Cara Membuat Bolu Gulung Ekonomis

Resep Membuat Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis 
     Masih adakah yang gagal membuat bolu gulung ? Jika masih banyak yang gagal, kali ini asahidtehyung akan membuat Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis.
Banyak yang gagal pada saat proses menggulung bolunya. Ada yang retak, ada yang motifnya nempel, ada yang tidak bisa digulung dan masih banyak lagi. Semoga postingan asahidtehyung  kali ini bisa membantu bunda - bunda cantik yang masih gagal dalam membuat bolu gulung ya.
 Oke , langsung saja di bawah ini adalah alat dan bahan yang perlu disiapkan serta cara pembuatan Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis.

Alat :
- Wadah
- Mixer
- Oven
- Kertas roti
- Spatula

Bahan :

- 70 gr tepung terigu protein sedang
- 3 butir telur
- 60 gr margarin yang dicairkan
- 60 gr gula halus
- 1 sdt SP
- ¼ sdt baking powder
- ½ sdt vanilli
- Pasta coklat

Bahan Olesan :
- 1 sdm minyak
- 1 sdm margarin
- 1 sdm tepung terigu
  >> Campur semua bahan oles menjadi satu. Aduk rata kemudian siap dioleskan ke loyang.

Cara Pembuatan :
Pertama - tama siapkan loyang ukuran 22 x 22 cm, olesi loyang dengan bahan olesan yang teridri dari minyak , margarin dan tepung terigu yang diaduk rata. Sisihkan.

Langkah selanjutnya, siapkan wadah Masukkan semua bahan kecuali margarin. Masukkan tepung terigu, telur, gula halus, SP, baking powder dan yang terakhir vanilli.

Kemudian mixer semua bahan dengan kecepatan tinggi selama 10 menit atau hingga mengembang, putih, kental dan berjejak. Jika sudah matikan mixer.
Setelah itu, masukkan margarin yang sebelumnya telah dicairkan lalu aduk hingga benar - benar tercampur rata menggunakan spatula.

Ambil 2 sendok makan adonan Bolu Gulung tambahkan pasta coklat. Aduk hingga adonan tercampur rata dengan pasta coklatnya. Jika sudah, masukan ke plastik segitiga / piping bag.
Untuk sisa adonannya masukkan ke dalam loyang yang tadi telah diberi bahan olesan.

Selanjutnya agar lebih cantik hasilnya, hias adonan dalam loyang dengan adonan yang telah diberi pasta coklat, buat motif diatasnya atau sesuai selera masing - masing.


Kemudian jika adonan Bolu Gulung sudah diberi motif, oven bolu gulung dengan suhu 190 ° , dengan api atas bawah selama 10 menit dan api atas saja selama 5 menit .
Jika sudah matang, angkat dan keluarkan bolu gulung dari dalam oven.
Letakkan kertas roti di atas bolu gulung.

Balikkan dan keluarkan bolu gulung dari loyang lalu simpan di atas kertas roti.

Kemudian dalam keadaan panas langsung gulung bolu gulungnya  pelan - pelan sambil ditekan - tekan dan bungkus dengan kertas roti, jika sudah simpan dalam kulkas sebentar hingga bolu gulung dingin.



Setelah itu, buka bolu yang sudah digulung dan disimpan dalam kulkas olesi bagian dalam bolu gulung dengan buttercream atau selai sesuai selera masing - masing.

Selanjutnya, gulung kembali bolu gulungnya.

Potong - potong bolu gulung sesuai selera dan tata di atas piring. Bolu gulungpun selesai dibuat dan siap dinikmati bersama keluarga tercinta.

     Bagaimana mudah bukan membuat Bolu Gulung? Jangan lupa dicoba juga di rumah yah, semoga berhasil. Terima Kasih sudah berkunjung ke blog asahidtehyung.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat video Cara Membuat Bolu Gulung Ekonomis ini aja ya :

0 komentar:

Posting Komentar