Cara Mudah Membuat Kue Buah Mini Thailand

Cara Mudah Membuat Kue Buah Mini Thailand


Pada postingan kali ini asahidtehyung akan berbagi resep dari kue buah mini Thailand. Kue buah mini ini selain bentuknya yang unik rasanya juga enak banget. Apalagi buat pecinta kacang hijau, kalian pasti cocok banget deh sama rasanya. Ngga heran kue buah mini ini begitu banyak peminatnya terutama di Indonesia. Tapi sayangnya walaupun menarik, kue ini masih jarang kita jumpai di toko/pasar.

Eitts.. Jangan sedih ya. Karena ternyata cara membuatnya sangat mudah. Penasarankan dengan resep kue yang bisa dibentuk sesuai dengan selera kita ini. Berikut ini resep untuk membuat kue buah mini Thailand, silahkan disimak baik-baik ya.

Bahan Kue Buah Mini Thailand:

  • 250 gr kacang hijau kupas (sebelumnya telah direndam selama 2 jam).
  • 250 gr gula pasir.
  • 200 ml santan instan.
  • 1/4 sdt garam halus


Cara Membuat Kue Buah Mini Thailand:

Pertama-tama, kukus 250 gr kacang hijau kupas selama 30 menit atau hingga matang.

Setelah itu, blender 200 ml santan instan bersama kacang hijau kupas yang telah dikukus. blender sampai halus dan tercampur rata.

Setelah diblender., tuangkan adonan ke wajan/teflon. Lalu, tambahkan 250 gr gula pasir dan 1/4 sdt garam halus. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan kalis dan tercampur rata. Setelah kalis, jangan lupa untuk matikan kompor dan tiriskan.

Selanjutnya, bentuk adonan menjadi buah secara manual menggunakan tangan. bentuk adonan sesuai keinginan kalian. Lalu, tusukkan tusuk gigi/tusuk sate pada  ujung adonan yang telah dibentuk.

Siapkan pasta/pewarna makanan sesuai kebutuhan. Warnai kue buah mini Thailand dengan pasta yang telah disediakan. Gunakan kuas untuk mengaplikasikan warnanya.

Bahan Pencelup Kue:

  • 400 ml air.
  • 1 bungkus agar-agar plain (disini aku menggunakan merk swallow).
  • 2 sdm gula pasir.

Cara Membuat Pencelup Kue:

Campurkan semua bahan pencelup ke dalam wajan/teflon. Masak dengan api kecil sambil terus di aduk-aduk sampai mendidih. Lalu, matikan api dan tunggu sampai uap panasnya menghilang. 

Tuangkan bahan pencelup ke dalam gelas. Celupkan kue buah yang telah diwarnai ke bahan pencelup yang telah dibuat. Tunggu sampai mengering. Hal ini bertujuan agar warna kue lebih shiny/berkilau dan menarik.

Setelah kering, cabut tusuk sate/tusuk gigi yang terdapat pada ujung adonan. Susun kue di piring/toples. Yeay!.. Kue buah mini Thailand yang cantik siap untuk disajikan ^_^ .

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Mudah Membuat Kue Buah Mini Thailand di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar