Cara Membuat Pie Susu Sederhana

Cara Membuat Pie Susu Sederhana

Hai bertemu lagi di Channel Asahid dan Tehyung, kali ini Tehyung akan membuat menu yang sangat sederhana yaitu Pie Susu, penasaran apa saja alat dan bahan yang harus disiapkan dan bagaimana cara pembuatannya? Berikut adalah rinciannya ya

Alat Membuat Pie Susu Sederhana :

· Oven

· Wadah

· Sendok kayu

· Cetakan pie

· Garpu

· Saringan


Bahan crust / kulit pie Membuat Pie Susu Sederhana :

· 250 gr Tepung terigu protein sedang

· 150 gr Margarin blue band cake & cookie

· 1 butir Telur

· 1 sdm Susu bubuk

· 1 sdt Tepung maizena

· 1 sdm Gula halus

Bahan Filling/ vla Membuat Pie Susu Sederhana :

· 3 butir telur kocok lepas

· 15 gr tepung maizena

· 200 ml air

· 4 sachset Susu kental manis vanilla

· 1 sdt Essens vanilla

Cara Membuat Pie Susu Sederhana :

Pertama- tama panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 160 api atas bawah selama 20 menit atau sesuai kondisi oven masing- masing.

Siapkan wadah, campurkan semua bahan menjadi satu yang terdiri dari tepung terigu , susu bubuk , gula halus , tepung maizena , telur dan blue band cake & cookie, aduk rata menggunakan sendok kayu, agar tidak keras hasilnya maka menggunakan sendok kayu dan tidak menggunakan tangan, karena tangan bersuhu panas sehingga akan membuat kue keras.

Siapkan cetakan kue pie yang sudah dioles tipis margarin , tujuannya agar kulit pie mudah saat dikeluarkan dari cetakan pie. Kemudian ambil adonan secukupnya , masukan ke dalam cetakan pie lalu tekan bagian tengahnya sehingga menghasilkan cekungan, menekannya boleh menggunkan jempol atau boleh juga menggunakan kayu khusus untuk kue pie.

Kalau sudah membuat cekungan, rapikan bagian pinggirnya mengikuti bentuk cetakan.

Tusuk- tusuk bagian dasar pie menggunakan garpu, tujuannya agar pie tidak menggelembung saat nanti dioven.

Untuk membuat vla / fillingnya, siapkan mangkuk/ wadah kemudian campurkan menjadi satu susu kental manis vanilla, air, telur yang sudah di kocok, tepung maizena dan essens vanilla lalu aduk hingga benar- benar tercampur rata.

Kemudian saring bahan vla agar teksturnya lebih halus.

Tuangkan filling / vla ke kulit pie yang sudah dicetak tadi, isi sesuai selera bisa disesuaikan banyak atau sedikitnya vla

Selanjutnya masukan pie susu ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, oven dengan suhu 160 derajat api atas bawah selama 50 menit atau sesuai kondisi oven masing- masing.

Kalau sudah matang, angkat dan keluarkan pie dari dalam oven.Diamkan selama 10 menit atau sampai hangat lalu, keluarkan pie dari cetakan.

Tata pie susu yang sudah dikeluarkan dari cetakan ke dalam piring, dan Pie Susupun siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Oke , begitulah cara pembuatan Pie Susu sederhana sangat mudah bukan? Gampang untuk di coba di rumah, selamat mencoba semoga berhasil ya. Sekian dari Asahid dan TehYung semoga bermanfaat, jangan lupa ikutin terus resep lainnya yah. Terima Kasih.

Jika masih kurang jelas penjelasan diatas,bisa dilihat video Cara Membuat Pie Susu Sederhana ini aja ya :

0 komentar:

Posting Komentar