Resep sempol ayam enak dan empuk ala Abang-abang

    Assalamualaikum teman-teman Teteh! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan sempol. Sempol merupakan salah satu jajanan kaki lima yang disukai masyarakat. Bahan-bahan membuat sempol ternyata mudah dicari loh! yuk coba buat sendiri! Masakan yang dibuat sendiri tentu memberikan kepuasan yang berbeda. Resep sempol yang aku share ini dijamin enak, empuk, dan kenyal. Supaya ngga penasaran, langsung aja kita intip bahan-bahan dan cara pembuatannya!

Bahan-bahan sempol ayam :
120 gr tepung tapioka 250 gr daging ayam fillet
2 butir telur (1 untuk adonan, 1 untuk pelapis) 30 ml air es 30 gr tepung terigu 1 sdm bawang merah goreng, haluskan kasar. 1/4 sdt merica 1 sdt garam 1/2 sdt kaldu bubuk, Aku pakai kaldu jamur 1/4 sdt gula pasir 3 siung bawang putih, cincang halus 1 batang seledri, iris halus 1 batang daun bawang, Iris halus
Artikel yang mungkin kalian suka:

Cara membuat :
Haluskan ayam
    Kunci dari sempol yang enak adalah ayam yang kalian gunakan harus benar-benar halus agar lebih menyatu dengan adonan. kalian bisa gunakan chopper untuk menghaluskannya atau bisa langsung menggunakan daging ayam yang sudah digiling.

Bumbui ayam yang sudah dihaluskan
    Campurkan daging ayam yang sudah dihaluskan dengan satu butir telur, air es, lada bubuk, garam, merica, gula, bawang putih dan bawang merah goreng. Campurkan dan aduk rata.

Buat adonan
    Campurkan dan aduk rata ayam dengan tepung tapioka dan tepung terigu. Tambahkan daun seledri dan daun bawang. Cukup aduk sampai tercampur rata dan jangan aduk terlalu lama agar adonan tidak mengeras.

Bentuk sempol
    Jangan lupa untuk mencuci bersih tangan untuk menjaga kebersihan makanan. Lumuri kedua tangan dengan minyak agar adonan lebih mudah dibentuk. Rendam tusuk sate dengan air hangat terlebih dahulu agar lebih steril. Tempelkan adonan ke tusuk sate dan bentuk memanjang adonan tersebut. Lakukan sampai adonannya habis.

Rebus
    Rebus sempol di air mendidih dengan menggunakan api sedang.  Sempol direbus sekitar 20 menit sampai sempolnya mengapung. Angkat dan tunggu hingga dingin sempol yang sudah mengapung tersebut.

Goreng sempol 2x
    Untuk proses penggorengan pertama, cukup goreng sempol sampai setengah matang. Untuk proses menggoreng yang kedua, celupkan sempol ke telur yang sudah di kocok. Goreng dimunyak yang sudah matang hingga sempol matang.

    Sempol ayam yang enak dan kenyal siap dinikmati. Sajikan dengan saus suoaya rasanya makin nikmat. Untuk cara pembuatan yang lebih jelas, kalian bisa lihat video ini :
Terimakasih sudah mampir. Semoga resepnya bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar