Cara Membuat Bola Ubi Kopong

Resep Bola Ubi Kopong

Siapa nih yang belum coba bola ubi kopong ? untuk yang belum coba pasti penasaran kan gimana rasanya dan gimana cara membuatnya. Proses pembuatannya engga terlalu sulit ko asalkan resep dan cara membuatnya sudah sama persis insyaAllah berhasil.

Ada yang sudah berhasil mempraktekannya di rumah namun, ada juga yang mengeluh ke tehyung" ko aku gagal ya teh!". Faktor kegagalannya biasanya terletak pada saat proses menggorengnya sehingga bola ubi tidak bisa kopong jika belum tahu triknya.

Aku sendiri pernah mengalami kegagalan saat membuatnya. Ternyata setelah ditelusuri faktor kegagalannya ada pada saat proses menggorengnya. Langsung aja ya tehyung bagikan resep dan cara membuat bola ubi kopongnya mudah - mudahan tidak ada yang gagal lagi saat membuat bola ubi kopongnya.


Bahan Membuat Bola Ubi Kopong :

· 70 gr tepung tapioka

· 300 gr ubi kuning kukus, di haluskan

· 80 gr gula halus

· 30 gr tepung maizena

· 1 sdt baking powder

Cara Membuat Bola Ubi Kopong :

Pertama - tama ayak bahan kering yang terdiri dari tepung tapioka, tepung maizena, gula halus dan baking powder menggunakan ayakan / saringan. Tujuannya agar nanti adonannya halus dan tidak ada butiran kasar, sehingga hasilnya bagus dan lembut.

Selanjutnya, campurkan ubi yang telah dikukus dan dihaluskan dengan bahan kering yang sudah di ayak. Uleni hingga adonan bisa dibentuk.

Setelah itu, bulat - bulatkan adonan dengan ukuran sesuai selera bisa besar, sedang ataupun kecil. Lakukan cara ini sampai semua adonan habis dibentuk bulat.

Tuangkan minyak ke dalam wajan kemudian nyalakan api kompor dan langsung masukkan bola ubi yang tadi sudah di bentuk bulat - bulat kedalam minyak yang masih dingin. Goreng bola ubi sambil di dibolak - balik dan ditekan - tekan agar bagian dalamnya bisa kopong. Goreng hingga matang atau hingga kopong dan kuning keemasan.

Angkat dan tiriskan bola ubi kopong yang sudah matang. Goreng lagi sisanya dengan cara masukkan ke dalam minyak yang masih dingin dan api kompor kecil cenderung sedang.

Jika bola ubi digoreng dalam minyak yang sudah panas hasilnya tidak akan kopong, bola ubi lebih cepat matang dan cenderung seperti bantat sehingga tidak sempat dibolak balik dan

ditekan - tekan itu yang menyebabkan bola ubi tidak kopong.

Demikian resep dan tips cara membuat bola ubi kopong. Semoga bisa dimengerti dan bisa dipraktekkan langsung di rumah ya. Terima kasih sudah berkunjung ke asahidtehyung.

Jika masih bingung dengan penjelasan di atas silahkan lihat video cara pembuatan Bola Ubi Kopong ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar