Cara Membuat Ikan Mas Acar Kuning

Resep Ikan Mas Acar Kuning

Ikan mas bumbu acar kuning ini merupakan salah satu menu favorit keluarga. Tidak heran rasanya yang lezat membuat ikan mas bumbu acar kuning ini digemari oleh setiap orang. Tidak hanya ikan mas yang dipadupadankan dengan bumbu acar kuning ikan lainnya seperti gurame dan kembung juga bisa ko.

Ikan mas bumbu acar kuning jadi terasa lebih spesial ketika disantap dengan keluarga tercinta. Potongan mentimun atau bisa juga ditambah wortel menambah cantik dan enak rasanya. Seperti apa sih resep membuat sajian ikan mas acar kuning ini ? Berikut asahidtehyung bagikan resep mudahnya ya bunda.


Bahan :

Bahan Utama Membuat Ikan Mas Acar Kuning :

· I kg ikan mas yang sudah dibersihkan

· 1 buah jeruk nipis

· 1 sdm garam

Bumbu yang dihaluskan :

· 9 siung bawang merah

· 7 butir kemiri

· 5 siung bawang putih

· 3 cm jahe

· 3 cm kunyit

· ½ sdt merica butiran

Bahan Pelengkap :

· 2 btg serai yang di memarkan

· 5 buah cabe rawit

· 4 buat mentimun kecil, kupas, buang bijinya dan potong memanjang

· 400 ml air

· 1 sdt cuka masak

· ½ sdt garam

· ½ sdt gula pasir

· 1 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Ikan Mas Acar Kuning :

· Pertama-tama belah jeruk nipis, peras dan balurkan pada ikan yang sudah dibersihkan agar tidak bau amis. Kerat-kerat ikan mas tujuannnya agar bumbunya mudah meresap. Baluri juga ikan mas dengan garam. Diamkan selama 1 jam.

· Siapkan wajan, lalu panaskan minyak tambahkan 1 sdt kanji supaya minyak panas tidak menyiprat saat ikan mas digoreng. Goreng ikan mas hingga matang dan berubah warna menjadi kuning keemasan. Jika ikan sudah matang, angkat dan tiriskan ikan mas. Sisihkan.

· Blender bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, kemiri, bawang putih, jahe, kunyit dan kemiri. Tambahkan sedikit minyak supaya bumbu mudah halus dan tercampur rata. Jika sudah halus, matikan blendernya dan angkat bumbu halusnya.

· Siapkan wajan, tuangkan minyak secukupnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan berubah warna. Setelah itu tuangkan air, serai, cabe rawit, garam, gula, kaldu bubuk dan cuka. Aduk dan masak sampai mendidih.

· Selanjutnya, jika sudah mendidih masukan ikan mas yang tadi sudah digoreng sampai kering.

· Masak hingga bumbu meresap atau sampai kuahnya agak menyusut.

· Koreksi rasanya. Jika sudah pas tinggal masukkan mentimun ke dalamnya. Masak sebentar kemudian matikan api kompor dan tutup.

Ikan mas bumbu acar kuningpun siap dinikmati bersama nasi hangat.

Demikian lah cara membuat ikan mas acar kuning, sangat mudah bukan? Selamat mencoba di rumah yah, semoga berhasil. Sekian dari Asahid dan Tehyung, semoga suka dan semoga bermanfaat. Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat Video Cara Membuat Ikan Mas Acar Kuning ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar