Cara Membuat Kastengel Renyah, Gurih dan Enak

Resep Kastengel 

Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep kastengel yang renyah, gurih, dan enak. Apa sih kastengel itu ? Kastengel merupakan kue kering keju yang berasal dari belanda yang sudah cukup populer di indonesia. Kue kering ini identik dengan taburan keju di atasnya. Keju yang digunakan juga sangat mempengaruhi rasa dari kastengel ini. Semakin baik kualitas keju yang digunakan maka akan menghasilkan kastengel yang rasanya enak, renyah dan gurih.

Menjelang acara spesial libur keagamaan seperti lebaran, natal, imlek dan sebagainya kue kering kastengel ini bisa dengan mudah kita jumpai. Cara pembuatan adonan kastengel hampir mirip dengan adonan nastar. Bedanya adonan kastengel dalam proses pembuatannya menggunakan keju dan bentuknya panjang - panjang dengan ukuran kecil seukuran jari kita.

Nah, bagi bunda - bunda yang mau mencoba juga resep kastengel di rumah, silahkan simak resep kastengel renyah, gurih dan enak berikut ini ya :


Alat Membuat Kastengel Renyah , Gurih dan Enak :

· Mixer

· Wadah

· Ayakan/ saringan

· Spatula

· Plastik

· Rolling pin

· Cetakan kastengel

· Loyang

· Kuas

Bahan Membuat Kastengel Renyah, Gurih dan Enak :

· 125 gr keju edam parut

· 200 gr tepung terigu protein rendah

· 175 gr blue band cake & cookie

· 2 sdm gula halus

· 25 gr susu bubuk

· 2 butik kuning telur kocok lepas

· Keju cheddar parut untuk topping 

Bahan Olesan Kastengel Renyah, Gurih dan Enak :

· 1 butir Kuning telur

· ½ sdm margarin

Cara Membuat Kastengel Renyah, Gurih dan Enak  :

Pertama- tama siapkan mixer, lalu mixer gula halus, kuning telur dan blue band cake & cookie. Mixer dengan kecepatan rendah sekitar 1 menit hingga tercampur rata. Kalau sudah, matikan mixernya.

Selanjutnya masukkan keju edam parut, aduk rata menggunakan spatula.

Setelah itu, masukkan tepung terigu protein rendah dan susu bubuk jangan lupa sambil diayak agar lebih halus hasilnya. Aduk rata menggunakan spatula.

 Jika adonan sudah tercampur rata, siapkan dua buah plastik. Letakkan adonan di atas plastik, tutup bagian atasnya menggunakan plastik lagi,

Gilas adonan menggunakan rolling pin, untuk ketebalannya bisa disesuaikan selera masing-masing.

Jika adonan sudah digilas, buka plastik bagian atasnya lalu, cetak menggunakan cetakan kastengel. bisa juga dicetak dengan cetakan berbentuk bintang, bulan dan lain - lain. Semua tergantung selera masing - masing.

Tata kastengel di atas loyang, lalu olesi bagian atasnya dengan bahan olesan yang terdiri dari kuning telur dan margarin yang telah dicampur dan diaduk rata. Oles bagian atas kastengel menggunakan kuas. kemudian taburi dengan keju cheddar parut.

Oven dengan suhu 140, api atas bawah selama 40 menit atau sesuai kondisi oven masing-masing. Jangan lupa sebelum digunakan panaskan dahulu ovennya selama 20 menit agar panas oven merata.

Jika kastengel sudah matang, sekarang keluarkan kastengel dari oven. Dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam toples. Kue kering kastengel siap untuk dihidangkan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Kastengel Renyah, Gurih dan Enak di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar