Cara Membuat Bolu Susu Lembang Versi Kukus dan Oven ~ Asahid TehYung Tutorial

Cara Membuat Bolu Susu Lembang Versi Kukus dan Oven

Cara Membuat Bolu Susu Lembang Versi Kukus dan Oven

Kalau  berkunjung ke Lembang ngga lengkap tanpa mencicipi bolu susu khas Lembang. Bolu susunya legit banget loh temen-temen! Buat kalian yang belum sempet ke Lembang, kalian juga bisa loh buat bolu susu lembang versi kalian sendiri. Tapi mana ya yang lebih enak? bolu susu versi kukus atau oven?

Sebelum kita membuat bolu susu lembang, siapkan loyang ukuran 23 x 10 x 5,5 cm terlebih dahulu untuk versi bolu yang dikukus. Sedangkan untuk bolu susu versi oven, Siapkan loyang ukuran 20 x 7 x 5.5 cm. Jika teman-teman tidak punya kedua ukuran loyang yang teteh pakai, langsung saja pakai loyang ukuran 24 x 12 x 7 cm ya.

Ini hanya untuk membandingkan mana yang lebih enak dikukus atau dioven jadi satu adonan akan teteh bagi 2.

Sekarang, ayo kita buat olesan untuk loyang!



Siapkan bahan olesan loyang yang terdiri dari :
  • 1 sdm terigu
  • 1 sdm minyak
  • 1 sdm margarin.
Aduk semua bahan olesan loyang sampai tercampur rata.

Setelah tercampur rata, kemudian semir tipis ke loyang. Usahakan untuk tidak terlalu tipis, karena jika terlalu tipis, hasil bolu yang sudah matang akan sulit ketika nanti dikeluarkan dari loyang.

Semir juga loyang yang akan dipakai untuk bolu susu versi oven. Semir seluruh permukaan loyang secara merata ya.

Lalu, sisihkan kedua loyang yang telah disemir tipis.

Sekarang, siapkan bahan - bahan untuk bolu Susu Lembang!

  • 4 butir telur
  • 125 gr tepung terigu
  • 125 gr gula pasir
  • 20 gr tepung maizena
  • 20 gr susu bubuk
  • 1 sdt pengemulsi (emulsifier)
  • 50 ml minyak sayur
  • 1/4 sdt pasta vanilla
  • 100 ml susu cair.


Untuk membuat adonan kue, pertama-pertama campurkan bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk menjadi satu. Aduk sampai tercampur rata, kemudian Sisihkan.

Langkah selanjutnya, siapan mixer. Pastikan semua peralatan mixer bersih tidak ada tetesan air atau minyak.  Untuk memastikan, kita bisa mengelapnya terlebih dahulu,  karena hal sepele ini dapat membuat adonan telur tidak dapat mengembang.

Masukkan 4 butir telur ayam, gula pasir, emulsifier, dan terakhir masukkan  juga 1/4 sdt pasta vanilla  (essens vanilla).  Jika tidak ada, essens vanilla bisa juga diganti vanili bubuk dengan takaran yang sama.
Untuk penggunaan telur ayam, usahakan menggunakan telur yang suhu ruang, bukan dari lemari pendingin. 
Kali ini emulsifier yang teteh pakai adalah SP, kalian juga boleh pakai emulsifier TBM atau ovalet.
Nyalakan mixer dengan kecepatan yang paling tinggi hingga mengembang, putih, kental, dan berjejak. Kurang lebih sekitar 10 menit atau sesuai mixer yang kalian pakai di rumah.

Jika sudah mengembang putih, matikan mixer. Sebelumnya, pastikan adonan sudah berjejak yaitu ketika mixer diangkat adonan seperti meninggalkan jejak jambul petruk.

Kemudian berikutnya, nyalakan lagi mixer dengan kecepatan yang paling rendah. Masukkan susu cair dan minyak. Mixer sebentar hingga tercampur rata.
Buat yang masih bingung minyak apa yang dipakai, teteh pakai minyak goreng yang biasa kalian pakai di dapur.
Untuk susu cairnya teteh menggunakan susu Lembang, kebetulan pas suami ke Bandung nitip dibeliin susu ini. Jika tidak ada susu Lembang, kalian bisa juga pakai susu cair vanilLa atau full cream biasa, sesuai selera masing-masing. 
Jika sudah tercampur rata, angkat dan matikan mixer-nya. Masukkan campuran bahan kering sambil di ayak. Masukkan dalam 3 tahap ya!. Ayak sampai menjadi butiran halus supaya adonan mudah tercampur rata. Jangan langsung dituangkan semuanya karena khawatir lebih sulit saat diaduk dan khawatir tercampur ratanya lama.

Aduk dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata. Jika ingin memakai mixer juga bisa, gunakan saja kecepatan yang paling rendah. Tetapi resiko memakai mixer terkadang membuat adonan turun.

Setelah semua bahan sudah tercampur rata, tuangkan adonan ke loyang pertama yang ukurannya lebih besar dari loyang kedua. Kukus adonan bolu susu selama 30 menit dengan api sedang cenderung kecil.

Kemudian, tuangkan adonan yang tersisa di loyang kedua. Lalu beri topping sesuai selera kalian. Teteh pakai topping kacang almond slice untuk loyang kedua. Panggang di dalam oven sampai matang dengan suhu 170°C. teteh pakai api atas bawah selama 30 menit. Bisa juga sesuai oven masing-masing karena beda oven beda juga karakteristiknya.

Setelah 30 menit, keluarkan bolu susu dari oven. Cek kematangan dengan cara tes tusuk. Jika sudah tidak ada adonan yang menempel, berarti sudah matang ya.

Keluarkan juga bolu susu yang sudah dikukus selama 30 menit angkat dan tes tusuk.

Setelah itu, keluarkan kedua bolu susu yang sudah dikukus dan dioven dari loyang. Terlihat perbedaanya, bolu yang di oven bentuk dan penampilannya jauh lebih menarik.

Untuk bolu susu versi kukus, supaya terlihat lebih cantik dan menarik teteh kasih vla. Resep vlanya,
bisa kalian liat di Cara Buat Kue Cum-cum atau Kue Terompet (Horn Pastry). Lalu, bubuhkan parutan keju diatas vla supaya rasanya lebih mantap.

Nah sekarang terlihat lebih enak dan menarik kan? yang dikukus ngga kalah penampilannya dengan yang dioven.

Sekarang kita potong masing-masing bolunya. Kita coba sama-sama mana yang lebih enak? Versi kukus atau oven? Menurut teteh, keduanya sama-sama bertekstur lembut dan enak, malah menurut teteh yang dioven rasanya lebih ringan jadi teteh suka yang dioven.

Jadi mana nih yang mau teman-teman coba? penasaran banget gimana rasa dari masing-masing bolu susu ini? Silahkan mencoba dirumah ya! semoga berhasil ^_^

Jika penjelasan diatas masih kurang jelas, silahkan saksikan Cara Membuat Bolu Susu Lembang Versi Kukus dan Oven berikut ini:


sampai jumpa dengan asahidtehyung di resep selanjutnya. Terima kasih banyak sudah mampir.

0 comments:

Post a Comment