Resep Simple Muffin Coklat Cuma Diaduk Spatula

Resep Simple Muffin Coklat Cuma Diaduk Spatula


Resep muffin yang satu ini simple banget. Cuma tinggal aduk dan campurkan bahan dengan spatula. Gak usah khawatir kalau stok telurmu sedikit, cuma butuh 1 butir kok!

Bahan choco muffin : - 1 butir telur - 6 sdm gula pasir (sesuai selera) - 1/2 sdt pasta vanila - 25 ml minyak - 2 sdm mentega, lelehkan - 120 ml buttermilk ( 120 ml susu cair hangat+1 sdm cuka/perasan lemon/nipis) - 150 gr tepung terigu - 1 sdt baking powder - 1/4 sdt baking soda - 2 sdm coklat bubuk - 50 gr chocochips - 50 gr coklat batangan, lelehkan

    Buat butter milknya terlebih dahulu yuk! Campurkan susu cair hangat, cuka, dan jeruk nipis menjadi satu. Diamkan sekitar 10 menit atau sampai menggumpal. Buttermilk ini yang membuat muffin-nya jadi super lembut.

    Campurkan Buttermilk tadi bersama telur, gula pasir, pasta vanilla, minyak, dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata dengan whisker. Gunakan telur yang masih fresh supaya tidak bau amis. Hasilnya akan lebih lembut kalau kalian pakai gula palem.

    Masukkan bahan keringnya sambil diayak supaya tidak ada butiran kasar yang tertinggal. Bahan kering yang dimasukkan adalah tepung terigu, baking powder, baking soda dan coklat bubuk. Aduk kembali sampai tercampur rata. Disini aku menggunakan tepung terigu protein sedang. Coklat bubuknya membuat adonan muffin jadi tidak terlalu berat.

    Aku menambahkan chocochips dan coklat batangan yang sudah dilelehkan agar lebih enak dan warna nya semakin cantik.

    Masukkan adonan kedalam cup sampai 3/4  tinggi cup. Panggang di rak tengah dengan api atas-bawah suhu 180°C selama 30 menit. Sebelumnya oven sudah dipanaskan selama 10 menit. Lama waktu memanggang bisa disesuaikan dengan karakteristik oven masing-masing.

    Resep ini menghasilkan 7 cup muffin coklat. Oh iya! Kalau kalian masih ragu dengan kematangan muffinnya, Kalian bisa lakukan tes tusuk untuk memastikannya. Beneran kan cuma diaduk?

Kalian bisa lihat video untuk melihat penjelasan lebih lengkapnya:

Terimakasih sudah mampir

#muffin #asahidtehyung #choco muffin


0 komentar:

Posting Komentar