Cara Membuat Brownies Coklat Pandan

Resep Brownies Kukus Coklat Pandan

Brownies merupakan cake yang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang nyoklat membuat siapapun menyukainya. Brownies juga cocok disantap dalam berbagai suasana dan berbagai acara. Rasa brownies kukus coklat pandan ini begitu enak dan lembut jadi, engga ada salahnya bunda coba praktekkan juga di rumah ya.

Brownies kukus coklat pandan ini begitu istimewa karena menggunakan DCC ( Dark cooking chocolate ) untuk brownies chocolate dan WCC ( white cooking Chocolate ) untuk brownies pandannya. Berikut resep Brownies Kukus Coklat Pandannya ya.

Alat membuat Brownies Kukus Coklat Pandan :

· Loyang berdiameter 20x20x7

· Gelas stainless

· Kukusan

· Wadah

· Mixer

· Ayakan / saringan

· Wishker


Bahan Brownies Coklat Pandan :

  • Bahan Brownies Coklat

· 75 gr Tepung terigu protein sedang

· 110 gr Gula pasir

· 3 butir Telur

· ¼ sdt Garam halus

· ¼ sdt vanilli

· 1 sdt coklat bubuk

· 1 sdt TBM

· 75 gr coklat batang di potong kecil

· 1 sdm margarin / mentega

  • Bahan Brownies Pandan

· 110 gr Tepung terigu

· 110 gr Gula pasir

· 3 butir telur

· ¼ sdt garam halus

· ¼ sdt vanilli

· 1 sdm pasta pandan

· 1 sdt TBM

· 75 gr coklat putih

· 1 sdm margarin

Bahan Olesan Loyang

· 1 sdm Margarin

· 1 sdm Tepung terigu

· 1 sdm Minyak sayur

  • Campurkan semua bahan oles loyang, aduk rata. Sisihkan.

Cara Membuat Brownies Coklat Pandan :

Pertama- tama siapkan loyang, lalu olesi dengan bahan olesan yang terdiri dari margarin, tepung terigu, dan minyak yang sudah di campur rata. Sisihkan.

Selanjutnya, panaskan air sampai mendidih. Jika sudah mendidih, matikan api kompornya, tim DCC dan coklat putih sampai coklatnya meleleh lalu masukkan margarin aduk sampai tercampur rata. Angkat dan dinginkan.

Sebelum mengukus brownies, panaskan kukusan terlebih dahulu hingga airnya mendidih dan jangan lupa tutup kukusan dialasi serbet agar uap air tidak menetes ke adonan brownies.

Untuk membuat brownies coklat, campurkan coklat bubuk dan tepung terigu, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.

Siapkan wadah dan mixer, campurkan telur, gula pasir, vanili, garam, dan TBM mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit hingga mengembang, putih, kental dan berjejak.

Selanjutnya, masukkan campuran tepung dan coklat ke bahan yang sudah di mixer sambil di ayak,lalu aduk sampai tercampur rata. Kemudian, Masukan dcc yang sudah ditim dan sudah dicampur dengan margarin, aduk lagi hingga tercampur rata.

Tuangkan adonan Brownies Coklat ke dalam loyang yang sudah diolesi bahan olesan tadi, kukus selama 15 menit. Pastikan kukusannya sudah mendidih ya.

Sambil menunggu brownies coklat yang dikukus matang, sekarang kita buat adonan brownies pandan.

Cara membuat brownies pandan hampir sama seperti membuat brownies coklat. Campurkan telur, gula pasir, vanili, garam, dan TBM mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit hingga mngembang, putih, kental dan berjejak.

Setelah itu, masukkan tepung terigu dan pasta pandan aduk hingga tercampur rata. Masukkan juga coklat putih yang sudah ditim bersama margarin. Aduk lagi sampai benar - benar tercampur rata.

Tuangkan adonan brownies pandan di atas brownies coklat yang sudah dikukus 15 menit. Tuangkan semua adonan brownies pandannya kemudian, kukus lagi selama 25 menit atau hingga matang.

Jika sudah 25 menit dan saat dites tusuk browniesnya dengan lidi tidak ada remahan atau adonan yang menempel, berarti brownies kukus coklat pandan sudah matang. Angkat brownies dari kukusan dan keluarkan dari loyang. Potong- potong brownies coklat pandan sesuai selera. Brownies Coklat Pandan siap dinikmati. yummy!

Demikian cara pembuatan Brownies Coklat Pandan mudah bukan? cobain juga brownies kukus pandan lapis keju ya, resepnya ada di sini. Sekian dari Asahid dan TehYung semoga bermanfaat, jangan lupa ikutin terus resep lainnya. Terima kasih.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat cara pembuatannya di video Cara Membuat Brownies Coklat Pandan ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar