Cara Membuat Milo Butter Cake yang nyoklat bingits

Cara Membuat Milo Butter Cake yang nyoklat bingits


Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep milo buttercake. Cake ini teksturnya legit dan rasa milonya nyoklat banget. Bahan-bahan nya mudah di cari kok, jadi buat kalian yang penasaran gimana cara buatnya ngga usah khawatir. Yuk simak bagaimana cara membuat milo buttercake yang nyoklat ini!


Sebelumnya, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 170°C sekitar 15 menit supaya panas oven merata ketika cake dimasukkan.

Bahan-bahan Milo Butter Cake:


  • 3 butir telur.
  • 200 gr mentega. disini teteh pakai blueband cake n cookie
  • 200 gr gula halus. kalo ngga ada bisa diganti gula pasir yang halus
  • 50 gr tepung terigu, teteh pakai tepung terigu protein sedang atau serbaguna
  • 50 gr susu bubuk milo
  • 2 sdt baking powder.

Langkah pertama, campur dan ayak tepung terigu, susu bubuk milo dan baking powder. Ayak hingga halus dan tercampur rata. Ayak sambil diaduk dengan spatula. Ratakan butiran kasar yang masih tertinggal di saringan. Jika sudah halus, sisihkan.

Kemudian, siapkan mixer, pastikan peralatan mixer sudah bersih tidak ada sisa air atau bahkan lemak agar bisa maksimal kerjanya saat mengocok adonan.

Masukkan mentega dan gula halus. Mixer dengan kecepatan yang paling tinggi. Mixer hingga mentega dan gula tercampur rata, mengembang, dan berwarna putih atau bisa dibilang sampai berubah pucat.
Gunakan mentega yang suhu ruang, bukan dari lemari pendingin.
Disini asahidtehyung mixer sekitar 5 menit. Kecepatan dan waktu mixer ngga harus sama ya! Karena mixer yang kita gunakan belum tentu sama. jadi, sesuaikan dengan kemampuan mixer yang teman-teman pakai di rumah, yang penting sampai mengembang dan berwarna putih.
Mixer sambil ratakan bagian pinggirannya dengan spatula supaya mentega yang ada di bagian pinggir tercampur rata dengan gula halus.

Jika sudah mengembang dan berwarna putih, turunkan kecepatan mixer. Masukkan telur satu persatu, mixer hingga tercampur rata.
Usahakan menggunakan telur suhu ruang agar telurnya mengembang saat dikocok.
Kemudian setelah itu, masukkan campuran bahan kering yang terdiri dari terigu, milo dan baking powder tadi. Masih dikocok menggunakan mixer dengan kecapatan rendah ya. Mixer hingga tercampur rata.

Jika sudah tercampur rata, angkat dan matikan mixer.

Aduk lagi sebentar dengan spatula untuk memastikan adonan sudah tercampur rata. Jangan terlalu lama ya mengaduknya supaya hasilnya ngga keras.

Tuangkan semua adonan ke loyang tulban diameter 24 cm. Ratakan permukaan adonan dengan sendok. Kemudian, beri topping sesuai selera.

Setelah selesai diberi topping, Masukkan cake ke dalam oven. Panggang hingga matang dengan suhu 170°C selama 45 menit dengan api atas bawah. Sesuai oven yang teman-teman pakai di rumah ya! Karena beda oven beda juga karakterisitiknya.

Jika sudah 45 menit dan milo buttercake sudah berwarna kecoklatan, Angkat dan keluarkan dari oven. Tes kematangan dengan cara tes tusuk. Yaitu, jika sudah tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang.

Tunggu beberapa saat hingga uap panas hilang. Selanjutnya, keluarkan milo buttercake dari loyang. Biarkan di cooling rack agar panas dari permukaan dan bawah cake bisa keluar.

Setelah cake sudah dingin cake bisa dipotong-potong sesuai selera. Sekarang cake siap dihidangkan dan disajikan untuk keluarga tercinta.

Mudahkan cara membuatnya? Jika kalian sudah mencoba membuatnya di rumah, jangan lupa untuk share hasil masakan kalian di sosial media dengan menyertakan #asahidtehyung .

 Jika kalian masih kebingungan dengan penjelasan di atas, Silahkan saksikan Cara Membuat Milo Butter Cake yang nyoklat bingits berikut ini:


Selamat mencoba dirumah dan terimakasih telah berkunjung.

0 komentar:

Posting Komentar