Cara Membuat Cilok Crispy Isi Telur Puyuh

Cilok Crispy Isi Telur Puyuh

Cilok merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di daerah jawa barat terutama di bandung. Cilok memiliki bentuk yang bulat seperti bakso namun, rasa dan bahan dasarnya tidak sama dengan bakso. Cilok rasanya kenyal karena bahan dasarnya dari tepung tapioka atau biasa juga disebut tepung kanji bahkan ada juga yang bilang tapioka itu aci.

Ada banyak sekali macam - macam olahan cilok. Ada cilok kuah, cilok isi, cilok goang, cilok bumbu kacang dan masih banyak lagi. Nah, resep cilok yang akan asahidtehyung bagikan kali ini adalah cilok krispy isi telur puyuh. Berikut ini resep cilok krispy isi telur puyuh.

Bahan Membuat Cilok Crispy Isi Telur Puyuh :

· 400 ml air

· 250 gr tepung terigu protein sedang

· 250 gr tepung tapioka

· 2 btg seledri diiris halus

· 1 sdm kaldu bubuk

· ½ sdm garam

· 4 siung bawang putih dihaluskan

· 1 sdt merica bubuk


Bahan Isian Cilok :

- telur puyuh yang sudah direbus secukupnya

Bahan Pelapis Cilok :

- 4 sdm tepung terigu

- air dan kaldu bubuk secukupnya

- tepung roti / panir secukupnya

Cara Membuat Cilok Crispy Isi Telur Puyuh :

Pertama - tama siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan seledri aduk hingga rata. Sisihkan.

Siapkan wajan atau panci. Rebus air kemudian masukkan kaldu bubuk, garam, bawang putih dan merica bubuk. Rebus sampai air mendidih.

Setelah air mendidih, tuangkan ke dalam wadah yang berisi campuran tepung. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu sampai benar - benar rata. Tunggu sampai uap panasnya hilang.

Setelah uap panasnya hilang, uleni adonan cilok menggunakan tangan. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit agar adonan tidak lengket dan mudah dibentuk.

Bentuk adonan cilok menjadi bulat lalu pipihkan dan masukkan telur puyuh di bagian tengahnya, bulatkan lagi hingga menutupi seluruh bagian telurnya.

Jika sudah di isi telur puyuh, rebus cilok ke dalam air yang sudah mendidih. Tunggu sampai cilok mengapung, kalau sudah mengapung artinya cilok sudah matang. Angkat cilok dan tiriskan.

Untuk bahan pencelupnya, campurkan tepung terigu dengan air dan kaldu bubuk.

Masukkan cilok yang sudah ditiriskan ke dalam bahan celupan, lalu gulingkan ke dalam tepung roti sambil di tekan - tekan agar menempel. Lakukan cara ini sampai semua cilok dibaluri tepung roti.

Simpan cilok yang telah diberi tepung roti ke dalam freezer sebentar sebelum di goreng agar

benar - benar menempel tepung rotinya.

Panaskan minyak, ambil cilok yang sudah di simpan di freezer lalu goreng di dalam minyak panas sampai warnanya kuning keemasan. Angkat dan tiriskan cilok yang sudah matang. Cilok krispy isi telur puyuh siap untuk disajikan.

Demikianlah, cara pembuatan Cilok Crispy Isi Telur Puyuh, mudah bukan? jika masih kurang dimengerti penjelasan di atas silahkan lihat video Cara Membuat Cilok Crispy Isi Telur Puyuh

di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar