Resep Membuat Akar Kelapa Gurih

Cara Membuat Akar Kelapa 

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep akar kelapa yang tidak hanya enak tetapi rasanya gurih dan empuk. Resep akar kelapa ini permintaan yang sudah lama sekali dari mba Aam Sayy dan mba Putry Dewi, maaf ya mba baru sempat tehyung bagikan.

Di kampung pada acara hajatan atau menjelang lebaran pasti banyak yang buat akar kelapa. Kenapa ya disebut akar kelapa ? Mungkin karena bentuknya menyerupai akar kelapa, tapi teksturnya ga sekeras akar kelapa ko hhe.

Akar kelapa itu sendiri bahan dasarnya terbuat dari tepung beras yang dicampur tepung ketan, gula pasir dan bahan - bahan lainnya. Langsung aja ya tehyung bagikan resep akar kelapanya.


Bahan Membuat Akar Kelapa :

- 500 gram tepung beras

- 125 gram tepung ketan

- Air secukupnya

- 250 gram gula pasir

- 230 gram kelapa parut

- 2 butir kuning telur

- 3 butir kemiri

- 3 sdm wijen kelapa

- 1/2 butir pala, diiris halus

- 1/2 sdt garam halus

- 2 sdm margarin

Cara Membuat Akar Kelapa :

Langkah pertama sangrai kelapa parut terlebih dahulu selama 15 menit dengan api kecil hingga kering dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan sisihkan.

Selanjutnya ulek hingga halus garam, kemiri dan pala. Setelah halus, angkat ke wadah yang agak besar agar mudah tercampur rata dengan bahan lainnya.

Ulek halus juga kelapa yang sudah disangrai. Kemudian, angkat ke wadah campurkan dengan bahan yang sudah diulek sebelumnya. Tujuan diulek halus ini adalah agar pada saat mendorong adonan akar kelapa dari cetakan mudah keluarnya dan tidak macet.

Campurkan bahan yang sudah diulek dengan gula pasir, wijen putih, dan kuning telur. Aduk rata tambahkan sedikit air hingga gulanya larut.

Masukkan tepung beras dan tepung ketan. Tambahkan air sedikit - sedikit uleni dengan tangan sampai adonan lembut, lemas dan mudah dicetak.

Setelah itu Masukkan margarin ke adonan agar akar kelapanya menjadi renyah. Aduk rata dan masukkan adonan yang sudah selesai diuleni ke cetakan akar kelapa.

Panaskan minyak hingga benar - benar panas kemudian, keluarkan adonan yang ada di dalam cetakan akar kelapa sambil didorong dan digerakkan memutar.

Goreng hingga akar kelapanya berwarna kuning keemasan. Angkat, akar kelapapun selesai dibuat dan siap disajikan untuk keluarga tercinta. Yummi! Jangan lupa juga dicoba resep kue traditional lainnya seperti kue cincin ya. Resep kue cincinnya bisa di lihat di sini.

Terima kasih ya sudah berkunjung ke asahidtehyung semoga bermanfaat.

Jika masih kurang jelas dengan penjelasan di atas silahkan lihat Video Cara Membuat Akar Kelapa ini :

0 komentar:

Posting Komentar