendiri di rumah. Untuk resep lebih jelasnya kalian bisa lihat video di bawah ini. Terimakasih sudah menyimak sampai selesai , wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar