Cara Membuat Klepon Labu Kuning Nikmat dan Mudah Dibuat

Resep Klepon Labu Kuning Nikmat dan Mudah Dibuat

Selamat datang kembali di blog nya asahidtehyung, Bagaimana sudah di praktekan belum resep resep sebelumnya ? kalo udah, tehyung akan share tentang Kelepon yang di buat dari labu kuning yang pastinya nikmat dan sangat mudah di buat. Penampakannya seperti ini :

Klepon adalah salah satu makanan khas Indonesia yang enak, manis, dan kenyal. Biasanya bahannya memakai ubi tapi di sini ada resep klepon labu kuning. Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan Membuat Klepon Labu Kuning:

• 200 gram tepung ketan putih.

• 200 gram labu kuning yang dikukus dan dihaluskan.

• Santan hangat secukupnya.

• 1 sdm gula pasir.

• ½ sdt garam.

Bahan pelapis Membuat Klepon Labu Kuning antara lain.

• 200 gram kelapa parut yang masih muda.

• ½ sdt garam.

Bahan isi Membuat Klepon Labu Kuning antara lain.

Gula merah.


Cara Membuat Klepon Labu Kuning:

1 Pertama buat dulu bahan pelapisnya. Campurkan kelapa dan garam kemudian aduk rata menggunakan tangan.

2 Kukus kelapanya selama 10 menit menggunakan api kecil lalu tutup kukusannya lapisi dengan serbet. Jika sudah matang angkat dan matikan kompor. Sisihkan.

3 Setelah itu baru membuat adonan kleponnya. Campuran tepung ketan putih, garam, gula pasir, dan labu kuning ke dalam wadah besar. Setelah itu aduk menggunakan tangan kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit sampai adonan dapat dibentuk. Jangan terlalu encer atau lembek. Jika terlalu lembek maka tambahkan saja tepung ketan lagi sedangkan jika terlalu padat tambahkan santan lagi secukupnya.

4 Panaskan air untuk merebus teleponnya sampai mendidih, gunakan api yang kecil.

5 Lalu buat klepon, ambil sedikit adonan klepon kemudian bulatkan dan pipihkan. Masukkan gula merah ke bagian tengahnya jangan terlalu banyak lalu bulatkan adonan klepon sampai rapi dan rapat.

6 Ambil lagi adonan yang lainnya kemudian lakukan hal yang sama sampai semuanya habis.

7 Jika sudah mendidih airnya Anda bisa memasukkan kleponnya. Setelah itu, masak sampai kleponnya mengapung. Itu tandanya sudah matang.

8 Setelah itu, angkat teleponnya kemudian tiriskan.

9 Sesaat setelah diangkat langsung simpan ke atas kelapa parut dan guling-gulingkan agar kelapa bisa menempel sempurna ke klepon.

10 Masukkan kembali sisa klepon lainnya yang belum dimasak. Lakukan hal yang sama lalu menggulingkannya ke kelapa parut.

11 Setelah itu, simpan klepon ke dalam wadah. Dan klepon siap untuk dihidangkan dan disantap.

Mudah bukan membuatnya? Jika Anda tidak suka labu maka gunakan saja ubi seperti klepon pada umumnya melakukan langkah-langkah yang sama dengan membuat klepon ini. Semoga berhasil!

Kalau resep kelepon asahidtehyung di atas kurang jelas, Lihat saja video cara membuat klepon di bawah ini ya ..

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar