RAHASIA NASI SEENAK MAKANAN RESTO | RESEP MEMBUAT NASI TIM

Assalamu'alaikum teman - teman semoga kalian semua sehat selalu ya.. yuk selalu kita sajikan menu masakan enak buat keluarga tercinta. Hari ini teteh akan share resep nasi tim ayam. Cara buatnya yang mudah dan rasanya yang enak pasti bikin kalian ketagihan so saksikan videonya sampe selesai ya dan jangan lupa untuk coba di rumah. 

Tekan tombol subscribe, nyalakan lonceng supaya kalian bisa update terus video - video terbaru dari kita. 

Langsung aja yuk siapkan bahan - bahannya :
- 300 ml  kaldu ayam ( kalo ngga punya bisa ganti 300 ml air + 1 sdt kaldu jamur atau kaldu bubuk ayam) 
- 1 batang seledri
- 1 batang daun bawang
- Minyak atau mentega secukupnya untuk menumis
- 2 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 50 gr wortel
- 50 gr buncis
- 100 gr daging ayam
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdt kecap asin
- 1 sdt minyak wijen
- Garam secukupnya
- Lada secukupnya
- 1 butir telur rebus





Teman-teman meskipun sekarang kita harus di rumah aja tetap semangat ya. Hari ini Teteh akan share resep yang simpel yaitu nasi tim . Ini nasi tim ayam pakai sayur juga ya temen-temen.

Pertama kita siapkan Chopper , jadi teteh mau menghaluskan daging ayamnya dulu. Buat kalian yang gak punya Chopper , kalian boleh cincang halus untuk daging ayamnya .Kemudian kita haluskan ayam sampai halus, kehalusannya sesuai selera aja ya temen-temen. Kalau sudah selesai kita matikan Choppernya, dan ini kita sisihkan.

Kemudian kita masak air,tambahkan lada bubuk secukupnya, tambahkan juga garam dan kaldu jamur. Ini opsi buat kalian yang gak punya air kaldu ya temen-temen. Aduk sampai tercampur rata, kemudian kita masak sampai mendidih. Oke teman-teman kalau sudah mendidih kita matikan api.

Kemudian masukkan 1 batang daun bawang dan daun seledri, lalu ini kita isikan dulu ya teman-teman.

Oke selanjutnya kita panaskan minyak secukupnya, boleh juga pakai mentega kita masak bahan toppingnya. Masukkan bawang merah sebanyak 2 siung yang telah dicincang sebelumnya. Kemudian bawang putih, wortel yang sudah dipotong dadu dan juga buncis. Kemudian masukkan ayam yang sudah dihaluskan tadi ,ayam boleh kalian cincang ya kalau nggak punya Chopper .
Ini kita aduk dulu sampai tercampur rata, nah temen-temen setelah kita aduk sampai tercampur rata dan tumis sampai harum,  kemudian masukkan minyak wijen, masukkan juga saus tiram, kecap manis dan aduk rata masak sampai semua bahan matang . Masak sambil terus diaduk . Dan jangan lupa teman-teman ditambahkan lada bubuk secukupnya dan juga garam . Masak sampai benar-benar matang. Kemudian kalau sudah matang kita angkat,

Siapkan 2 buah mangkuk tahan panas kemudian kita tata telur rebus 1 buah dibagi menjadi 2 bagian. Setelah itu kita kasih topping yang sudah dimasak tadi, kita masukkan secukupnya . Jadi topingnya kita bagi menjadi dua bagian . Kalau temen-temen buat anak kecil biasanyakan nggak suka pedes tadi ladanya di skip aja ya. Dan bawang merah tadi bisa diganti dengan bawang bombay. Kita ratakan untuk toppingnya .

Ratakan sambil dipadatkan .Oke teman-teman kalau sudah, selanjutnya kita beri nasi diatasnya. Disini teteh sudah siapkan nasi sebanyak 2 centong, kebetulan ini centongnya kecil jadi kita isi secukupnya sampai penuh.Kalau bisa kalian gunakan nasi yang pulen ya teman-teman supaya nanti hasilnya bisa padat. 
 Kemudian tuangkan air kaldu yang tadi telah kita buat .
Kukus selama 15 sampai 20 menit 
Kukusannya harus sudah dipanaskan dulu ya teman-teman. Oke teman-teman kalau sudah matang dan nasinya sudah menjadi lembut kita matikan kukusan. Kemudian kita angkat nasi timnya dari kukusan angkat satu persatu .
Kita keluarkan nasi tim dari mangkuk saat masih panas ya teman-teman.Ini udah siap disajikan temen-temen enak banget lo apalagi disajikan dengan kuah kaldu. 

Tetap dirumah aja dan jaga kesehatan ya teman-teman jangan lupa cobain resepnya teman-teman sampai jumpa wassalamualaikum.

0 comments:

Post a Comment