Cara Buat Kue Cum-cum atau Kue Terompet (Horn Pastry)

Cara Buat Kue Cum-cum atau Kue Terompet (Horn Pastry)


Assalamu'alaikum teman-teman semuanya. Ada yang tau kue cum-cum atau kue terompet? Kue cum-cum ini enak banget loh teman-teman. Bagian luarnya yang crispy dipadukan dengan vla yang lembut, enak dan creamy. Pasti semua keluarga di rumah suka.

Buat kalian yang belum pernah mencicipi kue yang satu ini, jangan khawatir ya! kali ini asahidtehyung akan membagikan resep cara membuat kue cum-cum atau horn pastry secara lengkap. Silahkan simak baik-baik ya!


Langkah pertama, siapkan cetakan horn pastry yang bentuknya kerucut.
jika tidak ada cetakan horn pastry, kalian bisa juga pakai kumpulan kertas yang dibentuk seperti kerucut kemudian lapisi dengan alumunium foil.
Kemudian, oles tipis semua cetakan horn pastry dengan margarin secara merata. Lalu, sisihkan.
Tujuan pengolesan margarin ini supaya ketika sudah matang, kue cum-cum mudah lepas dari cetakan. Jika tidak dioles margarin terlebih dahulu, kue cum-cum akan menempel ke cetakan sehingga ketika dilepas paksa cum-cumnya bisa retak .
Selanjutnya siapkan pastry instan. Jika tidak ada pastry instan, bisa juga pakai pastry home made.

Buka kemasan pastry. Sebelumnya jangan lupa untuk menaburkan tepung terigu secukupnya di meja supaya tidak lengket.
Pastry kemasan ini teteh beli di supermarket sekalian beli bahan-bahan kue yang habis. Pastry biasanya ada di bagian frozen food ya teman-teman. Jangan lupa lihat tanggal expired pada kemasan pastry ya!
Di bagian dalamnya, pastry di bungkus rapi oleh plastik supaya tidak menempel dan mudah dibuka. Bentuk pastry-nya lembaran panjang jadi harus dipotong.

Lepas plastik yang menempel di pastry secara perlahan. Potong pastry sesuai kebutuhan dengan menggunakan pisau atau gunting.
Di bagian dalamnya, pastry di bungkus rapi oleh plastik supaya tidak menempel dan mudah dibuka. Bentuk pastrynya lembaran panjang jadi harus dipotong.
Setelah itu, taburkan  tepung terigu  tipis saja di atas pastry supaya tidak lengket. Gilas pastry secara perlahan menggunakan rolling pin dengan ketebalan sesuai selera .
Jika tidak ada rolling pin. bisa juga menggunakan botol atau gelas. Manfaatkan barang yang ada di rumah kalian ya!
Setelah pastry selesai digilas, potong pastry dengan panjang 20 cm dan lebar 1 cm atau sesuai selera.

Kemudian, lilitkan pastry yang sudah dipotong memanjang ke cetakan horn pastry hingga berbentuk kerucut. Lilit secara perlahan dan berhati-hati agar lilitannya rapi dan tidak ada yang putus. Lilitkan hingga tidak ada celah yang tersisa.
Disini teteh melilitkannya dari  bagian puncak kerucut. Jika dililitkan dari arah sebaliknya, khawatir pastry tidak bisa sampai bagian puncak.
Setelah selesai membentuk pastry seperti kerucut, oleskan terlebih dahulu kuning telur yang telah dikocok lepas. Oleskan secara merata di bagian atasnya.

Lalu, taburkan gula  pasir dibagian yang telah dioleskan kuning telur.
Taburan gula pasir bisa diganti dengan parutan keju. Polos tanpa taburan juga enak kok karena nanti cum-cum akan diisi vla.
Setelah selesai diberi taburan gula, sekarang saatnya untuk memanggang di oven. Panggang dengan suhu 200°C selama 25 menit atau sampai kuning kecoklatan.

