Cara Membuat Putri Salju Kacang Mede

Putri Salju Kacang Mede

Kali ini asahidtehyung ingin berbagi resep kue putri salju yang dikreasikan dengan kacang mede. Menjelang acara besar seperti hari raya idul fitri, natal, imlek dan sebagainya kue kering seolah wajib ada untuk suguhan. Diantara semua kue kering seperti kastengel, nastar, chocochips cookies, cookies karakter, putri salju dan lain - lain, kue kering apa yang kamu sukai ? Kalau tehyung suka banget sama kue putri salju.

Putri salju merupakan sejenis kue kering yang umumnya berbentuk bulan sabit dan bagian atasnya diselimuti gula halus seperti salju. Namun, jika tidak punya cetakan bulan sabit, cetakan bisa diganti bentuk lain ya.

Kue putri salju sangat populer di Indonesia. Rasanya yang enak, gurih dan dingin ketika menggigitnya membuat kue kering putri salju banyak penggemarnya. Nah, jika ingin membuatnya juga di rumah, simak resep membuat putri salju kacang mede berikut ini :


Alat Membuat Putri Salju Kacang Mede :

· Mixer

· Wadah

· Spatula

· Ayakan/ saringan

· Plastik

· Oven

· Rolling pin

· Loyang

Bahan Membuat Putri Salju Kacang Mede :

· 175 gr tepung terigu protein rendah

· 50 gr gula halus

· 100 gr kacang mede sangrai & dihaluskan

· Gula halus donat secukupnya

· 150 gr margarin

· 1 butir kuning telur

· 15 gr susu bubuk

Cara Membuat Putri Salju Kacang Mede :

Pertama - tama , mixer margarin dan gula halus selama 1 menit dengan kecepatan rendah hingga adonan tercampur dengan rata. Selanjutnya, masukkan kuning telur sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Jika sudah tercampur rata, matikan mixer.

Masukkan kacang mede dan aduk rata menggunakan spatula. Jika tidak ada kacang mede, bisa juga diganti dengan kacang tanah.

Kemudian, masukkan susu bubuk dan tepung terigu sambil diayak agar adonan lebih halus. Aduk sampai benar- benar rata menggunakan spatula.

Tuangkan adonan di atas plastik, bulatkan dan Masukkan kulkas selama 15 menit agar tekstur adonan lebih padat dan mudah dicetak. Setelah 15 menit, keluarkan adonan dari dalam kulkas, lalu pipihkan adonan. Gilas dengan rolling pin. Gilas dengan ketebalan sesuai selera. Jika tidak ada rolling pin bisa juga menggunakan gelas.

Cetak adonan putri salju yang sudah digilas tipis menggunakan cetakan bulan sabit. Tata di atas loyang.

Selanjutnya, oven kue putri salju dengan suhu 140, selama 30 menit atau sampai matang dengan api atas bawah atau sesuai kondisi oven masing- masing.

Angkat dan keluarkan kue putri salju dari dalam oven. Masukan satu persatu ke dalam toples dalam keadaan panas lalu taburi gula donat di atasnya dengan menggunakan ayakan supaya rata.

Kue kering putri salju siap dihidangkan. Mudah kan cara membuatnya ?

Jika masih bingung dan belum jelas mengenai cara pembuatannya, silahkan simak dan lihat video Cara Membuat Putri Salju Kacang Mede berikut ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar