Cara Membuat Kacang Goreng Bawang Renyah

Resep Kacang Goreng Bawang Renyah

Dari kecil tehyung suka sekali dengan kacang bawang apalagi kalo buatan ibu hmmm yummy setoples ngga terasa cepat habisnya. Menjelang lebaran biasanya ibu membuat kacang goreng bawang renyah lumayan banyak sehingga bisa dapat beberapa toples.

Kacang bawang renyah ini juga tidak harus dibuat dan dinikmati saat lebaran, bisa juga dinikmati saat santai nonton tv atau sekedar kumpul bersama keluarga tercinta dan teman - teman. Rasanya yang gurih, empuk dan enak membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan jadi buat stok yang banyak ya. hhehe..

Kali ini resep yang akan asahidtehyung bagikan tanpa menggunakan santan, tapi jika bunda - bunda ingin mengganti airnya dengan santan boleh ko malah jadi lebih enak, gurih dan empuk rasa kacang goreng bawangnya. Karena lagi ga ada santan, tehyung pakainya air tapi ngga kalah enak ko rasanya langsung aja ya dicoba resep membuat kacang goreng bawang renyahnya.


Alat Membuat Kacang Goreng Bawang Renyah :

· Wadah besar

· Panci

· Saringan

· Wajan

Bahan Membuat Kacang Goreng Bawang Renyah :

· 1 kg Kacang Tanah tanpa kulit

· 1 bks Masako

· 3 siung Bawang putih ukuran besar, haluskan

· Minyak Goreng

Cara Membuat Kacang Goreng Bawang Renyah :

Pertama- tama Siapkan Wadah berukuran besar, lalu masukkan kacang tanah tanpa kulit, kemudian sisihkan. Selanjutnya, masak air secukupnya kurang lebih sekitar 1500 ml hingga mendidih.

Siramkan air mendidih ke dalam wadah yang berisi kacang. Siramkan hingga kacang terendam. Diamkan selama 5 menit sampai kacang mekar, tujuannya agar kacang menjadi empuk dan bumbu lebih cepat meresap. Setelah 5 menit, tiriskan kacang selama 1 jam menggunakan saringan.

Angkat kacang yang sudah ditiriskan selama 1 jam. Setelah itu, campurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. aduk rata. Kemudian, tambahkan masako secukupnya sesuai selera, aduk sampai tercampur rata.

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Gunakan minyak yang banyak agar ketika menggoreng kacangnya terendam minyak.

Goreng kacang yang sudah diberi bumbu bawang putih dan masako. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan, yang menandakan kacang sudah matang. Jangan lupa sambil diaduk- aduk selama menggorengnya. Angkat dan tiriskan kacang yang sudah digoreng hingga matang.

Tunggu sampai benar- benar dingin, baru kacang bisa dimasukkan toples, karena jika dalam keadaan panas sudah dimasukkan ke dalam toples nantinya kacang akan menjadi alot dan tidak renyah lagi.

Demikian cara membuat kacang goreng bawang renyah, mudah bukan? Kacang ini enak dinikmati saat santai bersama keluarga maupun di berbagai suasana. Sekian dari Asahid dan TehYung jangan lupa ikutin terus resep- resep lainnya yang gak kalah menarik dan mudah untuk dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat. terima kasih.

Jika ingin lebih jelas lagi bagaimana cara membuatnya, silahkan lihat video Cara Membuat Kacang Goreng Bawang Renyah berikut ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar