Resep red velvet dessert box tanpa oven

    Hai teman-teman teteh! Kambar gembira untuk kalian yang suka buat cake tapi ngga punya oven karena kali ini teteh mau share resep red velvet dessert box tanpa oven. Dessert ini bisa banget untuk kalian jadikan ide jualan. Aku pakai kukusan untuk membuatnya. Bahan-bahan cake : - 40 gram coklat putih - 60 gram mentega - 3 sdt pasta red velvet - 100 gram tepung terigu - 3 sdm susu bubuk - 1 sdt coklat bubuk - 1/2 sdt baking powder - 4 butir telur - 150 gram gula pasir - 1 sdt SP - 1/2 sdt pasta vanila Bahan creamcheese frosting : - 100 gram whip cream bubuk - 200 ml air es - 100 gram creamcheese atau bisa pakai keju oles
Artikel yang mungkin kalian sukai:

Cara membuat creamcheese frosting:
    Campurkan whippedcream bubuk dengan air es sesuai takaran yang ada dikemasan. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang putih dan kaku, kurang lebih selama 3-4 menit. Tambahkan keju oles dan kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Tuangkan ke plastik segitiga agar mudah disemprotkan.

Cara membuat dessert box:
Lelehkan coklat putih
    Masukkan coklat yang sudah di potong-potong dan mentega ke wadah yang mudah mengahantarkan panas. letakan wadah yang berisi coklat di atas panci berisi air yang sudah dididihkan (kompor sudah dalam keadaan mati). Tim sampai coklatnya meleleh dan menyatu dengan mentega. Tambahkan dan aduk rata dengan pasta red velvet. Metode melelhkan coklat ini biasa dikenal dengan teknik double boiler.

Campurkan bahan kering
    Aduk rata tepung terigu, susu bubuk, coklat bubuk dan baking powder menjadi satu.

Kocok telur dan bahan lainnya
    Kocok dan mixer telur, gula pasir, SP dan pasta vanilla. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang putih dan kental. SP berperan agar kuenya jadi lebih lembut dan ini bisa kalian ganti dengan 2 butir telur.

Tambahkan bahan kering.
    Tambahkan campuran bahan kering sambil diayak agar butirannya lebih halus. Aduk menggunakan spatula agar adonanya tidak turun. Gunakan teknik aduk balik secara perlahan sampai bahan keringnya tercampur rata. Bahan kering ditambahkan secara bertahap agar lebih cepat tercampur rata. 

Tambahkan pewarna
    Tuangkan beberapa sendok adonan ke lelehan coklat yang sudah diberi pewarna. Aduk sampai sampai tercampur rata dan tidak ada yang mengendap. Tuangkan adonan yang sudah diberi pewarna ke adonan yang belum diberi pewarna. Aduk sampai warnanya merata. 

Kukus 
    Tuangkan adonan ke loyang yang sudah di oles tipis margarin dan dialasi kertas roti. Hentakan adonan agar tidak terlau banyak gelembung udara. Kukus dikukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kukus sampai matang atau kurang lebih sekitar 35 menit. Disini aku menggunakan loyang ukuran 22*10*7 cm. Cek kematangan, angkat dan dinginkan.

Tata di box
    Iris red velvet cake sesuai ukuran box. Sisakan sedikit untuk dijadikan crumble. Tata cake yang sudah di iris dengan diselingi creamcheese frosting yang sudah kita buat. Tambahkan crumble sebagai topping dari sisa cake yang sudah kalian haluskan. Red velvet dessert box siap untuk kalian nikmati.

    Hasilnya jadi 3 box dengan ukuran 10.5 x 6cm. Cake ini juga makin nikmat setelah disimpan dilemari es. Tutorial lengkapnya bisa lihat disini ya: 
Terimakasih sudah mampir dan selamat mencoba!
#redvelvet #dessertbox

0 komentar:

Posting Komentar