CARA MEMBUAT DONAT KENTANG SUPER LEMBUT DAN TAHAN LAMA


    Assalamualaikum teman-teman Teteh. Kali ini teteh mau kasih tau resep membuat donat kentang yang super lembut. Resep donat ini bisa tahan 3 sampai 4 hari loh! Penasarankan? yuk langsung aja di simak cara membuatnya.

Bahan bahan:
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi 
  • 50 gram susu bubuk 
  • 11 gram ragi instan 
  • 200 gram kentang kukus, haluskan dan dinginkan
  • 100 gram gula pasir 
  • 1/2 sdt garam 
  • 4 butir kuning telur 
  • 100 ml susu cair dingin 
  • 75 gram mentega

Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat:
- Siapkan kentang yang sudah dikukus, Kemudian haluskan bersama 50 ml susu cair susu cair. Setelah halus sisihkan.











- Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan. Aduk rata semua bahan kering. Setelah tercampur rata, masukkan kentang, kuning telur, dan sisa susu cair tadi. Mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.











- Setelah tercampur rata, tambahkan mentega dan garam. Mixer dengan kecepatan no 2 sampai kalis elastis. Bulat-bulatkan adonan dan pindahkan dari mixer.











- Bagikan adonan dengan berat masing-masing 45 gram. Bentuk bulat-bulat sambil dicubit-cubit agar hasilnya bagus ketika digoreng. 











- Pindahkan adonan yang sudah dibulatkan ke loyang yang sudah ditaburi tepung. Pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya. Untuk melubangi tengahnya, aku menggunakan bagian atas botol mineral yang sudah dipotong. 
- Taburkan sedikit tepung dibagian atas agar tidak lengket. Tutup dengan kain atau plastik dan diamkan selama 30-60 menit agar donatnya mengembang.











- Panaskan minyak sampai suhu 160°C. Jika minyak terlalu panas, donat akan cepat gosong dan jika suhu minyak terlalu dingin, donat akan menyerap minyak terlalu banyak. 
- Goreng donat sampai golden brown. Cukup goreng dengan 1x balik dan jangan bolak-balik donatnya!











    Nah itu dia resep donat kentang yang super lembut. Rahasia agar donatnya lebih lembut adalah dengan menambahkan kentang. Jika ingin menjadikan donat frozen, cukup goreng donatnya setengah matang untuk mematikan ragi. Untuk lebih jelasnya jangan lupa tonton videonya!

Terimakasih, selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar