Resep Viral Buko Pandan, Dessert Segar Asal Filipina

Resep Viral Buko Panadan, Dessert Segar Asal Filipina


    
Beberapa waktu yang lalu, buko pandan sempet viral nih di tiktok! Ngga heran sih, karena dessert asal Filipina ini emang enak dan seger. Ini aku share buko pandan versi-ku.

Bahan Agar-agar Hijau : - 500 ml hydro coco - 7 gram bubuk agar-agar warna hijau - 75 gram gula pasir
- 1 lembar daun pandan
Bahan Jelly putih : - 500 ml air kelapa - 15 gram bubuk jelly plain - 80 gram kental manis vanila
Bahan Kuah : - 380 gram Susu evaporasi, beli disini - 185 gram Krimer kental manis - 1/4 sdt pasta pandan (optional)

    Pertama, campurkan semua bahan untuk agar-agar hijau sesuai resep. Masak dengan api sedang sampai mendidih. Tunggu sampai uap panasnya hilang. Tuangkan ke wadah dan tunggu sampai agar-agarnya set. Disini kalian bisa pilih mau pakai hydrococo atau air kelapa, aku pakai hydro coco karena air kelapanya kurang. Hasil agar-agarnya nanti jadi lumayan padat karna kita hanya menggunakan 500 ml hydro coco.
    Lanjutkan dengan membuat jelly putih sesuai resep diatas. Untuk langkah-langkahnya sama seperti membuat agar-agar hijau tadi. Tekstur Jellynya mirip seperti nata de coco.     Sekarang tinggal kita buat kuah untuk buko pandan-nya. Ini simpel banget, tinggal kalian campurkan susu evaporasi dan krimer kental manisnya menjadi satu. Kalian bisa mengganti krimer kental manis dengan kental manis yang biasa. Biasanya buko pandan itu kalau nggak pakai susu evaporasi, pakai whippingcream cair.
     kita potong-potong jelly dan agar-agar yang udah set tadi. Disini aku potong kotak-kotak supaya lebih simpel. Kalau kalian mau hasil agar-agarnya tidak terlalu padat, kalian bisa ubah takaran air kelapanya menjadi 700 ml.

    Terakhir, tinggal kalian satukan agar-agar dan jelly yang sudah dipotong tadi ke kuah buko pandan. Sebenarnya buko pandan ini biasa disajikan bersama kelapa juga. Karna aku kurang suka dengan warna kuahnya yang putih, aku menambahkan 1/4 sdt pasta pandan. biasanya untuk     

    Simpel kan? cuma buat agar-agar, jelly dan kuah. Supaya makin enak, sebelum disajikan
buko pandannya dimasukkan dulu ke kulkas. Biasanya aku tambahkan topping keju parut supaya makin mantep lagi

Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan lihat video:
Terimakasih sudah mampir
#bukopandan #tiktok #dessert

0 comments:

Post a Comment