Setelah dikeluarkan dari oven, tunggu sampai uap panasnya hilang baru keluarkan dari cetakan.

Lalu, dinginkan dan Sisihkan cum-cum yang telah dikeluarkan dari cetakan di cooling rack

Kita lanjut buat Vlanya yuk!

Bahan-bahan Vla Horn Pastry:

  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir kuning telur 
  • 1 sdm  mentega
  • 400 ml susu full cream
  • 25 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt vanili
Siapkan mangkuk, masukkan gula pasir. Kalo ngga suka terlalu manis, tinggal dikurangi saja takaran gula pasirnya.

Campurkan  gula pasir dengan bahan kering lainnya seperti tepung terigu, tepung maizena dan juga vanili. Aduk rata bahan kering yang sudah dicampurkan. 

Selanjutnya, buat lubang dibagian tengah campuran bahan kering. Lalu, masukkan kuning telur dibagian lubang tadi. Aduk sampai tercampur rata menggunakan ballon whisk.
Penggunaan kuning telur membuat tekstur vla menjadi lembut. Dan jangan khawatir ya! meskipun menggunakan kuning telur, rasanya tidak akan bau amis karena memakai vanili yang berfungsi menambah aroma dan rasa vanilla.
Setelah tercampur rata, masukkan 400 ml susu full cream. Aduk rata hingga semua bahan larut. Jika tidak ada susu cair full cream, kalian bisa menggantinya dengan susu bubuk yang diseduh dengan air.
Penambahan susu pada adonan vla membuat citarasa yang enak dan creamy
Berikutnya, saring agar vla lebih halus dan lembut. Jika tidak ada proses penyaringan, hasilnya kurang lembut dan masih ada sisa adonan tertinggal yang tidak tercampur rata.

Ratakan sisa adonan yang tertinggal di saringan dengan ballon whisk atau bisa juga dengan sendok sampai hasil adonannya benar-benar lembut.

Setelah disaring, sekarang vla yang belum matang siap dimasak.

Masak di atas kompor dengan menggunakan api kecil supaya vla tidak gosong. Selama memasak, aduk-aduk terus agar vlanya lembut. Masak sampai muncul gelembung-gelembung kecil dibagian pinggirannya.

Berikutnya, masukkan mentega kedalam vla yang sedang dimasak. Aduk sampai menteganya larut dan vla mengental.
Mentega bisa juga diganti dengan margarin. Tetapi, jika menggunakan mentega, vla  cenderung menjadi lembut. Jika menggunakan margarin, cenderung membuat vla menjadi gurih.
Jika vla sudah mengental dan meletup-letup,  matikan kompor. 

Kemudian, tuangkan vla yang sudah dibuat tadi kedalam plastik segitiga. Lalu, ikat bagian atas plastik.
Saat dituangkan, sebaiknya uap panas vla sudah hilang agar tidak terlalu panas saat disemprotkan ke kue cum-cum. 
Gunting bagian ujung plastik segitiga yang sudah diisi vla. Lalu, Semprotkan vla ke cum-cum. Semprotkan satu persatu sampai selesai.

Setelah  kue cum-cum selesai diisi vla, beri topping sesuai selera. Teteh kasih topping sprinkle bentuk love. Tanpa topping juga sebenarnya sudah enak ya jadi sesuaikan dengan selera.
Jika kalian tidak suka dengan filling vla, kalian bisa juga memakai lelehan dark cooking chocolate. tetep yummy kok rasanya.
Sekarang kue cum-cum atau horn pastry siap disajikan untuk keluarga tercinta. Mudah kan Proses pembuatannya?

Jangan lupa juga untuk  mencobanya di rumah  dan  please share hasil reecooknya di media sosial dengan #asahidtehyung.

Untuk proses pembuatan yang lebih jelas, silahkan saksikan Cara Buat Horn Pastry or Kue Cum-cum or Kue Terompet berikut ini:

Terimakasih karena telah berkunjung.

0 comments:

Post a Comment