Resep Ayam Panggang dengan Nasi Wijen Mewah

Resep Ayam Panggang dengan Nasi Wijen Mewah 


    Aku mau share salah satu menu lauk favorit di keluargaku. Ini resep ayam panggang yang cocok banget dihidangkan dengan nasi wijen. Biasanya aku masak sampai hasil dagingnya juicy gitu. Ini rasanya enak banget, jauh beda sama yang di abang-abang. 

Bahan Bumbu Marinasi: - 1 sdm minyak wijen chee seng⁣⁣ - 1 sdm kecap asin⁣⁣ - 1 sdm saus tiram⁣⁣ - 1 sdm madu⁣⁣ - 5 siung bawang putih, cincang⁣⁣ - 2 ruas jahe, parut⁣⁣ - ¼ sendok teh bubuk bumbu 5 Cina⁣⁣

Bahan Nasi Wijen: - 2 cup atau 400 gram beras  - 2 sdt minyak wijen - 1 ruas jahe, geprek - 2 siung bawang putih, cincang - Air kaldu.

    Pertama, campurkan semua bahan-bahan untuk bumbu marinasinya. Tuang dan oleskan bumbu marinasi tersebut sampai merata di ayam yang sudah dicuci bersih dan diberi perasan jeruk nipis. Tutup dengan cling wrap dan marinasi di kulkas selama 1 s/d 24 jam. Semakin lama di marinasi, semakin meresap bumbunya. Ovennya bisa kalian beli disini.



    Panggang ayam yang sudah dimarinasi tersebut di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Jangan lupa untuk membalur-balurkan bumbu marinasinya. Panggang di rak tengah dengan suhu 200° selama 50 menit. Waktunya lumayan lama karena aku pakai 1 ekor ayam utuh, beda lagi kalau ayamnya dipotong.


    Sambil menunggu ayamnya matang, kita siapkan nasi wijen sebagai pelengkapnya. Masak nasi sesuai dengan resep nasi wijen diatas. Jangan lupa untuk mengaduk rata bumbu dan nasinya sebelum dimasak. Untuk air kaldu boleh kalian ganti dengan air yang ditambahkan kaldu bubuk secukupnya,  takarannya sampai satu ruas kalau kita ukur. 


    Langsung keluarkan ayamnya dari oven setelah matang. Untuk nasi, Sisihkan jahe gepreknya setelah matang. Ayam panggang dan nasi wijen ini emangcocok banget. Ayamnya empuk, bumbunya meresap, dan wangi banget bumbunya.

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa lihat video:

Terimakasih sudah mampir

#asahidtehyung #ayambakar #nasi


0 comments:

Post a Comment